Mengisi Liburan ke Curug Pitu, Banjarnegara

Suara Gemericik Aliran Airnya, Menenangkan Pikiran

Mengisi Liburan ke Curug Pitu, Banjarnegara
Sensasi keseruan di Curug Pitu, Photo by @anisarzgya_r

Curug Pitu atau Air Terjun Pitu terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini, merupakan objek wisata yang tak jauh berbeda dengan wisata curug atau air terjun kebanyakan.  Selalu menyajikan pesona keindahan alam serta udara disekitarnya begitu menyegarkan.  Menampilkan suasana yang membuat hati dan pikiran menjadi rileks dan tentram.  Suara gemericik aliran airnya, menenangkan pikiran. Bermain basah-basahan atau berenang di pinggir kolamnya, menjadi satu keseruan tersendiri yang sangat mengasyikkan.

Curug Pitu adalah air terjun yang memiliki tujuh tingkatan, sehingga air jatuh bertahap melalui tingkatan demi tingkatan. Ketinggian air terjun ini dari tingkat paling atas yaitu tingkat tujuh sampai ke dasar, sekitar 40  meter.  Untuk mencapai keseluruhan tingkatan pengunjung harus berjalan kaki ke arah hulu ( ke atas) melewati jalan setapak yang agak sempit.  Namun demikian, Traveler dapat menikmati sensasi keseruan di curug ini dari tiap-tiap stepnya. Di step ke satu dan kedua akan bertemu dengan jalan setapak yang relative lebih mudah ditempuh karena tidak terlalu curam.

Mengisi Liburan ke Curug Pitu, Banjarnegara
Air Terjun 7 tingkatan

Di curug teratas (tingkat tujuh), Traveler siap menikmati pemandangan yang lebih eksotis lagi, karena keenam curug di bawahnya terlihat indah bak kaki-kaki bidadari yang lembut menjuntai. Traveler pun dapat bermain air dibawah terpaan air terjun setinggi 20 meter di curug ke tujuh. Curug ke enam tidak begitu tinggi namun kolam di bawah air terjun cukup nyaman untuk berendam dan bermain air dingin khas pegunungan. Semakin kebawah, curahan air terjun semakin besar dan tinggi, dimana curug yang paling bawah memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan kolam besar dibawahnya yang biasa digunakan untuk mandi, berenang atau sekedar bermain menikmati cipratan air terjun yang dingin dan menyegarkan ini.

Mengisi Liburan ke Curug Pitu, Banjarnegara
Menawarkan eksotisme pemandangan nan Indah

Yah, Air Terjun Curug Pitu ini menawarkan eksotisme pemandangan yang begitu indah dan menawan.  Curug Pitu yang dikelilingi pohon-pohon durian dan pepohonan lainnya ini, merupakan objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Selain sajian keindahan alam sekitarnya, air terjun ini juga menyajikan air yang jernih dan segar. Jarak jatuhnya air tidak terlalu tinggi, sehingga kolam yang berada di bawah air terjun cukup memberikan sensasi kenyamanan, ketika Traveler memutuskan untuk berendam. Apalagi sumber mata air dari air terjun ini, berasal dari pegunungan sehingga kesegarannya pun sudah tidak diragukan lagi.

Lokasi wisata Curug Pitu ini berada sekitar 10 kilometer ke arah timur laut dari pusat kota Banjarnegara.  Dapat ditempuh dengan berkendara roda dua dan empat dengan menghabiskan waktu sekitar 10-15 menit, dari pertigaan jalan Tekidadi yang terletak di jalan Banjarnegara – Wonosobo.  Pintu masuk ke curug ini ditandai dengan plang yang bertuliskan Obyek wisata Curug Pitu yang berada tepat di sebelah Balai Desa Sigaluh.

Mengisi Liburan ke Curug Pitu, Banjarnegara
Pepohonan Hijau di sekeliling air terjun menambah asri suasana

Untuk benar-benar dapat mendekati kawasan air terjun ini, memang dibutuhkan usaha yang cukup berat.  Traveler masih harus menempuh perjalanan sejauh kira-kira 1,5 kilometer dari jalan raya.  Namun perjalanan ini dimanjakan dengan pemandangan alam yang cantik dan penuh pesona.  Hamparan sawah yang hijau dan luas akan menjadi suguhan utama bagi kesegaran mata. Siapapun yang melihat pemandangan ini, pasti langsung takjub dan terpesona. Dengan latar belakang pegunungan yang indah, membuat pikiran menjadi lebih tenang dan hati pun jadi tentram. Di sekeliling perjalanan, Traveler akan menemukan perkebunan salak yang cukup luas, dimana perkebunan ini hasil tanamnya dilakukan oleh warga setempat.(Raditya)