Pulau Biawak Indramayu, Liburan Seru yang Memicu Adrenalin

Satu lagi destinasi wisata seru yang mengasyikkan yang sayang dilewatkan begitu saja.  Objek wisata yang dapat memancing adrenalin. Traveler dapat bercanda, bermain dan bercengkerama dengan banyak biawak sambil menikmati keindahan panorama pantai yang mempesona. Inilah Pulau Biawak yang terletak di Indramayu, salah satu objek wisata yang sangat rekomended untuk menghabiskan waktu libur.

Pulau Biawak terletak di Laut Jawa, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat tepatnya di sebelah utara semenanjung Indramayu. Dari pelabuhan Karangsong – Indramayu, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam dengan menggunakan perahu.

Pulau Biawak Indramayu, Liburan Seru yang Memicu Adrenalin
Panorama Alam pantainya nan cantik, Photo by @eviepp

Pulau Biawak, dengan pesona keindahan pantai cantiknya, yaitu hamparan pasir putih bersih yang berdampingan dengan air laut yang jernih ini, menyimpan lebih dari 300 biawak yang berkeliaran bebas.  Biawak-biawak ini sangat mudah ditemui.  Sehingga, Traveler tidak hanya menikmati pesona keindahan wisatanya saja, namun juga dapat berkenalan lebih dekat dengan biawak-biawak ini, bahkan dapat memberinya umpan daging maupun ikan.

Dengan bibir pantai yang cukup landai, Traveler dapat menikmati semilir angin pantai serta melakukan berbagai aktivitas lainnya. Pasir pantainya berwarna putih bersih bebas dari sampah. Air lautnya pun sangat jernih dengan ombak yang bersahabat.  Selain berenang, dan bermain pasir snorkeling menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Taman bawah laut dikawasan ini masih sangat terjaga keasliannya. Traveler dapat menyaksikan terumbu karang yang cantik, ikan berwarna-warni dan berbagai biota laut lainnya.  Keindahan  alam bawah lautnya memang benar-benar memanjakan bagi pencinta  snorkeling dan diving.

Pulau Biawak Indramayu, Liburan Seru yang Memicu Adrenalin
Alam bawah lautnya yang mempesona, Photo by @trip_pulau_biawak_indramayu

Jangan lupa, saat menyambangi Pulau Biawak ini, sempatkan untuk naik ke atas mercusuar yang berusia hampir satu setengah abad.  Tingginya kurang lebih sekitar 65 meter yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, yaitu pada tahun 1872. Meski demikian, mercusuar ini masih berfungsi hingga saat ini. Karena dibangun dengan konstruksi yang baik, kondisi kerangka mercusuar ini pun masih terlihat sangat kokoh, meski beberapa bagian lainnya sudah ada yang karatan.  Mercusuar ini digunakan untuk mememberikan navigasi kepada nelayan-nelayan yang melintas disekitar pulau.  Dari puncak mercusuar, Traveler dapat menikmati keindahan sunrise atau sunset yang begitu memukau, dengan view laut lepas.

Pulau Biawak Indramayu, Liburan Seru yang Memicu Adrenalin
Mercusuar yang berusia ratusan tahun

Pulau Biawak memiliki luas sekitar 120 hektar. Nama asli dari pulau ini adalah Pulau Rakit namun karena banyaknya satwa jenis biawak yang mendiami pulau ini, pulau ini populer dengan sebutan Pulau Biawak.  Populasi biawak-biawak ini memang selalu dijaga kelestariannya. Tak lupa setiap pagi para penjaga memberi makan satwa-satwa liar ini dengan ikan segar.  Selain biawak yang mendominasi populasi hewan di pulau ini, berbagai populasi unggas dan hewan jenis lainnya berkembang biak, seperti cangkak bulus, cekaka, trinil pantai dan beberapa satwa endemik lainnya.

Pulau Biawak Indramayu, Liburan Seru yang Memicu Adrenalin
Tidak ada penyeberangan konfensional, Photo by @alimuadzin

Sebagian besar wilayah Pulau Biawak ditumbuhi oleh tumbuhan mangrove. Jika dipandang dari kejauhan, tampak nuansa hijau rindang yang menjadi pemandangan yang sangat apik dan menyejukkan. Banyaknya pepohonan menjadikan kawasan ini cukup padat dan juga rimbun serta memberi keteduhan.  Untuk dapat berkunjung ke Pulau Biawak, Traveler harus memesan dahulu paket perjalanan wisatanya melalui agen perjalanan.  Karena tidak ada penyeberangan konfensional menuju Pulau Biawak. Banyaknya biro dan agen wisata yang menawarkan open trip menuju pulau satu ini, sehingga memudahkan Traveler yang ingin berlibur kesini kapan saja.  Dengan layanan paket wisata Pulau Biawak Indramayu ini, Traveler tidak perlu khawatir memikirkan kebutuhan liburan, transportasi, tiket destinasi maupun penginapan ketika berkunjung karena sudah diatur dalam paket yang ditawarkan.(Rafa)

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

Liburan di Filipina, Dimas Anggara-Nadine Chandrawinata Berendam di Bak Luar Ruang

Pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara memang suka traveling atau berpergian,...

Mengenal Tradisi Jogja yang Jarang Diketahui

Salah satu alasan Jogja menjadi destinasi wisata favorit wisatawan...

Gubernur Arinal berharap ajang Puteri Indonesia dapat mengenalkan potensi wisata Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua Dekranasda Provinsi Lampung...

Inilah Makanan Khas Bali yang Halal Dikonsumsi

Traveler muslim gak perlu khawatir lagi untuk wisata kuliner...

Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Melbourne, Australia

Kalau berkunjung ke Australia rasanya akan makin seru saat...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here