Mengeksplore Goa-Goa di Kawasan Pantai Goa Langir

Beragam Goa Seru dan Asyik untuk di Eksplore

Mengeksplore Goa-Goa di Kawasan Pantai Goa Langir
Goa Langir, eksotis dan instagramable, Photo by @ayupradifta23

Pantai Goa Langir merupakan salah satu bagian dari objek wisata di Desa Wisata Sawarna yang terletak di Kecamatan Bayah, Lebak Banten.  Pantai ini memiliki ke-khasan yang unik yaitu pemandangan biru laut dan lebat-nya vegetasi ini.  Pantai ini memiliki pemandangan megah paduan dari hamparan pasir putih yang membentang luas dengan bukit batu tinggi menjulang.  Diberi nama ‘Pantai Goa Langir’, karena di area bibir pantai banyak terdapat goa-goa, salah satunya adalah Goa Langir.  Selain dapat menikmati keindahan pemandangan pantai, Traveler juga dapat mengeksplore goa-goa di kawasan pantai ini.

Pantai Goa Langir kondisinya masih sangat alami, apalagi pengunjung ke pantai ini belum terlalu ramai.  Namun, pantai ini banyak menyimpan keindahan serta panoramanya sangat menakjubkan.  Kegiatan lainnya di kawasan Pantai Goa Langir yang juga mengasyikkan adalah wisata susur goa.  Yah, banyak goa-goa berada di kawasan Pantai Goa Langir ini, seperti Goa Langir, Goa Kanekes, Goa Seribu Candi dan Goa Harta Karun.

Mengeksplore Goa-Goa di Kawasan Pantai Goa Langir
Hamparan pasir pantainya begitu nyaman, Photo by @snova_lestari

Obyek wisata Goa Langir mempunyai ketinggian sekitar 10 meter dengan lebar 3 meter. Kondisi goa ini sangat lembab dengan memiliki stalaktit dan stalakmit.  Goa ini terletak di bibir pantai, tak heran sesekali saat air laut pasang, goa ini pun kerab kemasukan air laut.  Dahulu, goa ini memiliki jalan yang dapat menembus tebing pantai, tapi karena beberapa kali longsor, jalur tersebut sudah tertimbunan longsoran.

Dari Goa Langir, kembali ke tempat parkir dengan menempuh jalan setapak di bawah rerimbunan pohon.  Masih ada beberapa goa yang akan dilewati di jalur ini. Seperti Goa Seribu Candi, goa yang dikaitkan dengan banyaknya stalagmit yang ada di dalamnya serta dianggap menyerupai stupa candi. Stalagmit dalam goa ini jumlahnya sangat banyak, sehingga dinamakan Goa Seribu Candi.  Walaupun hanya memiliki lorong pendek, konon goa ini kaya akan ornamen alam yang sangat indah.

Mengeksplore Goa-Goa di Kawasan Pantai Goa Langir
Goa Seribu Candi, Photo by @ghifariatiqullah

Setelah Goa Seribu Candi, Traveler juga dapat mengeksplore Goa Kanekes.  Dahulu, goa ini sering disinggahi oleh suku Baduy yang tinggal di pedalaman Banten.  Sebutan Goa Kanekes karena orang-orang Baduy yang singga ke goa ini kerap mengambil sarang walet dan kelelawar.  Goa yang berbentuk horizontal ini memiliki panjang kurang lebih 80 meter.

Goa Harta Karun atau sering disebut juga Goa Siluman berada di Kampung Sangko di desa Sawarna Baten Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.  Jika Traveler berkunjung di pasir putih Sawarna, maka Perkampungan Sangko berada disebelah utara pantai pasir putih tersebut.  Tentang hartanya tersebut, belum dapat dipastikan kesungguhannya karena tempatnya terbilang angker dan jarang dikunjungi. Selain dikatakan banyak tersimpan harta karun, tempat ini juga menyimpan banyak kekayaan harta bumi seperti batu bara, tambang dan kekayaan alam lainnya.

Mengeksplore Goa-Goa di Kawasan Pantai Goa Langir
Pintu Masuk Goa Kanekes, Photo by PesonaBanten

Posisi Pantai Goa Langir berada tepat di sebelah barat Pantai Ciantir, yaitu berjarak sekitar 1 kilometer. Untuk mencapai lokasi pantai ini, Traveler dapat berjalan kaki menyusuri pesisir pantai, atau bisa juga lewat jalan khususnya.

Di kawasan Pantai Goa Langir, juga terdapat tebing dengan ketinggian sekitar 30 meter sampai 70 meter, yang merupakan tebing batuan kars. Kondisi tebing ini sangat cocok bagi bagi pemanjat tebing pemula, meski hanya dilengkapi dengan perlengkapan standar. Tebing ini pun menjadi keseruan tersendiri bagi banyak komunitas panjat tebing yang turut merasakan sensasi memanjat tebing di pantai nan eksotis di Desa Wisata Sawarna ini.(Rafa)