5 Destinasi Wisata di Purwokerto Yang Menakjubkan

Aneka keindahan alam bisa traveler dapatkan.

Purwokerto merupakan kota madya yang terletak di Jawa Tengah. Kota Purwokerto mempunyai berbagai macam destinasi wisata, seperti wisata alam, sejarah, dan kebudayaan.  Kali ini ada 5 destinasi wisata yang wajib traveler kunjungi ketika ingin berlibur di Purwokerto.  Jangan sampai kelewatan, karena destinasi wisata ini bakal membuat traveler kangen dan ingin berkunjung kembali.

photo by 53pri

Lokawisata Baturraden

Berada di Desa Lokawisata, Kelurahan Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.  Jarak lokasi ini dengan pusat Kota Purwokerto sekitar 15 km atau setara dengan 30 menit perjalanan. Tempat wisata ini dibuka setiap hari dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuknya hanya Rp14 ribu, parkir kendaraan untuk sepeda motor Rp3.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp10 ribu.

Lokawisata Baturraden merupakan tempat wisata yang cukup unik karena memadukan wisata alam dengan wisata modern. Di lokasi ini sangat sejuk karena berada di kaki Gunung Slamet. Di sini traveler bisa melihat, mengetahui, dan mempelajari kesenian lokal dari Kabupaten Banyumas di antaranya seperti calung, kuda lumping, dan kenthongan, serta bisa mendengar musik-musik tradisional khas daerah tersebut.

Selain itu, di Lokawisata Baturraden traveler akan disuguhkan dengan berbagai macam wisata alam seperti curug, air terjun, pemandian air panas yang bisa membuat badan semakin bugar. Tak lupa pula dengan wisata modernnya, ada flying fox, odong-odong, kereta putar, studio 4 dimensi dan yang lainnya.

photo by sabrinahartanti

Telaga Sunyi

Tempat wisata Telaga Sunyi berada sekitar 2,5 km dari Lokawisata Baturaden. Lebih tepatnya di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.  Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Kota Purwokerto.  Untuk harga tiket masuk ke Telaga Sunyi, traveler tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena cukup dengan Rp10 ribu dan biaya parkir Rp2.000 saja.

Seperti namanya, telaga ini memang sunyi dan jauh dari keramaian kota. Telaga sunyi mempunyai pesona alam yang masih asri, udara sejuk, serta airnya yang jernih berwarna biru kehijauan.  Cocok untuk traveler yang ingin melepas penat karena kesibukan sehari-hari, bermeditasi, berenang, atau sekedar berfoto dengan latar cantik.

Bukit Watu Meja

Terletak di Jalan Raya Patikraja-Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah . Wisata Bukit Watu Meja atau Badar memiliki pesona keindahan yang sangat menarik.  Sangat disayangkan ketika traveler berasa di Kota ini tapi tidak mengunjunginya. Biaya masuk ke Bukit Watu Meja sangat murah. Traveler hanya mengeluarkan Rp5.000 saja untuk bisa menikmati keindahannya.

Suasana yang nyaman, adem, membuat traveler ingin berlama-lama berada di sini. Meski daerah perbukitan tapi terdapat banyak warung. Jadi tidak usah khawatir apabila lupa membawa bekal. Dan yang terpenting, kebersihan di tempat ini terjaga dengan baik.

Akses jalan menuju lokasi bisa dibilang cukup ekstrem. Harus dilalui dengan jalan kaki untuk ke puncaknya. Walaupun sebenarnya ada dua jalan yang bisa traveler tempuh; jalan kaki dengan perjuangan yang lumayan atau naik kendaran sepeda motor tapi jauh jaraknya.  Tapi jangan khawatir, kelelahan itu akan dibayar lunas setelah sampai di Puncak Bukit Watu Meja atau Badar.

Traveler akan menikmati pemandangan indah dan mempesona seperti jembatan kereta Serayu, Sungai Serayu, lalu lintas kota dan yang lainnya.  Di puncak ini sangat bagus untuk mengabadikan momen karena latarnya adalah bukit-bukit hijau dan traveler juga bisa melihat keindahan Gunung Slamet. Jangan lupa live streaming keindahan panorama ini kepada sahabat-sahabat traveler di kota lain.  Berbagi kebahagiaan, memamerkan keindahan Indonesia. Pastikan dahulu jaringan di daerahmu ini sudah terkoneksi jaringan XL Axiata. Click disini biar jelas. XL Axiata yang jaringan internetnya stabil, memuluskan live streaming.

Cross World Paintball

Ada di Jalan Ringin Tirto nomor 69, di belakang perumahan Permata Hijau Purwokerto. Tempat wisata yang satu ini adalah tempat wisata paintball dan team paintball pertama yang ada di Banyumas.

Cross World Paintball mempunyai beberapa fasilitas seperti pro shop paintball, field paintball dan equipmentnya, billyard, projector, music dan foodcourt. Bagi traveler yang ingin berlibur sambil olahraga dan menantang adrenalin, maka Cross World Paintball bisa dimasukkan ke dalam daftar liburam traveler.

Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman

Bagi para traveler yang ingin menikmati liburan sembari belajar sejarah, Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi.  Monumen yang berada di samping Jembatan Sungai Logawa, yang menjadi pintu masuk Kota Purwokerto dari arah barat ini sangat menarik.

Monumen ini memiliki dua lantai. Di lantai bawah menceritakan sejarah perjuangan Jenderal Soedirman saat merebut Yogyakarta kembali, sebagai ibukota Indonesia pada masa itu.

Dan di lantai dua terdapat patung Jenderal Soedirman yang duduk di atas kuda. Patungnya terbuat dari perunggu dengan berat 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter.

Pada awalnya di lantai bawah bercerita menggunakam media foto, sekarang diganti dengan diorama-diorama lengkap dengan keterangan di bawahnya supaya traveler lebih menjiwai perjuangan Jendral Soedirman.  Di bawah patung yang menunggang kuda terdapat beberapa relief sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Dan di belakang patung tersebut ada lambang negara kita yaitu burung garuda. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi (AS/IPG)