Berburu Kuliner Halal di Korea

Rekomendasi kuliner halal di Korea.

Korean Food,
bulgogi-set

Korea Selatan memang jadi destinasi wisata utama bagi banyak masyarakat Indonesia. Tempat-tempat wisatanya yang mengagumkan serta keindahan lainnya memang sangat memikat. Ketika saat di Korea, biasanya ingin mencicipi hidangan khas Korea, tetapi wisatawan muslim kebanyakan harus gigit jari karena cukup bingung mendapat resto yang menyajikan makanan khas Korea yang halal. Sekalipun ada rumah makan khas Korea yang tidak menyajikan daging babi, para wisatawan muslim tetap cemas terutama terhadap menu yang mengandung daging tak halal (sapi ataupun ayam). Nah, buat yang mencari rekomendasi kuliner halal di Korea, coba simak ulasan berikut ini, ya!

Korean Food
EID Halal Resto

EID – Halal Korean Food

EID-Halal Korean Food merupakan salah satu resto yang berlabel halal di Itaewon. Makanan khas Korea nan halal tersedia di resto ini, seperti Bibimbap, Bulgogi, Saengseon gui (Ikan panggang), Samgyetang (sup ayam gingseng), ayam kecap dan lainnya. Menu yang tersedia di sini tidak terlalu banyak tapi rasa setiap masakan yang disajikan sangat enak dan otentik.

Lokasi resto ini memang agak masuk ke dalam gang dekat dengan mesjid di Itaewon. Pelayanannya sangat ramah sehingga membuat pengunjung betah untuk datang dan datang lagi. Apalagi semua masakan disini dijamin halal seratus persen. Resto ini pun telah mendapatkan sertifikasi halal dari KMF (Korea Muslim Federation).

Restoran ini didirikan oleh sepasang suami istri asli Korea yang menjadi mualaf dan membangun restoran bersertifikat halal di Korea. Tentunya semua masakan di restoran ini telah diproses sesuai dengan prosedur halal, serta menggunakan bahan yang bebas dari unsur haram. Meskipun mengedepankan menu halal, restoran Eid tetap mempertahankan cita rasa masakan khas Korea dalam menu-menu mereka, dengan harga makanan berkisar antara 8.000 hingga 12.000 won. Tidak hanya disuguhkan berbagai menu lezat, pengunjung akan disambut ramah oleh pemilik restoran ini, membuat para pengunjung merasa seperti sedang menyantap makanan di rumah sendiri.

Restoran Eid yang berada di daerah Itaewon, tepatnya di 67, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul, buka pada hari Selasa hingga Minggu, mulai dari jam 11:30 hingga jam 21:00 KST. Hari senin libur.

Makan Halal Korean Restaurant

Makan Halal Korean Restaurant mirip dengan EID, restoran sederhana ini menyajikan hidangan lokal Korea seperti bulgogi, dakdoritang (ayam rebus pedas), mulnaengmyeon (mie dingin), dan masih banyak lagi. Restoran yang dibuka sejak tahun 2015 ini, juga terletak di Itaewon. Jika Traveler tidak memiliki waktu untuk makan di restoran, jangan khawatir! Halal Korean Restaurant juga menyediakan dosiraks (paket makan siang Korea) untuk dibungkus.

Jadwal buka resto berlangsung dari hari Rabu sampai Senin dari pukul 10.30 – 22.00 KST dan tutup pada hari Selasa.  Kisaran harga makanan disini mulai dari 8.000 won. Alamat lengkap Halal Korean Restaurant adalah 52, Usadan-ro 10 gil, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan 140-911.

Korean Food,
Halal Kitchen Resto

Halal Kitchen

Traveler yang sedang berkunjung ke Gyeongbokgung atau ke Bukchon Hanok Village, bisa mengisi perut di rumah makan Halal Kitchen. Resto ini menyajikan sajian makanan khas Korea. Mulaim operasional sejak tanggal 1 Oktober 2017 lalu, restoran yang berlokasi di Jalan Samcheong (Samcheong-ro), selalu ramai di kunjungi pemburu kuliner.

Tidak saja menu masakannya yang mengundang orang untuk datang, tetapi bentuk bangunan resto yang bergaya hanok (rumah tradisional Korea), menarik untuk didatangi. Menu makanan yang disediakan antara lain japchae, tteokbokki, dakgalbi-deopbab, dan masakan khas Korea lainnya.

Bagi yang ingin menjalankan ibadah shalat, Halal Kitchen juga memiliki musholla untuk digunakan oleh para pengunjung. Resto yang beralamat di 86-4 Samcheong-ro, Jongno-gu, Seoul ini memiliki jam operasional 11.00-21.00 KST dan tutup hanya setiap  hari Selasa saja.

Korean Food
Busan Jib Resto

Busan Jib Restaurant – Halal

Terletak di jalan-jalan Myeongdong, Busan Jib resto menyajikan masakan Korea otentik yang lezat dengan menggunakan daging yang sudah bersertifikat halal. Bahkan jika kamu bukan orang yang suka makan daging, restoran ini juga menyajikan hidangan makanan laut yang sama lezatnya! Pastikan untuk mencoba sup seafood pedas dan cabe sotong (cumi cumi). Jika merasa sedikit rindu dan ingin makanan ‘Melayu’, bisa mencoba ikan bakar dan asam pedas.

Resto yang beralamat di  11-4, 8 Myeongdong-gil, Jung-gu, Seoul 04536 South Korea ini, memiliki jam operasional dari pukul  10 pagi sampai 10 malam setiap hari.

Murree Muslim Food

Murree Muslim Food merupakan restoran India/Pakistan yang menyajikan makanan Timur Tengah dengan bahan makanan yang halal. Selain makanan timur tengah, resto ini juga menyajikan beberapa makanan khas Korea yang dibuat dengan bahan makanan yang halal. Beberapa menu yang rekomen untuk di coba yaitu Tandoori & Pizza, Tandoori BBQ, Kari, Bulgogi (daging sapi yang diasinkan), dan Dakdoritang (daging ayam).

Restoran ini menyajikan makanan India dengan yang harga yang relatif lebih murah dibanding dengan restoran sejenis lainnya. Service nya pun sangat memuaskan karena para pelayannya sangat ramah. Restoran ini terletak di 21 Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan.

Korean food, halal guys
Korean food, halal guys

The Halal Guys

Awal mula resto ini adalah dari sebuah food truck asal Amerika Serikat, The Halal Guys yang membuka cabang waralabanya di Negeri Ginseng ini. Namun, disini dibukanya bukan dalam rupa food truck, melainkan berupa restoran.

The Halal Guys menjual kuliner khas Mediterania. Salah satu menu andalannya yakni platter.  Menu yang disajikan berisi nasi, sayuran, roti pita, white sauce, serta gyro (daging sapi ala kebab yang diiris kecil). Resto ini ada di 2nd Floor 187 Itaewon-ro Itaewon-Dong, Yongsan-Gu, Seoul 04350 South Korea. (Nil/Berbagai sumber)