Sejuta Keindahan di Bumi Gorontalo

Destinasi alam Gorontalo yang masih tersembunyi.

Gorontalo, Bukit Layang
photo by Wisato

Begitu banyak destinasi alam Gorontalo yang masih tersembunyi dan banyak wisatawan yang tidak tahu akan keberadaannya. Padahal, keindahan yang dimiliki sangat menakjubkan.  Mulai dari pantai, pulau hingga air terjun. Juga keunikan dan keindahan pemandangan bawah lautnya yang sungguh luar biasa keren. Gorontalo yang merupakan salah satu provinsi muda yang berdiri sejak 5 Desember 2000 dan dikenal sebagai Serambi Madinah ini,  mampu mengembangkan diri dengan baik. Sejumlah pembangunan berjalan lancar terutama di sektor pariwisata.

Berikut ini, Indonesiatraveler.id mengangkat beberapa destinasi alam Gorontalo yang masih tersembunyi. Yah, sejuta keindahan masih banyak di bumi Gorontalo ini!

air terjun hiyaliyo da'a
air terjun hiyaliyo da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da’a, berlokasi di Kabupaten Gorontalo Utara. Jatuhnya air pada air terjun ini menuruni bebatuan terjal yang berwarna hitam dari atas bukit. Indahnya panorama sekitar sini dengan menampilkan kedua sisi air terjun dan batu yang dihiasi pepohonan hijau yang rindang. Menjadi satu kombinasi unik, perpaduan warna yang sempurna, antara hitam, putih dan hijau.

Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah. Traveler bisa menggunakan kendaraan umum atau lebih nyamannya dengan kendaraan pribadi. Dengan membayar retribusi sebesar Rp5 ribu, Traveler dapat menikmati keindahan Air Terjun Hiyaliyo Da’a ini yang buka 24 jam ini.

Gorontalo, Teluk Tomini
Teluk Tomini

Teluk Tomini

Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia yang terletak di tiga provinsi, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo. Dengan luas kurang lebih 6 juta hektar, teluk ini memiliki sekitar 90 pulau. Dan 56 pulau di antaranya termasuk dalam kawasan Gorontalo. Satu pulau yang cukup unik keberadaannya yaitu Pulau Una-Una, dimana di tengah-tengahnya terdapat satu gunung api yang masih aktif.

Pemandangan bawah laut Teluk Tomini sangat mempesona. Dengan topografi pantai yang bergelombang dan banyak yang berlumpur, hal ini cocok untuk pertumbuhan habitat pohon bakau, terumbu karang, dan biota laut lainnya.

Traveler dapat menikmati beragam keasyikkan disini, seperti menyelam, snorkeling, berwisata perahu serta hal lainnya. Bagi penggemar alam bawah laut, spot di Pulau Togian, Pulau Buyat dan 30 titik lainnya di Gorontalo ini, menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat keren.

Gorontalo, Pulau Bitila
photo by Instagram @instanusantara

Pulau Bitila

Pulau Bitila masuk dalam kawasan Teluk Tomini. Pulau yang terletak di Kabupaten Pohuwatu, tepatnya di Desa Kramat ini, menyimpan keindahan pada pantainya. Dengan pantainya yang berpasir putih dan halus, berpadu dengan air laut yang jernih serta dipercantik dengan kehadiran  hutan kecil di tengah pulau, menambah bingkai alam ini semakin indah dipandang.

Menyusuri sepanjang pantai ini, tak akan membuat bosan. Hal lain yang tak kalah asyikknya yaitu menyelam dan snorkling. Yah, pemandangan alam bawah laut Gorontalo memang selalu menampilkan keindahan yang masih alami. Terpesonanya dengan terumbu karang yang  begitu indah, aneka ragam jenis ikan serta biota lautnya yang beragam. Menjadi satu kenikmatan yang tak terkira, bermain bersama makhluk bawah laut.

Di Pulau Bitila ini tidak ada penghuninya, namun penyajian pulau ini memang sudah dikemas untuk objek wisata. Untuk sampai di Pulau Bitila, Traveler dapat menaiki perahu wisata atau ikut tur khusus dari Desa Panta atau Desa Keramat.

Gorontalo, Pulo Cinta
Pulo Cinta

Pulo Cinta

Pulo Cinta atau disebut juga Pulau Cinta, merupakan pulau yang sangat kecil yang memang sengaja dieksplore di Gorontalo untuk liburan. Sesuai dengan namanya, cocok untuk liburan bersama pasangan. Pulau yang masih masuk dalam kawasan Teluk Tomini ini, memiliki resort yang sangat unik. Setiap kamar penginapannya dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu yang jika dilihat dari ketinggian membentuk gambar hati (love). Keunikan ini pun ditunjang dengan pemandangan alamnya yang mempesona, juga keindahan bawah lautnya yang tak ada duanya.

Pulo Cinta yang berada di desa Desa Patoameme, Botumoiyo, Boalemo, kawasan Teluk Tomini, berjarak 115 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Traveler memerlukan waktu 3 jam perjalanan darat dan laut untuk tiba di pulau menawan ini. Dan yang membuat nyamannya lagi, fasilitas berlinur disini sangat komplit, ditunjang dengan pelayanan yang sangat ramah. Pastinya Traveler akan betah berlama-lama liburan disini.

Gorontalo, Taman Laut Olele
Taman Laut Olele

Laut Olele

Berwisata ke Taman Laut Olele akan jadi pengalaman seru yang menakjubkan. Merupakan taman wisata laut yang cukup populer di Gorontalo, Laut Olele berlokasi di Desa Olele, Kabila Bone, Bone Bolango, masih masuk dalam kawasan Teluk Tomini. Tempat ini hanya berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota, dan membutuhkan waktu kira-kira 20 menit untuk sampai ke Laut Olele.

Banyak spot-spot wisata yang cukup menggoda untuk dinikmati disini, seperti Traffic Circle, Haneycomb, Muck Dive, Jinn Cave dan masih banyak lagi. Namun, wisata andalan laut Gorontalo adalah menikmati pemandangan alam bawah lautnya yang sangat mempesona. Uniknya di Laut Olele ini, meskipun masuk kedalaman dua meter, Traveler tetap bisa langsung melihat terumbu karang yang sangat menawan serta biota laut lainnya yang hilir mudik mengundang hasrat untuk bermain bersama. Yah, air laut disini sangat jernih dan bening.  Sempurna sudah keindahan tercipta, apalagi pesona pantainya yang selalu membuat decak kagum tak henti-henti terucap.

Bukit Layang Gorontalo

Menikmati pemandangan kota Gorontalo dari atas bukit, jadi satu kenikmatan tersendiri yang sangat berkesan. Selain pemandangan kotanya, menikmati keindahan sunset yang membiaskan warna terang menjadi siluet juga dapat dinikmati disini. Di Bukit Layang  yang berlokasi di Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi, Gorontalo. Yah, objek wisata ini menyuguhkan wisata alam perbukitan yang begitu memanjakan mata.

Disini, Traveler  juga dapat berkemah bersama teman-teman di atas bukit untuk menikmati terbitnya matahari pada saat pagi harinya.  Bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 700 mdpl ini, memang menjadi hits di Gorontalo karena sajian panoramanya yang mempesona. Beratapkan langit biru beserta awan yang berserakan, menjadikan suatu pengalaman yang tak terlupakan.(Nil/berbagai sumber)