5 Jembatan Keren di Dunia

Sensasi Keindahannya sangat Menakjubkan!

5 Jembatan Keren di Dunia
Oresund Bridge, antara Denmark dan Swedia, Photo by NicoTrinkhaus

Banyak cara dalam menikmati wisata dalam satu negara, salah satunya mengukir kenangan dalam keindahan jembatan.  Yah, berbagai negara memiliki jembatan yang sangat unik, ikonik dan asyik untuk disambangi.  Berfoto dan mengukir kenangan disana, menjadi salah satu kegiatan yang seru dan menyenangkan saat berwisata.

Berikut ini, lima jembatan keren di dunia yang dapat di eksplore, jika Traveler tengah mendatangi negara tersebut!

Jembatan Charles – Praha

Jembatan Charles atau Charles Bridge merupakan salah satu destinasi wisata ikonik di Praha, Republik Ceko.  Jembatan yang berbentuk melengkung yang melintasi Sungai Vltava ini sangat bersejarah dengan usianya yang cukup tua.  Pembangunannya dimulai pada tahun 1357 dibawah naungan Raja Charles IV dan selesai sekitar awal abad ke-15.

5 Jembatan Keren di Dunia
Charles Bridge, salah satu ikonik Praha, Photo by TimeOut

Jembatan tua ini menghubungkan dua kota di Praha, yaitu Old Town dan Lesser Town.  Saat melintasi Jembatan Charles, Traveler dapat menikmati suasana yang sangat cantik yang diwarnai dengan lampu antik dan patung bergaya Eropa klasik, yang terletak pada sisi kiri dan kanan jembatan.  Sementara itu, pada bagian penghujung jembatan, ada sebuah pagar yang kerap digunakan untuk memasang gembok cinta, dimana penyematan gembok-gembok ini diyakini dapat menjadikan cinta sepasang kekasih yang tak lekang oleh waktu.

Jembatan Øresund – Swedia dan Denmark

Jembatan Øresund atau Öresund Bridge adalah gabungan antara jalur kereta api dan jembatan yang menghubungkan dua negara di Eropa.  Terletak di selat Øresund, yaitu antara Kopenhagen – ibukota Denmark dan kota Swedia Malmö.

5 Jembatan Keren di Dunia
Öresund Bridge, perpaduan jalur kereta api dan jalanan, Photo by Reddit

Ini merupakan jembatan kereta api terpanjang di Eropa yang menghubungkan jaringan jalan dan rel di Semenanjung Skandinavia dengan yang ada di Eropa Tengah dan Barat. Jembatan ini membentang hampir 8 kilometer (5 mil) dari pantai Swedia ke pulau buatan Peberholm di tengah selat. Persimpangan ini dilanjutkan oleh Drogden Tunnel sepanjang 4 kilometer (2,5 mil) dari Peberholm ke Pulau Amager di Denmark.

Jembatan Brooklyn – Amerika Serikat

Jembatan Brooklyn atau yang lebih dikenal dengan nama Brooklyn Bridge ini, merupakan salah satu jembatan tertua di New York, Amerika Serikat.  Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1883.  Jembatan gantung yang menghubungkan Manhattan dan Brooklyn di New York City, yang melintasi Sungai East.

5 Jembatan Keren di Dunia
Brooklyn Bridge, salah satu jembatan tertua di New York, Photo by AirFranceJordan

Jembatan Brooklyn yang pembangunannya memakan waktu lama yaitu sekitar 14 tahun ini, membentang hampir sepanjang 1.830 meter.  Melintasi jembatan ini, Traveler akan menikmati pemandangan menara-menara ghotic nan eksotis yang menjulang tinggi, berpadu denan kabel-kabel baja yang memikili komposisi saling menyilang, serta komposisi struktur lengkung gandanya yang terkesan megah.  Hal ini membuat pelintas jembatan yang berjalan mau bersepeda sangat menikmati kawasan ini, terpesona dengan cakrawala Manhattan yang sangat berkilau.

Millau Viaduck – Perancis

Millau Viaduck merupakan jembatan vihecular tertingggi di dunia, yang bersanggahkan kabel dengan menyeberangi Lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis.   Jembatan ini di desain oleh teknisi Jembatan Perancis Michel Virlogeux yang bekerjasama dengan arsitek Britania, Lord Foster.

5 Jembatan Keren di Dunia
Millau Viaduck, jembatan vihecular tertingggi di dunia, Photo by Pinterest

Millau Viaduck berdiri diatas tonggak puncak setinggi 341 meter atau sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 meter lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau Viaduck dibuka secara resmi pada tanggal 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalulintas pada 16 Desember 2004.

Suramadu – Indonesia

Suramadu Bridge alias Jembatan Suramadu merupakan jembatan yang melintasi Selat Madura dengan menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, Indonesia.  Jembatan yang juga dikenal di mata dunia ini, memiliki jalan sepanjang sekitar 5.438 meter dan merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

5 Jembatan Keren di Dunia
Jembatan Suramadu yang melintasi Selat Madura, Photo by Wikipedia

Jembata Suramadu terdiri atas tiga bagian yaitu Jalan Layang, Jembatan Penghubung dan Jembatan Utama.  Pembangunannya dimulai pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2009.  Awalnya, akses jembatan ini berupa jalan tol yang artinya hanya bisa dilalui mobil. Namun berjalannya waktu, akhirnya pemerintah merevisi Peraturan Pemerintah (PP) sehingga tidak saja kendaraan roda empat yang dapat melintasi jembatan ini, tapi ada jalur khusus roda dua untuk bisa menikmati Selat Madura ini.(Niel)