7 Destinasi Top di Wisata Purworejo

Memiliki destinasi wisata yang menarik dari dataran tinggi hingga pantai

Wisata Purworejo
Wisata Purworejo, photo by maheshaevan

Purworejo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di pesisir selatan, berbatasan langsung dengan provinsi DIY dan Kabupaten Kebumen. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan dilewati pegunungan Menoreh, membuat Purworejo memiliki destinasi wisata yang menarik dari dataran tinggi hingga pantai. Kali ini tim redaksi indonesiatraveler.id akan membahas 7 destinasi top wisata Purworejo yang wajib traveller kunjungi.

Gua Seplawan

Gua Seplawan merupakan gua yang terbentuk di Pegunungan Menoreh. Persisnya di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Letaknya berada di wilayah paling timur, bebatasan langsung dengan Yogyakarta. Bagi traveller pecinta alam yang masih pemula, menjelajah Gua Seplawan terbilang aman. Karena pengelola sudah memberikan penerangan di dalam gua dan kondisi medan yang landai.

Di wilayah gua juga terdapat replika arca emas berwujud Dewa Siwa dan Dewi Parwati yang menunjukkan bahwa Gua Seplawan memiliki nilai sejarah yang mahal. Selain menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit di dalam gua, traveller juga dapat melihat keindahan pegunungan di sekitarnya melalui gardu pandang yang tersedia.

Jika menghadap ke timur, traveller akan disuguhkan pemandangan Waduk Sermo yang ada di Kulonprogo. Saat cuaca cerah, traveller dapat menikmati keindahan 5 gunung sekaligus, yaitu Gunung Sumbing, Sindoro, Slamet, Merbabu, dan Merapi.

Wisata Purworejo
Wisata Purworejo, photo by irawan09

Desa Wisata Kaligono

Masih di Kecamatan yang sama dengan Gua Seplawan, traveller dapat melanjutkan perjalanan ke Desa Wisata Kaligono. Di sana terdapat berbagai potensi wisata alam, budaya, agama, dan pariwisata minat khusus. Sebut saja Curug Siklothok, Curug Silangit, dan Curug Sidandang yang dilengkapi dengan kolam renang sehingga traveller bisa berenang sambil sesekali melompat ke bawah air terjun.

Selain potensi alam, Desa Wisata Kaligono juga unggul dalam peternakan dan produksi susu kambing etawa, serta durian berkualitas tinggi. Wisata budaya juga dapat traveller nikmati dengan menyaksikan tarian khas Purworejo, yaitu tari ndolalak di berbagai acara desa.

Wisata Purworejo
Wisata Purworejo, photo by goodanko_official

Curug Gunung Putri

Curug Gunung Putri terletak di Desa Cipedak, Kecamatan Bruno, wilayah Purworejo bagian barat laut. Air terjun alami ini terletak di tengah hutan pinus yang memesona dengan tinggi sekitar 300 meter.

Tumbuhan lumut yang menghiasi dinding curug nampak membuatnya sangat alami dan belum terjamah banyak tangan manusia. Di sana juga terdapat jembatan awang-awang yang sering digunakan pengunjung untuk berswafoto.

Hutan Pinus Kalilo

Masih dengan wisata alam dataran tinggi yang tak kalah memesona, yaitu Hutan Pinus Kalilo. Deretan pohon pinus yang membentang sejauh mata memandang membuat hutan wisata ini terlihat seperti di film Twilight.

Terdapat beberapa deck view selfie yang semakin memudahkan traveller menikmati keindahan alam dari atas. Walaupun letaknya di tengah hutan, traveller tidak perlu takut kelaparan, karena terdapat beberapa warung dan fsailitas umum seperti toilet dan tempat parker yang luas.

Wisata Pantai di Purworejo
Wisata Pantai di Purworejo, photo by tyas_prihandini

Pantai Dewaruci Jatimalang

Pesisir selatan Purworejo selain digunakan untuk bernelayan, keindahan alam di pantai Dewaruci Jatimalang juga tak kalah menarik. Pantai ini dekat dengan bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Sejak pembangunan bandara, pemerintah setempat semakin berupaya untuk membenahi wisata alam di sekitarnya agar menjadi destinasi yang menarik.

Selain debur ombak dan pasir yang memanjakan mata, patung besar ikonik Dewaruci (dewa laut dalam kisah pewayangan Jawa) yang tengah bertarung dengan ular, gagah berdiri di area masuk kawasan pantai.

Pantai Ketawang

Sejajar dengan pantai Jatimalang, terdapat pantai Ketawang yang terletak di ujung barat wilayah kabupaten Purworejo. Pasir pantai yang berwarna gelap dan sangat lembut menjadikannya nyaman dipijak meski tanpa alas kaki.

Keindahan alam seperti Pegunungan Menorah di sebelah timur dan karst Gombong di sebelah barat dapat traveller nikmati sekaligus saat berada di pantai ini. Gazebo yang terdapat di sepanjang bibir pantai memudahkan pengunjung untuk menikmati aroma laut dan keindahan yang membentang.

Wisata Purworejo
Wisata Purworejo, photo by purworejo.terkini

Purworejo Central Park

Selain wisata alam, pusat kota Purworejo juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Purworejo Central Park atau Alun-Alun Purworejo menyuguhkan berbagai fasilitas lengkap yang bisa traveller coba. Selain tanah lapang dengan dua pohon beringin di tengahnya, berbagai fasilitas untuk dinikmati pengunjung seakan lengkap di sini. Dalam satu putaran alun-alun, traveller dapat menikmati berbagai spot foto, seperti patung clorot dan durian, rumah manggis, patung kambing etawa, music corner, fountain, bidak catur raksasa, taman lampion, taman bermain anak, fasilitas olahraga, juga ada fasilitas toilet umum portable untuk kebutuhan pengunjung.

Traveller belum disebut ke Purworejo bila belum berfoto di tulisan Purworejo di pojok alun-alun yang sangat ikonik. Setiap hari Minggu alun-alun ramai akan pengunjung karena ada car free day. Di sekeliling alun-alun, dapat traveller jumpai tempat-tempat penting seperti Masjid Agung Purworejo, kantor bupati, foodcourt, gereja, dan pendopo kabupaten.(NC/IPG)