Menikmati Keindahan Air Terjun Jarakan, Magetan

Perpaduan Hijaunya Hutan, Birunya Langit, Udara Sejuk dan Gemuruhnya Air

Menikmati Keindahan Air Terjun Jarakan, Magetan
Eksotisme Air Terjun Jarakan

Magetan merupakan salah satu kabupaten yang terletak dalam kawasan provinsi Jawa Timur yang berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Kawasan Kabupaten Magetan yang berada di kaki Gunung Lawu memiliki beragam objek wisata alam, salah satunya adalah air terjun.

Air Terjun Jarakan merupakan salah satu air terjun yang lokasinya berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.  Air terjun ini merupakan rangkaian dari 3 air terjun yang berada di Desa Ngancar ini.  Air Terjun Jarakan berada di tengah, sementara air terjun yang paling atas bernama Air Terjun Pundak Kiwo dan air terjun yang paling bawah bernama Air Terjun Watu Ondo.

Air Terjun Jarakan yang turut menjadi bagian dari objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh Pemkab Magetan ini, memiliki ketinggian air terjun sekitar 35 meter.  Objek wisata yang satu ini memiliki pemandangan eksotis yang bisa memanjakan mata para pengunjung. Memiliki keindahan alam yang mempesona dengan panoramanya yang begitu memikat.

Menikmati Keindahan Air Terjun Jarakan, Magetan
Kolam kecilnya asyik untuk berbasah-basahan atau mandi

Pada kolam tempat air jatuh, banyak wisatawan yang datang turut menikmati kesegaran air ini dengan berbasah-basahan atau mandi di pinggir kolam.  Yah, bagian dasar air terjun, terdapat sebuah kolam kecil yang cukup unik.  Memiliki pasir mas, dimana kolam ini akan memantulkan cahaya kuning keemasan ketika sinar matahari mulai menerangi area ini. Itulah kenapa dinamakan kolam pasir mas.

Sambil menikmati segarnya air kolam, Traveler siap terhanyutkan dengan pemandangan yang indah dan menyegarkan.  Karena sepanjang mata memandang, hutan yang begitu asri dan rindang menyelimuti panorama sekeliling Air Terjun Jarakan ini. Betapa cantiknya lukisan alam, yang memadukan hijaunya pepohonan lebat dengan birunya langit ditambah suara gemuruh air terjun, menciptakan suasana indah nan alami, apalagi udaranya pun sangat sejuk, bebas polusi, membuat pikiran menjadi rileks.

Jarak Air Terjun Jarakan terletak sekitar 80 meter di atas Air Terjun Watu Ondo. Untuk mencapai air Terjun Jarakan, akses lokasinya cukup mudah jika melalui Desa Ngerong.  Jika Traveler dari arah Magetan, sebelum pertigaan ke arah Telaga Sarangan akan ada papan petunjuk yang berada di sebelah kiri jalan. Ikuti papan petunjuk tersebut. Kendaraan bermotor ataupun minibus bisa melalui jalan ini karena jalanan ini sudah beraspal.

Menikmati Keindahan Air Terjun Jarakan, Magetan
Air Terjun Jarakan berada di kaki Gunung Lawu, Photo by GatotSuharno

Sesampainya di lokasi tujuan, parkirkan kendaran di lokasi parkir yang sudah disediakan.  Jarak antara lokasi parkir dengan Air Terjun Jarakan sekitar 1,5 km dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki.   Selama perjalanan, pemadangan perkebunan warga setempat siap menggantikan rasa lelah berjalan. Selain itu, separuh perjalanannya ini, Traveler juga dapat menikmati deretan pohon pinus yang lebat serta menghirup sejuknya udara pegunungan.(Rafa)