Sesaat Rileks di Curug Cibaliung yang Menakjubkan

Airnya Biru Toska Bening

Sesaat Rileks di Curug Cibaliung yang Menakjubkan
Menikmati Pemandangan dan Segarnya Air di Curug Cibaliung, Photo by @amrzelett

Ada banyak curug alami yang begitu cantik, berbalut nuansa hijau dengan panorama yang menakjubkan, yang jadi pilihan pelepas penat dan me-refresh pikiran. Salah satunya adalah Curug Cibaliung, curug yang berlokasi di Desa Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Curug Cibaliung disebut juga Curug Ciung Bogor, merupakan salah satu spot petualangan yang eksotis, terutama bagi Traveler yang gemar berpetualang.

Letaknya memang di pelosok, sehingga dikenal juga sebagai curug terdalam yang ada di kota Bogor.  Namun demikian, surga tersembunyi di sudut kota Bogor ini memiliki view yang begitu indah, sehingga wisatawan yang datang pun semakin hari semakin banyak.  Apalagi lingkungan sekitarnya  sangat bersih dan masih alami, ditambah lagi dengan aliran airnya yang begitu jernih serta dikelilingi bebatuan yang besar-besar.

Sesaat Rileks di Curug Cibaliung yang Menakjubkan
Air terjunnya rendah namun aliran airnya cukup deras

Curug Cibaliung berada dalam hutan hijau yang lebat serta ramainya kicauan burung dan hewan hutan yang turut andil memeriahkan area objek wisata ini.  Dengan warna air hijau toska nan jernih, bahkan sangat bening, membuat siapa pun yang datang kesini sulit menolak untuk berbasah-basahan atau berendam air  di kolam nan alami ini.  Meskipun air terjun di tempat ini tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya cukup deras.  Sebaran bebatuan besar dan kecil di sekitar kolam, menambah daya tarik view sekitar curug.  Sehingga, selain berenang untuk menikmati kesegaran airnya di Curug Cibaliung ini, Traveler akan terpuaskan juga berswaphoto, mengambil banyak gambar diri dengan latar belakang beragam keindahan disini.

Sesaat Rileks di Curug Cibaliung yang Menakjubkan
Rileks dan re-fresh, Photo by @ruangtrekking

Untuk menikmati keseruan dan keindahan di Curug Cibaliung ini, butuh perjuangan yang tak main-main.  Traveler harus mengakses jalanan terjal. Dari tempat parkir, Traveler masih harus berjalan kaki yang memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke area curug. Namun, kelelahan yang dirasa selama perjalanan ini, akan terbayarkan begitu keindahan Curug Cibaliung sudah di depan mata.

Lokasi Curug Cibaliung berada di dekat area Curug Leuwi Hejo, dimana dalam kawasan ini juga memiliki banyak destinasi curug lain seperti Curug Barong, Curug Ceuwi Cipet dan Curug Leuwi Lieuk.  Objek wisata Curug Cibaliung yang berada di Karang Tengah, Bogor ini, tidaklah begitu jauh apalagi jika Traveler berasal dari Jakarta.  Dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, rute yang dilalui adalah, Jalur tol Jagorawi – Keluar gerbang Sentul City – jalan utama Jungle Land Park – belok kanan menuju perkampungan sebelum di gerbang Jungle Land – ketemu pertigaan belok kiri menuju Leuwi Hejo.

Sesaat Rileks di Curug Cibaliung yang Menakjubkan
Bebatuan besar menjadi daya tarik tempat ini, Photo by @fardz_19

Disarankan untuk datang ke curug ini pada musim panas. Karena pada saat musim penghujan, area trekkingnya menjadi sangat licin sehingga resiko terjatuh lumayan cukup besar, juga mengantisipasi adanya banjir bandang.(Raditya)