Terhipnotis Keindahan Scala dei Turchi

Menawarkan keindahan alam berupa hamparan tebing putih yang sangat mempesona

Scala dei Turchi,Italia
Scala dei Turchi,Italia, photo by Decomurale inc

Scala dei Turchi adalah tempat wisata yang sangat terkenal di Sisilia Selatan, Italia. Scala dei Turchi merupakan tebing batu kapur putih nan berkilau yang sangat indah dan sedap dipandang. Tebing ini terlihat berundak-undak seperti tangga yang terletak di bibir laut.  Pantai cantik di Italia ini hadir dengan menawarkan keindahan alam berupa hamparan tebing putih yang sangat mempesona.

Tebing putih ini terletak di sepanjang bentangan laut antara Realmonte dan Porto Empedocle (Agrigento). Agrigento merupakan salah satu kota tertua di Sisilia yang terkenal sebagai kota kuil. Dengan banyak arsitektur bersejarah seperti Kuil Doric menjadikan tempat ini magnet bagi tidak hanya bagi para pecinta alam tetapi juga sejarah.

Scala dei Turchi,Italia
Scala dei Turchi, photo by Italian Institute

Batuan pada tebing Scala dei Turchi ini terbuat dari marl, batuan sedimen dengan karateristik warna putih berkilau. Tebing yang tampak bertingkat seperti tangga di Italia ini terbentuk akibat proses alam yang membentuknya.

Dengan hamparan laut hijau bersih berkilau, saat menaiki undakan ini selangkah demi selangkah, Traveler akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan, pikiran pun menjadi fresh kembali. Warna jernih birunya laut, tampak makin bercahaya dengan berbenturan oleh deretan tebing putih yang mempesona. Yah, birunya laut yang terkesan sangat pekat, kontras dengan kilaunya putih tebing, menciptakan lukisan alam yang sangat indah. Sambil duduk di tangga-tangga, Traveler pun akan mengagumi pesona laut ini tiada henti.

Scala dei Turchi,Italia
Scala dei Turchi, photo by YouTube

Dalam bahasa Italia, ‘Scala dei Turchi’ memiliki arti tangga orang Turki. Namanya sendiri diambil dari kisah invasi para bajak laut Turki dan bentuk tebingnya yang tampak seperti tangga. Konon, banyak bajak laut asal Turki berlabuh disamping tebing untuk menjarah daerah-daerah disekitarnya.

Jadi siapa pun yang melihat tebing ‘Scala dei Turchi’ seperti melihat tangga berwarna putih yang menurun dari bagian atas tebing menuju ke bawah, hamparan pasir putih nan landai. Menghadap ke laut, tebing ini juga memiliki pantai yang cantik di bawahnya. Tak heran, Traveler yang datang pun tidak jarang banyak menghabiskan waktu untuk berjemur di pantainya, menikmati hangatnya matahari Italia, sambil memandangi keindahan alam yang terbentuk selama jutaan tahun ini. Selain itu, para pengunjung pun bisa mandi lumpur dengan tanah marl yang masih basah. Atau bermalas-malasan dengan bersandar di salah satu bagian tebing atau melompat dari tebing Scala dei Turchi, semua ini merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Scala dei Turchi,Italia
Scala dei Turchi, photo by Visit Sicily

Ketika sore datang, traveler juga bisa mendaki tebing dan melihat indahnya sunset yang turun perlahan ke Laut Mediterania dari ketinggian. Proses tenggelamnya matahari memang banyak dinanti para pengunjung. Gradasi warna yang terpantul semakin elok, semburat silver berkilau di tengah birunya laut, akibat pantulan deretan tebing putih kepada birunya laut, sungguh sangat eksotis.

Untuk menjangkau lokasi Scala dei Turchi, Traveler dapat melakukan perjalanan darat yang memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam dari Kota Palermo. Jangan khawatir, akses menuju Scala dei Turchi terbilang lengkap, jadi sangat mudah untuk menemukannya. Saat ini, Scala dei Turchi adalah salah satu tempat wisata paling populer di Sisilia. Banyak wisatawan berkunjung ke tempat yang indah ini untuk melihat tebing batu dengan warna putihnya yang tidak biasa ini. (Raditya/berbagai sumber)