6 Air Terjun Keren di Indonesia

Unik dan Beragam

Air Terjun Kapas Biru
Air Terjun Kapas Biru, Photo by The WorldTravelGuy (David)

Selamat Hari Pariwisata Sedunia! 

Air Terjun atau yang kerap disebut juga curug merupakan geologi alam yang menyebabkan air turun dari ketinggian menuju dataran yang lebih indah. Air terjun atau Curug ini selalu memiliki keindahan tersendiri.  Dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada 27 September 2020 ini, Indonesiatraveler.id menampilkan 6 air terjun di Indonesia yang keren dengan keunikannya masing-masing.

Air Terjun Cibareubeuy, Subang

Curug Cibareubeuy berada di kawasan Subang yang letaknya dekat dengan pemandian air panas yang sudah lama lebih dulu terkenal oleh masyarakat di luar Subang atau Bandung. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air terjun yang mengalir diantara belahan tebing ini, berbentuk zig-zag, sehingga kucuran air pun jatuhnya agak berudak-undak.

Traveler dapat menikmati kesegaran air terjun ini dalamsebuah kolam kecil, sebagai hasil dari tampungan air yang jatuh.  Airnya dingin dan menyegarkan. Masyarakat sekitar percaya bahwa dengan mandi dan berdiri dibawah air terjun ini, akan menyembuhkan beberapa penyakit.

Alamat : Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Air Terjun Cibareubeuy
Keindahan Air Terjun Cibareubeuy

Air Terjun Sekumpul, Buleleng

Indahnya panorama Air Terjun Sekumpul, membuat banyak Traveler ingin menghabiskan waktu disini. Uniknya air terjun ini, karena disini ada tujuh air terjun. Warga setempat pun memberi nama Sekumpul yang artinya sekumpulan air terjun. Ada juga warga lokal yang menyebutnya Air Terjun Pemuatan, sementara wisatawan asing  menyebut air terjun ini  Seven Points Waterfall.

Lokasinya tersembunyi dan membutuhkan usaha ekstra untuk mencapai lokasi obyek wisata ini.   Untuk menuju air terjun Sekumpul, Traveler harus menuruni tangga curam dan menyeberangi sungai setinggi paha orang dewasa. Namun, pemandangan selama perjalanannya yang begitu asri membuat Traveler mengindahkan segala kesulitan dalam perjalanannya.

Air Terjun Sekumpul
Penuh Takjub di Air Terjun Sekumpul

Lokasi : Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasi wisata ini berada sekitar 85 Km dari bandara Ngurah Rai.

Air Terjun Lojahan, Batang

Air Terjun Lojahan merupakan air terjun yang masih alami keberadaannya, yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Kolam atau kedung yang berada di bawah air terjun ini memiliki kedalaman sekitar 2 meter dan dipenuhi dengan genangan air yang sangat jernih, sehingga bebatuan di dasar kolam dapat terlihat jelas. Panorama sekitar air terjun ini diselimuti dinding tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau, dan terdapat cekungan seperti goa yang biasanya digunakan sebagai sarang kelelawar dan binatang sejenisnya, hal ini semakin memberi nilai tambah keeksotisan air terjun ini.

Air Terjun Lojahan
Air Terjun Lojahan di Batang

Kali Lojahan merupakan kali yang cukup bersejarah bagi masyarakat Batang karena masih berkaitan dengan asal-usul penamaan kota ‘Batang’. Di salah satu bagian hulu sungai ini yang biasa disebut Lojahan Wetan, terdapat air terjun yang sangat unik dan cantik yang kemudian dinamakan Curug Gedhe Kali Lojahan.

Lokasi : di tengah Hutan Kluwung, Desa Kalitengah, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Air Terjun Gedangan, Bantul

Air Terjun Gedangan merupakan air terjun yang kondisinya masih sangat alami, belum banyak yang tahu akan air terjun ini.  Air terjun ini tak tinggi, hanya sekitar 4 meter. Namun, aliran airnya deras dan berundak-undak. Berkolaborasi dengan bebatuan berwarna hitam di tebing air terjun yang menghasilkan panorama yang unik dan eksotis.  Terdapat telaga di dasar air terjun. Airnya begitu jernih dan dingin. Siapapun yang melihatnya pasti tergoda untuk mandi dan berendam.

Air Terjun Gedangan terdiri atas dua air terjun kecil. Untuk beredam di air terjun kedua ini, Traveler harus menuruni bebatuan berwarna hitam kekuningan setinggi kurang lebih 3 meter.  Berendam di air terjun kedua, seolah serasa sedang berendam di bathub alami. Bagaimana tidak, telaga air terjun ini tak begitu luas, dangkal, berbentuk bulat serta dikelilingi bebatuan beragam ukuran. Sungai kecil tepat di bawah tebing pun hampir tak terlihat.

Lokasi : kawasan Dusun Cengkehan, Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Letak air terjun ini berada di sisi timur Makam Raja Imogiri.

Air Terjun Gedangan
Air Terjun Gedangan di Bantul

Air Terjun Cikanteh, Sukabumi

Objek wisata ini terletak di kawasan Geopark Ciletuh. Konon katanya menjadi cikal bakal terbentuknya Pulau Jawa. Suasananya sangat asri dan menyenangkan dengan memiliki ketinggian sekitar 60 meter.  Yah, cukup tinggi dan seru, apalagi debit airnya sangat deras dengan menghasilkan suara gemuruh yang mempesona.

Curug Cikanteh merupakan air terjun yang cukup unik. Mempunyai 3 tingkatan dalam satu area. Dimana, yang paling bawah disebut sodong, kemudian naik ke atas disebut dengan Ngelai. Sementara, untuk yang paling disebut Cikanteh.

Lokasi : terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Air Terjun Cikanteh
Unik dan berkesan di Air Terjun Cikanteh

Air Terjun Kapas Biru, Lumajang

Air Terjun Kapas Biru yang juga kerap disebut Coban Kapas Biru, merupakan salah satu air terjun yang wajib Traveler sambangi.  Ketinggian air terjun ini kira-kira 100 meter dengan sumber mata airnya berasal dari aliran anak Sungai Besukbang/Sungai Lengkong, yang berhulu di lereng Gunung Semeru.  Air Terjun Kapas biru merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Besukbang-Glidik di perbatasan Kabupaten Malang – Kabupaten Lumajang.

Lokasi : terletak di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Air Terjun Kapas Biru berjarak sekitar 51.6 km dari pusat Lumajang.(Niel)