4 Objek Wisata Curug di Kuningan

Sejuta Pesona dan Panorama Alam Kuningan yang Menakjubkan

4 Objek Wisata Curug di Kuningan
Hamparan sawah dan sungai menghiasi sekitar curug, Photo by @piknikdong

Kuningan merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan, dan masih banyak yang tersembunyi.  Sehingga, banyak wisatawan yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kuningan ini. Lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Ciremai, membuat Kuningan memiliki kondisi alam yang sangat memukau. Yah, Kuningan punya banyak spot objek wisata keren, seperti wisata air terjun alias curug.

Berikut ini, 4 destinasi wisata curug yang ada di Kuningan yang wajib di eksplore jika Traveler menyambangi kota ini!

Curug Sidomba

Alam yang begitu mempesona di Curug Sidomba, menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke tempat ini.  Airnya cukup jernih, dingin dan menyegarkan bersumber dari mata air gunung Ciremai. Lingkungan air terjun ini didominasi oleh pepohonan pinus dan beberapa jenis pepohonan besar lainnya.

4 Objek Wisata Curug di Kuningan
Mitos warga sekitar bahwa air nya penuh khasiat,

Ada mitos yang dipercaya warga setempat tentang air terjun yang memiliki tinggi sekitar 3 meter ini.  Menurut mitos yang berkembang, bagi siapa pun yang mencuci muka di air terjun ini, akan dimudahkan segala urusannya, baik itu perjodohan, rezeki dan lainnya.  Namun, lepas dari mitos tersebut, Curug Sidomba memang asyik untuk didatangi.

Lokasi Curug Sidomba berada di Peusing, Jalaksana, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Fasilitas di objek wisata ini cukup lengkap, ada parkir kendaraan, warung wisata, sarana olah raga, camping ground dan lainnya.

Curug Bangkong

Curug Bangkong berada di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.  Rute paling mudah untuk mencapai Curug Bangkong yaitu dari Kuningan.  Jarak tempuh sekitar 20 kilometer dengan waktu perjalanan selama satu jam.  Dengan melalui jalan Kuningan-Lebakwangi, lalu belok ke kiri ke Jalan Raya Garawangi dan ke Jalan Otista. Setelah itu, ikuti jalan sampai ke Jalan Nanggeleng, lalu belok kiri memasuki Jalan Veteran, ikuti saja jalan tersebut. Setelah melewati Taman Gaya Cikadu, belok ke kiri ke Jalan Tarikolot dan Traveler akan menemukan papan petunjuk menuju Curug Bangkong.

Berwisata ke Curug Bangkong, Traveler akan terpuaskan untuk bermain air di kolamnya, dengan panorama sekitar air terjun nan cantik dan mempesona.  Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 21 meter ini, otomatis memiliki arus air yang cukup deras.  Jika Traveler berkunjung ke curug ini saat curah hujan tinggi dan debit air naik, maka akan menyaksikan air terjun ini terbelah menjadi dua.

4 Objek Wisata Curug di Kuningan
Dinding bukit dipenuhi pepohonan hijau yang menyejukkan, Photo by @maudivayf

Curug Bangkong terkenal dengan pesonanya yang memanjakan mata, dengan dinding bukit yang dipenuhi pepohonan hijau nan meneduhkan, ditambah kejernihan air yang mengalir sempurna membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati pemandangan alam ini. Selain itu, sepanjang perjalanan Traveler dimanjakan dengan pemandangan keindahan sawah yang membentang luas, mengikuti kelok jalan yang senantiasa menemani menuju wisata Curug Bangkong.

Curug Putri Palutungan

Keindahan serta sajian yang ditampilkan dari Curug Putri Palutungan ini akan mendamaikan hati dan pikiran yang lelah akan kepenatan hari-hari.  Curuk yang berlokasi di Cisantana, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini jadi salah satu curug yang direkomendasi untuk mengisi liburan. Destinasi wisata alam air terjun ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 17.30 WIB.

Pesona alami curug ini memancarkan keindahan yang tak berkesudahan. Jernihnya air yang mengalir deras berasal dari pegunungan ini ditampung dalam sebuah kolam alami. Dari kolam tersebut mengalir lagi melewati bebatuan dan menuju kolam alami lainnya.  Bagi para pemburu foto, panorama Curug Putri Palutungan ini akan menjadi spot yang seru dan mengasyikkan untuk dibidik dalam lensa kameranya. Dan bagi para pencinta swaphoto yang tidak pernah absen meramaikan media sosial, siap-siap mendapatkan foto kece untuk feed media sosialnya ketika berkunjung ke tempat wisata alam di Kuningan satu ini.

4 Objek Wisata Curug di Kuningan
Pesona alamnya memancarakan keindahan yang tak berkesudahaan

Air terjun indah ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang akan memanjakan kunjungan liburan seperti area parkir yang cukup luas, gazebo untuk bersantai dan istirahat, beberapa spot foto instagenic yang keren dan asyik, musholla, warung wisata, beragam wahana permainan seru, camping camp dan lainnya.

Curug Landung

Curug Landung merupakan air terjun indah di Kuningan dengan ketinggian jatuhnya air sekitar 30 meter.  Sesuai dengan namanya, Curug Landung artinya adalah air yang mengalir dari sebuah ketinggian.  Dikelilingi oleh panorama alam nan cantik, air terjun ini memiliki air yang jernih serta hijaunya alam sekitarnya yang membuat hati tenang dan nyaman.  Yah, suasana ini benar-benar memanjakan jiwa dengan keindahan dan pesona dari Curug Landung ini.

Akses jalan menuju Curug Landung cukup baik dengan plang penunjuk jalan yang akan memudahkan Traveler menemukan lokasi keberadaan curug ini.  Beralamat di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, destinasi wisata air terjun ini berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat kota Kuningan.

4 Objek Wisata Curug di Kuningan
Suasana air terjun memanjakan jiwa, Photo by @flavia_fuina

Tidak hanya keindahan air terjun yang dapat dinikmati, namun beragam fasilitas pendukung lainnya, memanjakan wisatawan yang berkunjung. Seperti di Jurang Landung, sebuah area tebing di pinggiran Curug Landung, dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona.  Disini terdapat banyak wahana permainan yang instagramable seperti permadani, sepeda terbang, balon udara, ayunan terbang, gardu pandang, sarang burung, tower bambu, rumah hobbit dan lainnya.  Yah, gagasan seru dari objek wisata Curug Landung ini adalah kolaborasi dari keindahan alam yang masih asri, berpadu dengan ragam wisata yang bersifat kekinian.(Hendrarto)