Wisata Alam Posong di Kaki Gunung Sindoro yang Menghanyutkan

Menyuguhkan keindahan lanskap alam yang mempesona dari ketinggian

Wisata Alam posong, Temanggung
Wisata Alam Posong, photo by Andhy182

Letak geografis Kabupaten Temanggung yang berada di kawasan dataran tinggi, membuat udara disekitar sangat menyejukkan, suasana nyaman, tenang dan indah dengan pemandangan yang menakjubkan. Tak heran hal ini membuat Temanggung memiliki destinasi wisata yang sangat keren dan diminati banyak wisatawan. Apalagi, disini dapat melihat keindahan tujuh gunung langsung di satu tempat dan waktu yang sama.

Wisata Alam posong
Wisata Alam posong, photo by indoflashlight

Gencarnya netizen dalam meramaikan jagat virtual dengan postingan mengenai keindahan wisata alam ini menjadikannya cepat dikenal masyarakat luas. Objek wisata alam ini bernama Wisata Alam Posong. Wisata Alam Posong terletak di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Sindoro dan menyuguhkan keindahan lanskap alam yang mempesona dari ketinggian. Wisata Alam Posong berupa taman yang telah ditata sedemikian rupa dan dilengkapi dengan gazebo, spot foto, bahkan ada flying fox. Traveller juga dapat melakukan camping di sana.

Wisata Alam posong, Temanggung
Wisata Alam Posong, photo by indoflashlight

Wisata Alam Posong terletak di padang safana Kledung yang posisinya diapit Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, disini dapat  melihat keindahan pemandangan pegunungan dan matahari terbit. Waktu yang bagus untuk melihat matahari terbit yaitu antara pukul 05.00 – 06.00 pagi. Objek wisata ini buka pukul 04.00 pagi, sehingga traveller dapat bersiap-siap membawa perlengkapan sendiri seperti jaket tebal dan sarung tangan karena suhu di sana sangat dingin.

Untuk sampai di lokasi wisata alam ini, traveller harus naik kendaraan pribadi dari bawah atau naik ojek yang tersedia, karena akan melewati jalan setapak berbatu dan terjal. Jika kendaraan traveller tidak memadai, disarankan untuk menyewa ojek saja. Banyak tukang ojek wisata yang siap mengantar dengan biaya yang bisa dinego.

Wisata Alam posong, Temanggung
Wisata Alam Posong, photo by indoflashlight

Meskipun untuk menuju ke puncak Posong dibutuhkan perjuangan, namun akan terbayar lunas dengan keindahan hamparan perkebunan tembakau dan matahari terbit di tengah samudera sekaligus pesona tujuh puncak, yaitu Puncak Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing, dan Sindoro.

Jika cuaca cerah, traveller juga dapat menyaksikan matahari terbenam yang membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Traveler juga dapat camping di malam hari untuk menikmati keindahan milky way yang berada persis di atas kita. Pastikan ke sana saat musim kemarau karena ketika musim hujan, banyak kabut yang menghalangi pandangan.

Wisata Alam posong, Temanggung
Wisata Alam Posong, photo by indoflashlight

Bagi traveller yang tidak membawa perlengkapan logistik atau kekurangan bekal, jangan risau karena di sana banyak terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai makanan hangat dan kopi khas Temanggung. Fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung, juga tersedia mushala dan toilet.

Harga tiket masuk wisata alam Posong hanya Rp10 ribu belum termasuk biaya parkir kendaraan. Bagi traveller yang berasal dari luar kota, dapat mengambil rute menuju Secang dan belok kanan menuju alun-alun kota Temanggung dan ambil arah Wonosobo melalui Parakan. Sesampainya di Parakan, lurus lewat jalan menanjak sampai ke Kecamatan Kledung. Ikuti jalan menuju arah Wonosobo, ±6 KM akan traveller temui gerbang wisata alam Posong di kanan jalan. Biasanya banyak petugas yang berjaga di sana dan mengarahkan. (NC/IPG)