6 Pantai Cantik di Indonesia

Selalu Memikat serta Penuh Pesona

Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo dengan karang-karang kokoh, Photo by NginapDiJogya

Selamat Hari Pariwisata Sedunia! 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ratusan pantai yang sarat dengan keindahan dan keunikannya. Begitu beragam pantai-pantai di Indonesia yang sangat mempesona dan selalu menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.  Dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September 2020 ini, Indonesiatraveler.id siap menampilkan 6 pantai di Indonesia yang sangat cantik, selalu memikat serta penuh pesona dengan keunikannya masing-masing.

Pantai Sumur Tiga, Sabang

Sumur Tiga adalah nama tiga buah sumur yang memiliki air tawar yang terletak tak jauh dari bibir pantai, sekitar 15 meter. Tentu saja rasa tawar tersebut membuat banyak orang terheran dengan keberadaan tiga sumur ini.  Sehingga pantai ini pun disebut Pantai Sumur Tiga.  Sayangnya, sumur yang sudah berusia tua ini sudah tidak berfungsi lagi. Kini sumur tersebut dianggap sebagai peninggalan sejarah.

Pantai Sumur Tiga sangat cantik. Pemandangan alamnya yang menakjubkan dengan debur ombak berkejaran, deretan pohon kelapa dengan nyiur melambainya, serta hamparan pasir pantai yang berwarna putih dan birunya laut membuat lukisan alam terpampang di depan mata.

Pantai Sumur Tiga
Suasana Tenang dan Nyaman Pantai Sumur Tiga

Garis pantai sepanjang dua kilometer dengan butiran pasir pantai putih yang mirip kristal halus menjadi tempat ideal untuk berjemur. Sambil menikmati angin sepoi-sepoi serta hamparan lautan yang berwarna biru menjadi pemandangan bahari terindah. Terkenal sebagai pantai pasir putih dengan garis pantai yang panjang, Sumur Tiga diberkati dengan air yang biru serta pepohonan kelapa di sepanjang bibir pantai.  Dengan keindahan alam seperti ini, sangat wajar untuk menyebut tempat ini Hawai-nya Sabang.  Selain terkesima menyaksikan keindahan laut, Traveler juga bisa berselancar untuk menikmati ombaknya.

Lokasi : Pulau Weh,Jalan H. Agus Salim, Kecamatan Le Meulee, Desa Sukajaya, Kota Sabang, Aceh.

Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Bagi Traveler yang pernah menonton film Laskar Pelangi, sudah tidak asing lagi dengan keberadaan pantai ini. Dengan pemandangan lautnya yang sangat cantik dan menawan berpadu dengan tersebarnya batu-batu besar dengan berbagai bentuk dan ukuran di sekitar bibir pantai, menciptakan pantai ini semakin unik dan menarik.

Selain itu, karakteristik pantai ini cukup berbeda dengan pantai kebanyakan.  Kondisi Pantai Parai Tenggiri memiliki struktur yang landai serta laut berwarna hijau toska, serta pasir putih yang bisa menyejukan hati, menambah pesona pantai ini.

Pantai Parai Tenggiri
Bebatuan yang menyebar, daya tarik tersendiri Pantai Parai Tenggiri

Lokasi : Sinar Baru, Sungai Liat, Bangka Regency, Bangka Belitung

Pantai Menganti, Kebumen

Pantai Menganti ibarat permata tersembunyi di Pulau Jawa, merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Pasir pantainya yang berwarna putih serta terdapat panorama perbukitan juga tebing karst yang indah.  Meskipun pantai ini memang tidak aman digunakan untuk berenang, namun pemandangan yang ditawarkan di sini benar-benar menakjubkan.

Santai sambil menikmati keindahan alam di bukit hijau dan tebing yang elok yang dibatasi oleh pasir putih pantai serta lautan biru, di mana para nelayan berlayar untuk menangkap ikan dengan menggunakan perahu tradisional yang bernama Jukung.  Traveler dapat puas mendaki bukit hingga puncak untuk melihat pemandangan indah yang mengelilingi Pantai Menganti ini.

Lokasi: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Menganti
Eksotis Pantai Menganti, Photo by IGofPantaiMenganti

Pantai Laguna, Lampung

Pantai laguna ini merupakan surga tersembunyi yang terletak di dermaga teluk Kiluan.  Pantai Laguna atau juga disebut Laguna Helau Beach ini berjarak 77 km dari Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.  Untuk mencapai ke laguna birunya, Traveler harus mendaki bukit dan jalanan berbatu, melewati pepohonan pisang dan perkebunan coklat.  Memang, perjalanan menuju ke sini cukup menguras tenaga, namun jangan khawatir, semua itu akan sebanding dengan cantiknya pasir putih dan tingginya ombak pantai yang tersaji di lokasi.  Bagi Traveler yang menyukai berselancar, pantai ini tepat untuk disambangi.

Laguna yang unik dan memiliki kedalaman 35 meter dan seluas 6 meter persegi dapat Anda nikmati di lokasi sebagai kolam alami yang dikelilingi batuan. Di sini, Traveler dapat memanjakan diri dengan berendam di kolam alami sembari menikmati suara gemericik cipratan air dari ombak pantai seperti gemericik suara air terjun.  Duduk santai sambil menikmati pemandangan cantik Gunung Rajabasa sembari menikmati makanan ringan dan minuman segar, menjadi moment langka yang mengqasyikkan!

Pantai Laguna
Laguna bersebelahan dengan Laut, Photo by Pinterest

Lokasi: Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan, Lampung

Pantai Wedi Ombo, Yogyakarta

Pantai Wedi Ombo, sebuah teluk indah dengan pasir putih lembut yang dikelilingi oleh terumbu karang. Lautan biru di lokasi ini dengan ombak tingginya, pas untuk digunakan sebagai wahana berselancar.  Pantai ini tidak cocok untuk digunakan sebagai tempat berenang, namun jika Traveler pergi ke arah kiri tidak begitu jauh dari situ, akan menemukan laguna biru yang dikelilingi batuan pasir.  Disini lebih nyaman untuk berenang sambil menikmati pemandangan sekitar.

Namun tetap waspada, terutama jika ombak telah meninggi dan mulai menjalar ke batuan kapur yang ada di sekeliling laguna. Disarankan untuk keluar dari laguna terlebih dahulu agar tidak hanyut terbawa ke lautan lepas.

Lokasi: Balong, Girisubo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Nampu
Pantai Nampu yang penuh ketenangan

Pantai Nampu, Wonogiri

Pantai Nampu menyajikan keindahan yang luar biasa.  Laut di Pantai Nampu sangat jernih, juga pasir pantainya yang sangat lembut, seakan menjadikan tempat ini menjadi surga tersimpan di Wonogiri. Apalagi Tidak banyak orang yang tahu lokasi Pantai Nampu ini, jadi Traveler dapat menikmati puas keindahan alam di sini dengan tenang.

Selain itu, sajian sunset dan sunrisenya  sangat mengesankan disini.  Traveler akan terbuai melihat panorama sunset dan sunrise nya yang sangat indah.

Lokasi: Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.(Niel)