6 Kota Pelabuhan Cantik Yang Asyik Disambangi

Perpaduan Lalu Lalang Kapal dan Bangunan Gedung Kuno

6 Kota Pelabuhan Cantik Yang Asyik Disambangi
Nyhavn di Copenhagen, Denmark

Bicara pelabuhan, di kepala langsung terbayangkan kapal-kapal berlalu lalang, laut serta keseruan lainnya di pinggir laut yang sarat dengan kesibukan.  Yah, pelabuhan merupakan jalur singgah kapal sekaligus merupakan kawasan ekonomi yang menunjang kehidupan.  Namun, pelabuhan tidak semata wilayah perdagangan saja, beberapa pelabuhan di dunia memiliki panorama yang sangat cantik dan menjadi destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Berikut ini, 6 kota pelabuhan cantik di berbagai belahan dunia, yang sangat menarik dan asyik untuk disambangi.  Apa saja?  Yuk simak!

Nyhavn – Copenhagen, Denmark

Pemandangan yang cantik penuh dengan warna warni menjadi daya tarik tersendiri kota pelabuhan ini.  Nyhavn, yang berlokasi di Copenhagen, Denmark ini, menjadi sebuah destinasi wisata terbaik dunia, dengan menyajikan keindahan bangunan-bangunan tua yang dicat aneka warna, berjajar rapi menghiasi tepi kanal yang begitu cantik.  Keindahan kota dengan arsitekturnya yang sangat mengagumkan ini, juga indahnya senja saat matahari terbenam, sungguh menjadi moment yang sulit terlupakan.  Traveler dapat mengeksplore pemandangan kota yang penuh takjub ini sambil berjalan kaki atau mengikuti canal tour.

Kota pelabuhan Nyhavn sudah ada sejak abad ke-17.   Nyhavn adalah kawasan tepi laut, kanal, dan hiburan di Copenhagen. Membentang dari Kongens Nytorv ke depan pelabuhan tepat di selatan Royal Playhouse, dikelilingi oleh townhouse dan bar, kafe, dan restoran abad ke-17 dan awal abad ke-18 yang berwarna cerah.  Sungguh kombinasi yang cantik dan mempesona.

Stockholm, Swedia

Tak kalah menariknya dengan Nyhavn di Copenhagen, Swedia pun dengan kota pelabuhan indahnya, Stockholm, menyajikan pemandangan yang sangat fantastis.  Kota pelabuhan ini diramaikan dengan jajaran gedung-gedung bersejarah dengan konsep arsitektur kuno.  Stockholm yang juga merupakan ibukota Swedia ini, juga dapat dijadikan referensi wisata terbaik sekaligus menakjubkan di Swedia.

6 Kota Pelabuhan Cantik Yang Asyik Disambangi
Warna Warni Gedung Bersejarah di Stockholm, Swedia

Sajian pemandangan matahari sorenya pun juga sangat mengagumkan.  Yah, sembari menyaksikan keindahan sunset yang luar biasa indahnya ini, sambil menyeruput secangkir kopi atau hot chocolate, menjadikan sore penuh kesan.   Apalagi kota ini dikenal juga sebagai salah satu kota terbersih di dunia, sehingga sejauh mata memandang, kota ini terlihat sangat bersih.  Benar-benar mengagumkan!

Sebagai ibukota negara Swedia, Stockholm mencakup 14 pulau dan memiliki lebih dari 50 jembatan di kepulauan Laut Baltik yang luas ini. Jalanan berbatu dan bangunan berwarna oker di Gamla Stan (kota tua) seperti rumah Katedral Storkyrkan abad ke-13, megahnya Istana Kerajaan Kungliga Slottet, dan Museum Nobel.  Lalu lalang kapal Feri dan perahu wisata mengantar penumpang antar pulau juga menambah daya tarik kawasan ini.

Lindau, Jerman

Lindau merupakan sebuah kota pelabuhan yang cantik yang dapat ditemui di Jerman.  Kota ini cukup unik, berada di Danau Constance di Bavaria, Jerman. Kawasan ini menawarkan pemandangan menarik yaitu sebuah patung singa yang juga merupakan simbol kebesaran Bavaria, juga hadirnya mercusuar batu dengan pemandangan danau dan pegunungan.  Kota pelabuhan ini juga menyimpan banyak bangunan sejarah yang dikelilingi dengan lingkungan yang masih sangat alami, menjadikan kota ini sebuah destinasi wisata menarik di Jerman.

6 Kota Pelabuhan Cantik Yang Asyik Disambangi
Kota Pelabuhan Lindau di Jerman, Photo by TripAdvisor

Satu-satunya cara untuk masuk melihat keindahan-keindahan itu adalah melalui kanal. Lindau juga menjadi tujuan wisata yang populer karena lingkungannya yang masih terjaga alami, serta pusat bersejarah dengan bangunan-bangunan peninggalan abad pertengahan.  Lindau juga disebut sebagai kota terapung karena letaknya berada di bagian timur Danau Konstanz, dikelilingi oleh danau air tawar Bodensee.  Letaknya terisolasi dari pulau utama dan hanya disambungkan oleh jembatan yang mengarah ke Stasiun Lindau.  Dan sekitar abad 13, kota ini menjadi pemukiman para biarawan yang kini menjadi obyek wisata terkenal dengan bangunan-bangunan eksotis dengan gaya arsitektur Bavaria.

Piraeus, Athena

Pelabuhan Piraeus adalah pelabuhan laut utama dan terluas di Athena, Yunani.  Pelabuhan terletak di Teluk Saronic di pantai barat Laut Aegea, yang juga merupkan pelabuhan terbesar di Yunani dan salah satu yang terbesar di Eropa.  Pelabuhan Piraeus menjadi bagian dari kota pelabuhan paling cantik untuk dikunjungi di saat singgah di Yunani.

6 Kota Pelabuhan Cantik Yang Asyik Disambangi
Kota Pelabuhan Piraeus di Athena

Kota ini juga dinobatkan sebagai pelabuhan terluas seantero laut Mediterania dan Eropa, yang sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.  Dengan memiliki pemandangan alamnya yang sangat indah mempesona, seperti laut yang tenang dengan jajaran yacht mewah dan tertata rapi, menjadi salah satu daya tarik kota cantik ini.  Apalagi bangunan-bangunan gedung di sepanjang pelabuhan merupakan bangunan lama khas Yunani Kuno yang benar-benar dirawat dan dijaga dengan baik.

Sydney Harbor, Australia

Sydney Harbor adalah kota pelabuhan yang sangat cantik, nyaman dan menarik.  Di pelabuhan ini, Traveler dapat menikmati penjelajahan di berbagai pulau kecil di sekitarnya yang sangat indah seperti Pulau Cockatoo yang sudah menjadi situs warisan dunia UNESCO.  Berkemah yang glamor di Pulau Cockatoo menjadi kegiatan paling unik dan favorit. Tur Pulau Sydner Harbor ini cukup populer dan banyak  peminatnya, karena dapat memperkenalkan sejarah serta landmark utama.

6 Kota Pelabuhan Cantik Yang Asyik Disambangi
Opera House dan Sydney Harbor Bridge di Sydney Harbor

Pelabuhan Sydney yang merupakan bagian dari New South Wales ini, juga menjadi salah satu ikonis-nya Australia. Terutama Opera House yang menjadi salah satu bangunan paling terkenal di dunia. Bangunan unik bak keong ini, menjadi tempat yang wajib dikunjungi ketika wisatasan datang ke Australia.  Selain Opera House juga ada Sydney Harbour Bridge, kombinasi dua item ini menjadi satu paket ‘keharusan’ yang tidak bisa dipisahkan, jika Traveler datang ke sini.  Cara terbaik untuk menyaksikan seluruh keindahannya adalah dengan menaiki kapal feri. Traveler juga bisa menyusuri pantai sambil mengagumi Opera House serta Sydney Harbour Bridge yang sangat indah ini.

Busan, Korea Selatan

Busan merupakan kota terbesar kedua di Korea Selatan.  Jumlah populasinya lebih dari 3,5 juta.  Tak heran pelabuhannya termasuk yang tersibuk di dunia.  Busan merupakan pusat segalanya, karena meskipun kota ini pusat industri, Busan juga menjadi rumah bagi sejumlah situs bersejarah, museum, pasar, pantai, gunung dan kuil.  Segudang keistimewaan inilah yang membuat Busan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Korea Selatan.

6 Kota Pelabuhan Cantik Yang Asyik Disambangi
Kota Industri Busan di Korea Selatan

Yah, Busan menjadi salah satu destinasi favorit bagi Traveler yang hobi traveling ke pantai. Selain menikmati hamparan pasir putih dan deru ombak, pemandangan Harbour Bridge yang mengagumkan juga menjadi kegiatan wisata yang asyik dan menyenangkan.  Juga mengunjungi Pantai Haeundae dengan Akuarium Kehidupan Laut, ditambah Alun-Alun Rakyat dengan permainan tradisional seperti tarik tambang yang dapat menjadi kegiatan menarik, sedangkan Pantai Gwangalli memiliki banyak bar dan pemandangan Jembatan Berlian modern.  Jangan lupa mengunjungi Kuil Beomeosa, kuil Buddha yang didirikan pada tahun 678 M, berada di kaki Gunung Geumjeong, yang memiliki jalur pendakian.  Inilah Busan, yang terletak di ujung Semenanjung Korea dengan suasana yang menyenangkan dan penuh daya pikat, sudut keindahan lain menikmati Korea Selatan selain Seoul!(Niel)