Pantai Kasap, Raja Ampat-nya Pacitan

Pantai Kasap, Raja Ampat-nya Pacitan
Menikmati Panorama Raja Ampatnya-Pacitan, Photo by @rafikah.hidayah

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, yang memiliki banyak pantai dengan beragam keindahannya.  Salah satunya adalah Pantai Kasap, dengan keunikannya yaitu mirip dengan panorama Raja Ampat.

Keindahan Pantau Kasap dihiasi dengan sebaran batu karang yang terlihat begitu cantik.  Hamparan pasir putihnya yang meskipun tidak terlalu lebar, menambah daya tarik pantai ini.  Apalagi suara ombak yang memecah, ketika menerpa karang-karang yang berada di sekitar pantai, menciptakan suasana menjadi begitu menghanyutkan.  Yah, pantai ini memiliki karakteristik berkarang, berpasir putih dengan deburan suara ombak yang cukup keras.

Pantai Kasap, Raja Ampat-nya Pacitan
Garis pantainya sempit namun tetap memikat

Untuk menikmati view yang menyerupai panorama keindahan Raja Ampat, Traveler harus menaiki bukit yang berada di sebelah pantai dengan melewati jalan setapak.  Begitu berada di atas bukit, pandangan mata pun langsung tersirap menyaksikan keindahan yang begitu menakjubkan, panorama alam yang terlukis dengan beberapa pulau kecil yang ada di tengah laut. Mulai dari bukit-bukit yang menghiasi laut biru, indahnya Pantai Kasap yang bertaburkan pasir putih, serta Pantai Bercak yang menakjubkan dengan hiasan bukit besar di kedua sisi pantainya. Juga terlihat ombak yang cukup besar menerjang bukit-bukit tersebut sehingga menimbulkan cipratan air yang indah. Traveler dapat melihat semua ini di sebuah gardu pandang yang berada di Puncak Kasap. Sungguh merupakan sebuah frame pemandangan yang sangat cantik, sangat indah dan penuh pesona.

Pantai Kasap, Raja Ampat-nya Pacitan
Sunset nan Memikat, Photo by @trikharena

Sebenarnya, Pantai Kasap memiliki garis pantai yang cukup sempit, dengan berbentuk teluk berpasir melengkung dan diapit tebing pada sisi kiri dan kanan.  Pantai ini pun masih tergolong alami.  Namun, semua ini menjadikan Pantai Kasap menjadi pilihan asyik untuk me-refreh pikiran dan melepas kejenuhan yang telah memenuhi pikiran.  Di tepi pantai ini, Traveler dapat bersantai sambil merasakan semilirnya angin menerpa wajah, memandang dan menikmati deburan ombak pantai selatan. Jika menghabiskan waktu hingga sore hari, kecantikan sunset di Pantai Kasap wajib untuk dinikmati, lho!  Karena, prosesi sang surya yang siap menuju peraduan, menciptakan panorama senja begitu indah dan sangat memikat.

Keseruan lainnya yang dapat dinikmati yaitu, banyaknya spot-spot foto kekinian yang dapat dijadikan latar photo untuk beragam aksi di puncak Kasap ini.  Traveler dapat berfoto dengan latar gerbang puncak Kasap yang terbuat dari tumpukan dahan serta akar kayu, atau memilih berselfi di gardu pandang, serta banyak lagi sudut-sudut unik lainnya yang menghasilkan gambar yang instagramable.

Pantai Kasap, Raja Ampat-nya Pacitan
Ombak yang menerjang bukit karang menjadi pemandanan yang mengasyikkan

Pantai Kasap berada di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  Lokasi ini masih satu jalur dengan Pantai Watu Karung dan Pantai Bercak. Untuk mencapai lokasi Pantai Kasap, Traveler harus melakukan perjalanan dari Pacitan melalui jalur yang menuju Pantai Watu Karang.   Perjalanan ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dengan jarak kurang lebih 26,5 kilometer.  Saat tiba di gerbang pintu masuk Pantai Watu Karang, lanjutkan terus perjalanan dengan mengikuti papan petunjuk arah lokasi Pantai Kasap.  Dari parkiran mobil, Traveler masih melanjutkan perjalanan menuju Pantai Kasap sepanjang kurang lebih 500 meter dengan berjalan kaki.(Puteri)