Air Terjun Kosan Tinggang, Surga Tersembunyi di Kampung Nyaribungan

Air Terjun Kosan Tinggang, Surga Tersembunyi di Kampung Nyaribungan
Pesona Air Terjun Kosan Tinggan Begitu Memikat

Air Terjun Kosan Tinggang lokasinya berada di Kampung Nyaribungan, Kecamatan Laham, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.  Air terjun ini begitu menakjubkan.  Air Terjun Kosan Tinggang merupakan bagian dari Sungai Daton yang terbelah dua sehingga menciptakan dua air terjun dengan dua karakter yang berbeda.  Yang satu karakternya cukup besar, dengan memiliki 4 tingkat dan menghasilkan suara gemuruh yang begitu membahana, serta memiliki warna air yang agak keruh.  Sementara yang satunya lagi karakternya agak kecil namun menjulang tinggi dengan airnya yang tampak terlihat lebih jernih.  Airnya seperti bertingkat-tingkat kala menuruni tebing berbatu. Namun, kedua karakter air terjun ini kemudian bersatu di bawah.

Pemandangan sekitar air terjun sangat istimewa dan menakjubkan.  Suara gemuruh air jatuh, membuat siapa pun yang datang ke objek wisata ini merasa terpukau.  Debit air yang sangat deras ini, seolah-olah bak air bah yang datang dari atas, begitu kencang laju air mengalir serta menghasilkan suara gemuruh air yang sangat tinggi.  Sampai-sampai, orang berteriak di sekitar air mengalir ini, tidak terdengar lagi.

Air Terjun Kosan Tinggang, Surga Tersembunyi di Kampung Nyaribungan
Debit Airnya Sangat Deras dan Bergemuruh

Air Terjun Kosan Tinggang berada dalam kawasan Kampung Nyaribungan di Laham, dan menuju kampung ini akses perjalanannya masih cukup sulit.  Otomatis, Traveler yang ingin melihat langsung kemegahan Air Terjun Kosan Tinggang juga harus berjibaku keras, mencapai lokasi air terjun.

Air Terjun Kosan Tinggang dapat di akses melalui jalur air dan darat.  Berangkat dari ibu kota Kecamatan Laham akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam melalui jalur darat dan 8 jam melalui jalur sungai Ratah untuk mencapai kampung Nyaribungan.

Kemudian perjalanan dari Kmpung Nyaribungan ke lokasi air terjun, harus menempuh jalur sungai lagi dengan menggunakan perahu ketinting yang memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam, untuk mencapai persinggahan perahu.

Begitu sampai di Kampung Nyaribungan, Traveler masih harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun.  Namun sebelumnya, sudah menjadi peraturan adat lokal, setiap pendatang atau warga setempat yang ingin berkunjung ke Air Terjun Kosan Tinggang, terlebih dahulu membuat ritual bayar hajat.  Upacara adat ini dipimpin seorang tokoh spiritual kampung setempat.

Air Terjun Kosan Tinggang, Surga Tersembunyi di Kampung Nyaribungan
Menyatunya Dua Air Terjun yang Berbeda Karakter, Photo by Kaltimkece

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Kosan Tinggang yang letaknya cukup tersembunyi di dalam hutan belantara ini, dari kampung Nyaribungan dilakukan dengan berjalan kaki. Dan sebaiknya, untuk kenyaman, Traveler disarankan menggunakan jasa guide dari penduduk setempat. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 3 jam pada kondisi jalan santai, dengan melintasi hutan belantara untuk mencapai lokasi.

Pemandangan Air Terjun Kosan Tinggang memang sangat istimewa dan penuh daya pikat. Siapa pun yang menyaksikan kemegahan air terjun ini, akan terpukau takjub.  Melihat langsung keindahan air terjun yang terjadi akibat aliran air sungai yang terbelah dua bak melahirkan air terjun kembar dengan karakter berbeda. Suara gemuruhnya yang begitu hebat serta debit airnya yang sangat deras, membuat suasana begitu menakjubkan.  Inilah keindahan dan kemegahan Air Terjun Kosan Tinggang, surga tersembunyi di Kampung Nyaribungan!(Rafa)