Spot-Spot Wisata di Pulau Enggano

Mulai dari wisata pantai, danau, hingga hutan tropis nan lebat

Pantai Telapak Kaki Batu Layar
Pulau Enggano, Pantai Telapak Kaki Batu Layar photo by @Akumancing

Keindahan alam Pulau Enggano memang tak dipungkiri lagi. Merupakan salah satu pulau di sebelah barat Pulau Sumatera yang berada di Samudera Hindia ini, menyimpan banyak destinasi wisata di dalamnya yang patut di eksplore. Destinasi wisata di Pulau Enggano sangat beragam, mulai dari wisata pantai, danau, hingga hutan tropis nan lebat. Bahkan, di pantai, danau dan hutan itu pun juga banyak spot-spot wisata yang seru untuk dieksplore. Apa saja spot-spot wisata di dalam Pulau Enggano? Indonesiatraveler.id berhasil menghimpun berbagai tempat asyik di sini, yuk simak!

Pulau Enggano, Batu Lubang Pantai Koomang
Pulau Enggano, Batu Lubang Pantai Koomang

Keunikan Pantai – Pantainya

Pantai Koomang memiliki sebuah goa yang sangat unik, yang terbentuk di salah satu dinding karang yang didalamnya ada laguna kecil dengan air yang jernih. Seru untuk berenang dan pastinya berfoto ria.

Pantai Humo dengan kekayaan ekosistem lautnya yang indah, juga memiliki tubiran, sebutan masyarakat setempat untuk tumpukan karang yang membentuk titian yang memanjang ke laut.

Pantai Eska memiliki panorama pantai yang indah dan cantik, pasir pantainya yang putih bersih, berjajarnya pepohonan nan hijau di pinggiran pantai membuat Pantai Eska begitu sempurna. Terumbu karangnya nyaris tidak pernah mengalami kerusakan dan masih alami yang dihuni ikan-ikan kecil berwarna-warni.

Pantai Kaana merupakan pantai lepas yang memiliki mangrove, menjadi spot yang keren.

Pantai Malakoni, selain memiliki keindahan pantai dengan pasir pantainya yang cukup luas, juga ada cagar budaya yaitu bunker Jepang, posisinya tepat berada di pinggir Pantai Malakoni.

Pulau Enggano, Pantai Ujung Batu
Pulau Enggano, Pantai Ujung Batu photo by IG of Sonykusumo

Pantai Ujung Batu berada di ujung utara Pulau Enggano dengan memiliki banyak batu karang yang berada di pinggir pantai, tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil yang berwarna-warni. Snorkeling menjadi aktifitas wajib untuk menikmati biota laut yang ada di tempat wisata di Bengkulu Utara ini, atau berenang di pinggiran pantai akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Hal yang menarik lainnya, batu yang menjorok ke arah laut membentuk seperti tanjung kecil dengan beberapa tanaman yang tumbuh di atasnya.

Pantai Kahyapu cocok bagi Traveler yang gemar melakukan kegiatan olahraga air, seperti surfing. Pantai di Kahyapu ini memang sudah lama terkenal akan ombaknya yang besar dan cocok dijadikan sebagai tempat surfing. Traveler dapat menginap di pondok surfing yang di bangun di sekitar pantai.

Beragam Pulau Eksotis

Pulau Dua, merupakan salah satu pulau kecil yang berada tidak jauh dari Pulau Enggano, dengan luas tidak lebih dari 40 hektar dengan  jarak tempuh hanya 20 menitan dari pelabuhan yang ada di Desa Kahyapu, Pulau Enggano. Panorama pulau ini dipenuhi dengan pohon kelapa. Kelebihan pulau ini, memiliki keindahan bawah lautnya yang benar-benar membuat para penyelam jatuh hati.

Pulau Mega  juga merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang menjadi bagian dari Pulau Enggano juga. Pulau Mega tidak berpenghuni yang hampir sama dengan Pulau Merbau, namun memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan masih sangat asri. Selain keindahan pantainya ini, potensi keindahan alam bawah lautnya juga sangat mempesona.

Pulau Merbau juga merupakan pulau yang tidak berpenghuni dengan memiliki luas 5 hektar.  Pulau Merbau memiliki pantai yang sangat cantik yang dipenuhi deretan pohon kelapa. Pulau Merbau juga memiliki keindahan alam bawah lautnya yang mempesona.

Taman Buru Gunung Nanu’a

Taman Buru Nanu’a adalah hutan tropika tanah rendah sampai pantai, yang juga tempat habitat sapi dan kerbau liar. Luas Taman Buru Gunung Nanu’a sekitar 7.271 Ha. Dalam perjalanan menuju lokasi, Traveler dapat menyalurkan hobi memancing juga menikmati keindahan karang di Tanjung Kaholbi.

Pulau Enggano, Danau Bak Blau
Pulau Enggano, Danau Bak Blau photo by IG of Randiipanduprayetno

Cagar Alam Sungai Bahewo

Cagar Alam Sungai Bahewo merupakan suguhan hutan nan asri yang memanjakan pandangan mata. Traveler pun dapat menikmati panorama hutan dengan berbagai flora di dalamnya dengan cara menyusuri Sungai Bahewo yang cukup eksotis.

Danau Bak Blau

Danau Bak Blau sungguh unik, meskipun terhubung langsung dengan laut tapi rasa airnya manis bukan asin. Lokasi Danau Bak Blau tepatnya berada di Kecamatan Enggano, Desa Meok tepatnya di Dusun Tiga. Bak Blau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai mata air berwarna biru, seperti aslinya danau ini memang berwarna biru jernih.

Tebing Pakiu

Lokasinya berada di sebelah Barat Daya Pulau Enggano dan juga dekat dengan Pantai Koomang. Menurut sejarah, pada masa penjajahan Jepang, area di Tebing Pakiu ini digunakan sebagai benteng pertahanan tentara Jepang. Hal ini juga diperkuat masih ada sisa-sisa bunker tentara Jepang di dalam hutan. Dan bagi para pecinta panjat tebing, memanjat Tebing Pakiu akan merasakan sensasi yang berbeda. Di Tebing Pakiu juga ada camping ground. Bagi Traveler yang ingin merasakan malam di Pulau Enggano dapat kemping disini.

Teluk Berhau

Teluk Berhau memiliki kontur pantainya yang landai.  Panorama disini sangat asri karena banyak pepohonan yang rindang berjajar di sepanjang pantai Teluk Berhau. Malah banyak juga pohon-pohon yang berdiri di tengah pasir pantai namun dalam kondisi mati tapi tetap berdiri tegak. Hal ini menjadi pemandangan eksotis yang alami.

Teluk Labuho

Berada di sebelah selatan Pulau Enggano, dan untuk mengunjungi lokasi Teluk Labuho ini, Traveler harus menyewa perahu nelayan. Teluk Labuho sangat keren, dengan tebing terjal yang cukup tinggi serta hijaunya tanaman seakan menyelimuti tebing terjal ini. Pantainya yang tidak terlalu lebar di balik tebing tinggi memberikan nuansa yang sangat eksotis. Pesona senjanya sangat cantik, terutama ketika matahari berada di balik tebing, menyiratkan romantisme alam yang sempurna. Sudah pasti bisa menjadi spot selfie yang sangat eksotis. Traveler juga bisa bersnorkeling ria ketika berada di tempat wisata di Bengkulu Utara ini.

Danau Bak Blau

Daya tarik dari danau ini tidak hanya tergambar dari warna airnya saja, tapi juga rasa airnya. Perlu diketahui, danau ini terhubung langsung ke laut namun rasanya sama sekali tidak asin. Di sini, Traveler bisa bebas bermain-main air di area Danau Blak Blau yang cantik.

Hutan Cagar Alam Teluk Klowe

Hutan lindung Cagar Alam Teluk Klowe merupakan hutan yang di dominasi oleh pepohonan mangrove yang umurnya sudah sangat tua. Traveler dapat trekking di area yang lebih dalam untuk menikmati flora dan fauna langka yang ada di Pulau Enggano ini.

Goa Karst Pulau Enggano

Pulau Enggano ternyata juga memiliki sebuah goa yang tidak kalah indahnya, namanya Goa Karst Pulau Enggano. Meski belum banyak yang diketahui tentang goa ini, namun keberadaannya tentu menjadi bukti bahwa kekayaan alam yang dimiliki Pulau Enggano ini memang tiada duanya.(Niel)