The Beaches of Madura Island

Panoramanya sangat cantik dan indah dipandang.

Madura, pantai madura
photo by Asdzulk

Pandemik covid-19 memang belum berakhir, tapi tidak menyurut para Traveler untuk mencari info seputar wisata di Indonesia. Menjadi hiburan kala WFH (work from home) sekaligus daftar acuan untuk kelak bisa wisata kesana.

Indonesiatraveler.id berikut ini mengangkat keindahan pantai-pantai di Pulau Madura yang sangat memukau. Pulau Madura memang lagi hits untuk dieksplor. Keberadaan pantai-pantainya sangat menarik perhatian, apalagi pulau-pulau kecil berpasir putih di sekitar Pulau Besar Madura ini sangat cantik dan indah dipandang. Simak berikut ini beberapa pantai yang bisa jadi referensi untuk berlibur kelak!

Madura, Pantai Mamburit
Pantai Mamburit

Pantai Mamburit

Sesuai dengan namanya, pantai ini terletak di Pulau Mamburit, Sumenep Madura. Pulaunya tidak begitu luas namun terasa nyaman karena keanekaragaman suku yang ada di sana sangat kompak. Menikmati keseruan di pantai ini dengan berbagai kegiatan seperti mengelilingi pulau dengan naik kapal, lalu menikmati keindahan bawah laut dengan bersnorkling ria. Jangan lupa untuk menyaksikan keseksian sang matahari untuk tenggelam perlahan meninggalkan bumi pertiwi. Semburat sinar jingganya membuat panorama senja semakin indah.

Madura, pantai badur
pantai badur

Pantai Badur

Keindahan Pantai Badur yang berpasir coklat dan ombaknya yang tenang, menjadi tempat nyaman untuk menghabiskan waktu senggang. Lokasi pantai nan eksotis ini berada di desa Juruandaya, yang masih masuk wilayah Kecamatan Batuputih, Sumenep.

Pantai Badur lokasinya memang tidak terlalu mencolok, bahkan terkesan agak terpencil. Namun, keseruan tak terkira akan puas dirasakan disini. Traveler akan merasa nyaman bermain puas digulung-gulung ombak seharian, karena suasana pantainya yang tidak terlalu ramai.

Pantai Slopeng

Penataan Pantai Slopeng sudah dibuat sedemikan rupa sehingga Traveler akan merasa nyaman dengan fasilitas keindahan yang sudah disiapkan. Yah, infrastruktur Pantai Slopeng sudah diperbaiki dan di pinggiran pantainya terdapat tempat duduk dan payung pantai.  Keren abis!

Dengan memiliki kondisi ombak yang selalu tenang ditambah lagi keindahan pantainya yang berpasir putih, membuat Traveler semakin betah berlama-lama disini. Pesona suasana penataan pantainya pun menjadi obat gundah gulana. Cocok untuk berenang dan bermain bersama keluarga. Saat musim liburan, Pantai Slopeng ramai dikunjungi oleh warga Sumenep dan sekitarnya. Harga tiket masuknya hanya Rp,5000,-

Pantai Saebus

Sungguh sangat takjub menikmati keindahan Pantai Saebus ini. Banyak orang yang mengatakan bahwa keindahan Pantai Saebus ini mengalahkan keindahan Pantai Kuta di Bali.  Pesona birunya laut serta perpaduan gugusan pulau-pulau lain yang terlihat, menjadi daya tarik tersendiri.

Letak Pantai Saebus ini ada di Kepulauan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Pantai Lombang

JikaTraveler mencari pantai yang luas disertai juga arena pasirnya yang terbentang lebar, maka Pantai Lombang adalah pilihan yang tepat. Masih berlokasi di sekitar Sumenep tepatnya 25 kilometer dari pusat kota, pantai ini juga memberikan kenyamanan dalam menikmati ombak lautnya. Lokasinya yang cukup strategis dan bisa ditempuh naik kendaraan bermotor apapun. Dengan harga tiket masuk yang relatif cukup murah, hanya lima ribu saja, Traveler sudah dapat menikmati keindahan dan bermain puas di Pantai Lombang ini.

Pantai Jumiang

Dari Sumenep, kita beranjak sedikit ke Pamekasan. Pamekasan juga memiliki pantai yang tidak kalah indahnya dari pantai-pantai di Sumenep. Salah satunya adalah Pantai Jumiang. Nama pantai sesuai dengan nama dusun tempat pantai ini berada. Tepatnya di Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Madura, Pantai Sambilangan
photo by IhateGreenJello

Pantai Sambilangan

Keseruan di Pantai Sambilangan adalah, Traveler dapat menikmati keindahan pantai dan lautan dari puncak mercusuar. Mercusuar di pantai Sembilangan telah berdiri sejak tahun 1879. Jadi selain menikmati pemandangan laut, juga bisa menyaksikan langsung bukti sejarah peninggalan Belanda.

Pasir pantai yang terhampar luas beserta batu-batuan kecil nampak menghiasi lokasi obyek wisata yang terletak kira-kira 7 km di sebelah selatan dari kota Bangkalan, Desa Sambilangan, Kecamatan Bangkalan, Madura ini.

Nah, siap ber eksplore ke pantai-pantai di Pulau Madura?  Setelah badai corona ini berlalu, wisata ke pantai-pantai tersebut siap diserbu!(Nil/Berbagai Sumber)