Ragam Kebun Teh di Indonesia yang Menakjubkan

Selain bisa menikmati udara segar khas pegunungan, deretan kebun teh ini juga menawarkan pengalaman yang unik.

photo by pasundan.id

Suntuk WFH di rumah? Indonesiatraveler.ID punya rekomendasi beberapa kebun teh cantik di Indonesia yang bisa traveler kunjungi setelah pandemi covid-19 selesai. Selain bisa menikmati udara segar khas pegunungan, deretan kebun teh ini juga menawarkan pengalaman yang unik. Yaitu berkeliling menembus kebun teh.

Selama berkeliling kebun teh, traveler tidak hanya bisa mengenal lebih jauh jenis teh yang ditanam dan berfoto-foto. Tetapi juga berinteraksi dengan para petani untuk mengetahui proses dari pemetikan daun teh sebelum diolah.
Indonesia sendiri punya banyak banget kebun teh yang cocok traveler kunjungi. berikut 3 rekomendasi kebun teh di indonesia yang di rangkum dari berbagai sumber.

Bukit Kemuning, Karanganyar

Eksotisme alam bisa traveler temukan 40 kilometer dari kota Solo. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, Kebun Teh Kemuning di desa Kemuning, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar siap memanjakan liburan traveler bersama orang terdekat. Hamparan luas kebun teh hijau berjajar rapi mengitari bukit Ngargoyoso beradu serasi dengan suhu udara sejuk berkisar 21 derajat di siang hari. Mirip banget dengan Kebun Teh di Puncak Bogor, Kebun Teh Kemuning terasa jauh lebih sunyi lantaran namanya belum terlalu dikenal masyarakat luas.

Malino, Makassar

Terletak di sekitar Makassar, Malino Highlands menawarkan sensasi wisata alam ala dataran tinggi dengan hamparan kebun teh di sekitarnya. Tidak hanya itu, Traveler juga bisa bersantai di sebuah kafe yang cantik yang berada di tengah-tengah dengan view luas serta mengesankan. Kalau belum cukup, beberapa spot tersembunyi seperti air terjun hingga arena cross country juga bisa traveler temukan demi memenuhi hasrat petualangan.

Malino Highlands menghadirkan sebuah kafe cantik di tengah, Green Cafe Pekoe. Di tempat ini, traveler bisa menyeduh dan menikmati sendiri teh hijau dan hitam sehat yang tidak akan traveler temukan di tempat lain, tentu saja dengan camilan hangat seperti pisang dan roti bakar.

KebunTeh Butong, Simalungung

Di Kawasan Simalungung, traveler akan menemukan sebuah kebun teh yang sangat sejuk, Kebun Teh Butong. Selain asyik untuk berfoto ria di lokasi kebun, juga bisa menikmati suasana di pinggiran jalan kebun dengan menggelar tikar sembari menikmati makan minum bersama teman, kerabat dan keluarga.

Ada buah tangan yang bisa dibawa dari wisata kebun teh Bah Butong, yakni daun teh dalam kemasan bungkusan. Di sana bisa ditemukan penjual yang berjalan-jalan di sekitar lokasi atau bisa juga membelinya di sebuah lapak kecil yang berada di pintu masuk kebun teh.(DT)