Air Terjun Bertingkat di Indonesia Yang Penuh Daya Pikat

Keindahan setiap sudutnya tidak akan menyisakan penyesalan

Sukabumi, Curug Cigangsa
Sukabumi, Curug Cigangsa

Wisata alam air terjun selalu memiliki daya pikat tersendiri. Sensasi yang dihadirkan selalu berbeda dari tiap air terjun. Keindahan setiap sudutnya tidak akan menyisakan penyesalan meskipun Traveler telah bersusah payah melancong ke deretan wisata andalan di Nusantara ini! Model air terjun pun sangat beragam.

Berikut ini, Indonesiatraveler.id menampilkan air terjun bertingkat andalan di Indonesia yang sangat memikat dan menghipnotis banyak Traveler!

Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara

Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat yang kerap dijuluki Niagara Mini di Sulawesi. Terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sulawesi Tenggara, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan mengalir melewati tujuh tingkatan utama. Di samping 7 tingkatan utama tersebut, air terjun ini juga memiliki 60 tingkatan kecil yang sekaligus berfungsi sebagai tempat penampungan air. Keindahan air terjun ini semakin memikat dengan pesona bebatuan yang membentuk tingkatan tersebut. Air Terjun Moramo merupakan tempat berkumpulnya habitat alami aneka burung, kupu-kupu serta berbagai satwa lainnya.

Air Terjun Saluopa, Sulawesi Tengah

Air Terjun Saluopa terletak di sebelah barat kota Tentena, yaitu tepatnya di Tonusu, Pamona Puselemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Keindahan Air Terjun Saluopa benar-benar sangat memukau, dengan daya tarik 12 tingkat yang menakjubkan.  Ditambah ornamen bebatuan alami yang menambah daya pikat air terjun ini, kucuran airnya yang terus mengalis dan berakhir di sungai kecil desa Leboni.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Saluopa, Traveler harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dengan kendaraan bermotor dari Poso. Sepanjang perjalanan, pandangan mata akan dimanjakan dengan pepohonan hijau yang asri serta udara yang menyejukkan.

Bali, Air Terjun Kanto Lampo
Bali, Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo, Bali

Air Terjun Kanto Lampo memiliki keunikan tersendiri yaitu derasnya air mengalir melalui bebatuan hitam bertingkat dengan air yang sangat jernih. Tak heran, jernihnya air di sini membuat siapapun yang melihatnya selalu ingin menikmati kesegaran air terjun ini.

Air Terjun Kanto Lampo unik karena berada di dataran rendah sehingga suhu air terbilang normal dan tidak membuat Traveler kedinginan, namun air nya tetap terasa sejuk menyegarkan. Hati-hati kalau berkunjung kesini dan jaga sikap dan aturan yang ada.  Masyarakat sekitar mensakralkan beberapa sudut tempat tertentu di air terjun ini sebagai tempat suci. Air Terjun Kanto Lampo berada berada di Desa Beng yang berjarak 3 kilometer dari kota Gianyar.

Curug Cigangsa, Sukabumi

Curug Cigangsa merupakan air terjun yang mengambil nama seorang tokoh masyarakat yang terkenal dan disegani, yaitu Eyang Gangsa. Kondisi dan model Air Terjun Cigangsa memiliki struktur bebatuan sangat tegas dengan komposisi berundak-undak seperti tebing.

Akses menuju lokasi air terjun ini bisa dijangkau dengan mudah melalui tol dari Jakarta dan memakan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan.

SulSel, Air Terjun Mata Buntu
SulSel, Air Terjun Mata Buntu

Air Terjun Mata Buntu, Sulawesi Selatan

Air Terjun Mata Buntu memiliki keunikan dan panorama yang menakjubkan. Terbentuk dari undakan batu-batu berukuran sedang yang menciptakan keindahan tersendiri namun bebatuan ini tidak membuat air terjun ini curam. Traveler pun dengan mudah dapat menjelajahi air terjun ini.

Berada di Desa Ledu-Ledu, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Air Terjun Mata Buntu memiliki jembatan yang menjadi tempat andalan wisatawan untuk mengabadikan foto. Untuk mencapai lokasi ini, dari pusat Kota Wasupondo hanya berjarak 4 kilometer saja dan waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat pagi hari di musim kemarau. Banyak yang bilang bahwa Air Terjun Mata Buntu ini merupakan air terjun bertingkat terindah di Indonesia. Benar atau tidak, silahkan Traveler menilai sendiri!

Papua, Air Terjun Karmon Biak
Papua, Air Terjun Karmon Biak

Air Terjun Karmon Biak, Papua

Papua pun juga menyimpan air terjun yang sangat indah. Yaitu Air Terjun Karmon Biak dengan memiliki ketinggian 30 meter air yang mengalir deras. Keindahan air terjun ini tercipta dengan adanya dua sisi yang berundak-undak, hal ini membuat pemandangan begitu takjub dan memanjakan mata. Yah, menenangkan pikiran di tempat yang berlokasi di Karmon, Yawosi, Kabupaten Biak Numfor, Papua ini adalah pilihan paling tepat karena belum banyak pengunjung yang datang memenuhi air terjun. Lingkungan alamnya yang masih alami dan udaranya yang sangat segar, membuat Traveler ketagihan untuk datang dan datang lagi!

So, air terjun yang mana dulu yang siap di eksplore? Berangkaattt!!(Kuniel)