Wisata Budaya Pura Luhur Poten Gunung Bromo

Berada di kawasan Taman Nasionl Bromo, Pura Luhur Poten punya ikatan erat dengan Suku Tengger yang kerap menggelar Upacara Yadya Kasada di setiap tahun.

Selain pesona wisata alamnya yang menonjol, Gunung Bromo juga punya deretan wisata budaya yang nggak kalah menarik, salah satunya adalah Pura Luhur Poten. Berada di kawasan Taman Nasionl Bromo, Pura Luhur Poten punya ikatan erat dengan Suku Tengger yang kerap menggelar Upacara Yadya Kasada di setiap tahun.

Pura Luhur Poten diyakini menjadi kediaman bagi Isa Sang Hyang Widhi Wasa, yang merupakan wujud dari Dewa Brahma. Dalam ajaran Hindu, ia merupakan salah satu dari tiga dewa besar selain Wisnu dan Siwa. Berdiri sejak 2000, anda bisa merasakan asimilasi kebudayaan antara budaya Jawa dan Bali dengan nuansa Hindu di tengahnya.

Pura Luhur Poten sendiri terlihat begitu menawan dengan tata bangunannya yang unik. Terdiri dari beberapa bangunan, anda bisa melihat tiga tempat utama seperti Mandala Utama, Padma dan Mandala Madya yang biasa digunakan untuk melangsungkan upacara Yadya Kasada. Sebuah upacara adat umat Hindu suku Tengger yang diselenggarakan setiap tahun pada hari ke empat belas bulan Kasada.

Posisi Pura Luhur Poten yang berada di antara Gunung Batok dan Gunung Bromo, menjadi tempat asyik tersendiri untuk menyaksikan proses terbitnya matahari dari balik Gunung Bromo. Sungguh siluet pagi hari nan indah, begitu cantik, begitu penuh pesona…