Beragam Kenikmatan di Pantai Bandengan Jepara

Pantai dengan ciri khas berpasir putih ini banyak dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Photo by Kanal Budiarto

Awalnya pantai ini bernama Pantai Tirto Samudro atau Pantai Klein Scheveningen, namun karena namanya kurang begitu dikenal, akhirnya nama pantai ini berubah menjadi Pantai Bandengan, nama yang sesuai dengan tempat dimana pantai ini berada, yaitu Desa Bandengan. Pantai Bandengan merupakan salah satu pantai di Jepara Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Jepara, Jawa Tengah. Terletak kurang lebih 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara, pantai dengan ciri khas berpasir putih ini banyak dikunjungi wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam.

Tempat ini awalnya dikelola oleh masyarakat. Tetapi pada tahun 1987 pengelolaan kawasan ini diambil oleh pemerintah. Pantai Bandengan memang menjadi salah satu tempat favorit masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu liburan. Dan menjadi tempat alternatif di kala Pantai Kartini terlalu penuh.

Photo by Atikerinawt

Keindahan panorama Pantai Bandengan sudah langsung dirasakan ketika pertama kali menginjakan kaki di gerbang pintu pantai. Keindahannya benar-benar menakjubkan. Tak heran banyak yang berkomentar bahwa keindahan Pantai Bandengan tidak kalah bersaing dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

Di kawasan pantai terdapat pepohonan yang tinggi menjulang, angin sepoi-sepoi, dan bersih tidak ada sampah, serta suasananya yang tenang sehingga bisa untuk melepaskan penat karena pekerjaan sehari-hari. Pantai Bandengan memiliki pasir putih yang lembut, serta ombak yang cukup ganas. Bahkan pantai ini pernah ditutup sementata ketika ombaknya terlalu ganas dan membahayakan.

Photo by Jeparasquad

Aktivitas yang bisa traveler lakukan di sini adalah bermain pasir, voli pantai, berenang, dan sekadar bersantai menunggu matahari yang kan tenggelam atau kan terbit. Selain menjanjikan panorama nan indah, di Pantai Bandengan telah tersedia bermacam-macam wahana, seperti banana boat yang dapat di sewa dengan harga Rp. 50 ribu. Bayangkan, berada diatas banana boat dan merasakan sensasi membelah ombak pantai…

Wahana lainnya yang seru juga dicoba yaitu jetski dengan harga sewa Rp. 50 ribu. Traveler dapat berlatih olahraga tersebut dengan didampingi trainer profesional. Ada juga Atv Rp. 30 ribu per 15 menit, serta perahu kano dengan harga sewa Rp. 25 ribu. Sedangkan tiket masuk pantai sekitar Rp. 10 ribu.

Photo by Runrundavid

Pantai Bandengan juga sering menyelenggarakan festival atau acara-acara menarik lainnya, seperti festival layang-layang, motorcoss, dan masih banyak lagi. Berlibur bersama keluarga di pantai ini akan memberikan suasana yang menyenangkan sekaligus mengesankan! (AS/IPG)