6 Destinasi Wisata Ramah Anak di Jogja

Di kalangan wisatawan, Jogja adalah destinasi yang hits dan populer. Baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Semua suka dan semua senang menghabiskan waktu di kota melankolis ini.

Nah, berikut ada 6 destinasi wisata ramah anak yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

The Lost World Castle

Berada di Lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan, The Lost World Castle merupakan sebuah bangunan megah berbentuk seperti Benteng Takeshi. Selain itu, beberapa sudut banyak menampilkan spot-spot asyik buat berselfi ria, salah satunya Paradise Gate, tangga yang menjulang ke atas yang dilengkapi sebuah gapura.

Kebun Binatang Gembira Loka

Ajaklah anak anda untuk berkenalan dengan berbagai jenis binatang di kebun binatang Gembira Loka. Objek wisata ini terletak di Jl. Kebun Raya No. 2, Rejowinangun Kecamatan Kotagede. Kebun Binatang Gembira Loka buka tiap hari, termasuk pada weekend dan hari libur nasional.
Biasanyan pun anak-anak sangat menyukai wisata ke kebun binatang, selain dapat belajar tentang seluk beluk makhluk hidup, berbagai atraksi wahana permainan air pun banyak tersedia disana.

Taman Pintar Yogyakarta

Objek wisata ini memiliki sejumlah wahana yang seru untuk dieksplorasi. Beberapa di antaranya berada di dalam Gedung Oval. Di sini, anda dapat mencoba Generator Pedal atau mengenal Zona Tata Surya.

Selain itu, di Taman Pintar Yogyakarta ini, anda dapat mengajak anak-anak untuk belajar melukis gerabah, melihat atraksi air menari, mengenal hewan air di akuarium air tawar, dan berbagai aktivitas seru lainnya. Selain bermain, di tempat ini anak dapat belajar berbagai pengetahuan menarik.

Tebing Breksi

Tebing Breksi terletak di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan, Sleman. Untuk mencapai tempat wisata ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit berkendaraan mobil, dari pusat kota. Namun, dari objek wisata Candi Prambanan, jarak Tebing Breksi hanya sekitar 15 menit.

Sebelum menjadi objek wisata, Tebing Breksi adalah kawasan pertambangan batu kapur. Tebing bekas galian tambang tersebut kemudian diukir sedemikian rupa, sehingga menghasilkan hiasan dinding yang indah. Ukiran inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung.

Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark adalah tempat rekreasi yang dibangun pada tahun 2014 lalu. Dengan kawasan seluas 7 hektare tersebut, ada sejumlah wahana bermain yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Salah satu yang paling terkenal adalah wahana Cakra Manggilingan. Tinggi wahana ini adalah 48 meter. Cakra Manggilingan adalah bianglala paling besar dan tinggi di Indonesia hingga saat ini. Ada 28 kapsul yang berputar di porosnya, masing-masing dapat diisi oleh 4 orang

Upside Down World

Upside Down World merupakan objek wisata yang unik dan berbeda dari yang lain. Di sini ada sejumlah spot dengan desain rumah yang terbalik. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur, didesain sedemikian rupa sehingga tampak seperti aslinya.

Upside Down World berlokasi di Jl. Ring Road Utara, Puyeran, Maguwoharjo. Untuk menikmati sensasi berbeda di tempat wisata ini, anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp80.000 (dewasa) dan Rp40.000 (anak-anak)*