5 Pantai di Sulawesi Selatan yang sangat Memikat

Pantai Tersembunyi dengan Keindahan Yang Luar Biasa

Pantai Marumasa
Keindahan Pantai Marumasa yang Memukau

Sulawesi Selatan memang banyak menyediakan wisata pantai yang sangat indah dan penuh daya pikat.  Keindahannya ini bahkan tak kalah dengan pantai-pantai yang berada di luar negara Indonesia.  Merupakan pantai-pantai tersembunyi yang memiliki keindahan yang luar biasa,  tidak hanya keindahan daratannya saja, tetapi juga keindahan bawah lautnya.

Pantai apa saja?  Berikut ini, Indonesiatraveler.Id mengajak Traveler mengunjungi Sulawesi Selatan, menyambangi 5 pantai yang yang sangat indah, penuh pesona serta memamerkan daya pikatnya yang begitu dashyat.

Pantai Marumasa

Pantai Marumasa semakin populer semakin banyak dikunjungi wisatawsan.  Terletak di Bulukumba, Sulawesi Selatan, pantai ini tidak hanya menawarkan kecantikan lautnya yang biru, Marumasa yang terkenal dengan suguhan tebing eksotisnya ini, juga seru untuk menjadi persinggahan dalam menikmati matahari terbit. Bahkan, di sudut lain, tersedia spot yang tidak kalah seru,  yang asyik dijadikan pusat hunting berswaphoto.  Kerennya rumah kayu, serunya bermain di atas hammock, serta menganyam suasana romantis dalam bangku ayunan.   Yah, meskipun perjalanan ke Pantai Marumasa dari Kota Makassar memakan waktu lumayan panjang, yaitu  4,5 jam, namun keindahan yang didapat ini mengalahkan rasa lelahnya perjalanan panjang tersebut.

Pantai Tanjung Bira
Pantai Tanjung Bira menyerupai Tanah Lot Bali

Pantai Tanjung Bira

Jika Traveler jeli, melihat Pantai Tanjung Bira laksana melihat salah satu spot wisata di Pulau Bali, yaitu Tanah Lot.  Begitulah keindahan Pantai Tanjung Bira.   Salah satu destinasi menawan yang identik dengan kabupaten Bulukumba ini, memiliki pesona keindahannya yang sangat menawan dengan pasir putih dan gradasi tiga warna air laut. Saat cerah, birunya langit terpantul pada hamparan laut primadona di ujung Sulawesi Selatan ini.

Pantai Tanjung Bira terletak di ujung selatan wilayah Sulawesi Selatan, dengan adanya daratan kecil ditengah-tengah air laut. Di pantai ini Traveler dapat menikmati indahnya pemandangan alam bawah laut, pasir putih dan juga pemandangan senja yang tidak ada duanya. Ciri khas yang utama dari Pantai Tanjung Bira yang berjarak sekitar 400 kilometer dari Kota Makasar ini adalah pasir pantai yang sangat halus, bahkan teksturnya hampir sama seperti tepung.

Pantai Selayar
Pantai Selayar Nan Cantik

Pantai Selayar

Pantai yang berlokasi di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan ini memang sangat terkenal dengan keindahannya. Panorama alamnya sangat eksotis. Pantai ini menyajikan pasir putih, debur ombak yang bersahabat, hijaunya pohon kelapa yang berjejer di pinggir pantai, serta air laut yang berkilau seperti kristal yang akan langsung membuat Traveler takjub. Pantai ini juga populer untuk snorkeling dan diving, hal ini dapat ditemukan di Selayar Island Resort. Bahkan disini juga ada Dive Center yang menawarkan kursus diving bersertifikat. Spot yang ditawarkan sangat menawan. Jika Traveler masih dalam taraf amatir di dunia snorkeling, disarankan untuk ikut kursus. Namun jika sudah mahir, Traveler siap diajak menuju ke spot menantang untuk mengeksplorasi suasana bawah laut di Pulau Selayar ini.

Meskipun pulau ini memiliki topografi agak tandus dengan bebatuan keras yang mengelilinginnya, namun panorama di tempat ini sangat keren. Traveler siap dimanjakan dengan pemandangan indahnya Pantai Selayar ini!

Pantai Appalarang
Pantai APpalarang yang Unik

Pantai Appalarang

Bulukumba memang dikenal sebagai salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak pantai cantik. Salah satu pantai yang wajib kalian kunjungi adalah Appalarang. Pantai Appalarang sangat cocok bagi traveler yang ingin menenangkan pikiran dan menikmati keindahan alam dengan damai. Udara yang sejuk serta suasana yang tenang membuat Pantai Appalarang ini serasa menjadi pantai pribadi.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Appalarang tidak memiliki pesisir pantai.  Yah, pantai ini memang tidak langsung bersentuhan dengan pasir putihnya. Pantai Appalarang berada di balik tebing bebatuan yang curam. Kondisi inilah yang memicu adrenalin setiap pengunjung yang datang.  Namun, hal ini justru menjadi daya tarik pantai ini.   Apalagi, banyak spot-spot yang instagramable yang seru banget buat berselfi ria.   Pantai Appalarang juga disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Raja Ampat Papua.

Pantai Akkarena
Pantai Akkarena dengan spot selfi yang Instagramable

Pantai Akkarena

Pantai Akkarena disebut-sebut sebagai saingan dari Pantai Losari, yang lebih dahulu populer namanya.  Pantai Akkarena sangat cantik dan unik,  dengan tersajinya deretan pohon kelapa yang tumbuh rapi disepanjang pesisir pantai. Disini disediakan tempat duduk bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai. Ketika sore hari, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati sunset di Pantai Akkarena ini.

Pantai ini juga menjadi tempat selfi yang instagramable. Untuk memenuhi kebutuhan selfie, pihak pengelola membangun sebuah jembatan atau bisa disebut dengan dermaga. Dermaga ini menjadi sisi romantis Pantai Akkarena yang sayang dilewatkan. Dermaga yang memiliki panjang 150 meter dan lebar 5 meter ini, juga berfungsi sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal yang memang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.(Niel)