Eksotisme nan Fantastis di Air Terjun Tama’lulua

Air Terjun nan Eksotis Berselimut Hijaunya Bukit

Air Terjun Tama'lulua
Dikelilingi Bukit-Bukit Hijau

Indonesia memiliki air terjun yang bertebaran dari Sabang sampai Merauke. Begitu banyak dan beragam sehingga Traveler pencinta wisata air terjun akan termanjakan, mengeksplore beraneka air terjun.  Seperti Air Terjun Tama’lulua yang terletak di Jeneponto,  Sulawesi Selatan ini.

Air Terjun Tama’lulua sangat istimewa.  Pemandangan alam  di sekitar air terjun ini sangat eksotis, dikelilingi bukit-bukit dan pepohonan yang hijau.  Bisa dibilang, hutannya sangat lebat.  Hal inilah yang menciptakan panorama sekitar air terjun sangat cantik.  Sehingga dari ketinggian nampak jelas pesonanya yang mengagumkan.  Sungguh keindahan alam yang luar biasa menakjubkan!

Air Terjun Tama'lulua
Tebing Curam Jadi Spot Instagramable

Akses menuju Air Terjun Tama’lulua, jika berawal dari kota Makassar, Traveler harus ke kota Jeneponto terlebih dahulu dengan durasi perjalanan sekitar 3 jam, dengan rute perjalanan Kabupaten Gowa-Takalar-Jeneponto.  Lalu ketika sampai di Kota Jeneponto Traveler akan menemui patung kuda besar, kemudian belok kiri dan masuk ke Jalan Kelara. Memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari Jalan Kelara menuju Desa Rumbia.  Dari Jalan Poros Desa Rumbia, memerlukan waktu hanya 5 menit untuk sampai ke tempat parkiran. Nah, dari tempat parkiran ini, Traveler masih harus trekking lagi selama kurang lebih 1 jam untuk sampai ke Air Terjun Tama’lulua.  Selain keindahan Air Terjun Tama’lulua, Traveler juga akan menikmati keseruan Goa Bossolo, yang letaknya tidak jauh dari lokasi air terjun ini.

Menempuh perjalanan ke Air Terjun Bossolo ini, harus ekstra hati-hati karena kondisi jalanan disini cukup terjal dan mendaki hingga mencapai kemiringan 45 derajat.   Butuh kondisi fisik yang prima untuk menjalani trekking ini. Namun demikian, begitu sampai di lokasi, Traveler akan terninabobo dengan pemandangan  air terjun yang sangat indah ini.  Rimbunnya pepohonan yang menyelimuti air terjun ini, menambah kesejukan dan keindahan panorama alam disini.

Air Terjun Tama'lulua
Hutan Lebat menambah Eksotis Pemandangan

Bisa dibilang air terjun ini merupakan salah satu air terjun teristimewa yang terletak di Jeneponto.  Dikenal juga dengan nama Air Terjun Bossolo,  air terjun ini adalah wisata andalan pemerintah Desa Ramba.  Bagi Traveler yang tidak ingin repot mendaki dan menguras tenaga, bisa langsung menuju gazebo di Bukit Bossolo. Ini adalah fasilitas yang telah disediakan oleh Pemdes setempat untuk menikmati air terjun.

Traveler juga dapat menikmati keindahan Air Terjun Tama’lulua dari lokasi yang agak jauh yang ada tulisan Bossolo ini. Tetap harus hati-hati, karena di area ini banyak spot-spot yang instagramable namun sedikit berbahaya, yaitu tebing-tebing curam.  Biasanya Traveler akan terpancing menaiki tebing ini untuk mendapatkan angle yang maksimal untuk pemotretannya.(Niel)