Bermesraan dengan Bunga-Bunga di Taman Gemitir, Bali

Serasa Musim Semi di Eropa

Taman Perkebunan Bunga Gemitir
Menikmati Suasana Eropa di Bali

Serasa sedang menikmati musim semi di Eropa, padahal ini tetap di Indonesia, lho!  Tepatnya di Klungkung Bali.  Saat panen Bunga Gemitir dan Bunga Pacah, yang biasanya kedua bunga ini bagi masyarakat Bali sangat dibutuhkan untuk melengkapi upacara keagamaan mereka.  Kedua bunga ini akan dicampur dengan Bunga Kamboja dan ditata apik dalam wadah janur kelapa untuk sembahyang mereka di pura (tradisi umat Hindu).

Taman Perkebunan Bunga Gemitir
Merefresh Pikiran Saat Melihat Bunga-Bunga ini

Yah, Bali memang selalu menjanjikan tempat-tempat yang asyik untuk berwisata.  Tidak saja keindahan pantainya yang memang sudah mendunia, atau panorama alam pegunungannya yang juga menjadi inceran wisatawan asing.  Namun, banyak sudut-sudut Bali yang menampilkan keindahan dan keseruan yang asyik untuk di eksplore keberadaannya.  Seperti ke area perkebunan Bunga Gemitir, kawasan nan cantik yang siap menyita perhatian juga.  Traveler yang datang ke kebun bunga yang berwarna kuning dan oranye ini, akan kembali refresh pikirannya, setelah menikmati sajian indah ini.

Pada dasarnya, masyarakat Bali dengan Bunga Gemitir memang tidak bisa dipisahkan.  Bunga ini bagi masyakarat Bali sangat eksis, berfungsi sebagai pelengkap dalam ibadah mereka sehari-hari, dari pagi hingga malam.  Akibat kebutuhan ini, tidak heran Pulau Dewata ini banyak memberi lahan untuk perkebunan Bunga Gemitir.  Alhasil, perkebunan ini pun juga (tanpa disadari) jadi salah satu destinasi wisata yang memukau, karena sejauh jauh mata memandang, alam sekitar perkebunan ini sangat cantik dengan sajian bunga yang berjumlah jutaan kuntum ini.  Yah, seperti saat musim semi di Eropa yang identik dengan bermekarannya bunga di mana-mana.  Sangat pas bagi Traveler penggemar selfi photo, karena spot photo di area ini benar-benar menakjubkan!

Bunga Gemitir disebut juga marigold atau dikenal dengan bunga tahi ayam, merupakan bunga yang berasal dari Amerika Tengah. Bunga ini berasal dari genus Tagetes dan yang paling terkenal jenisnya adalah Tagetes erecta dan Tegetes patula.

Ada banyak lokasi area perkebunan bunga marigold ini.  Di Bali Gemitir Farm Tabanan, Taman Gemitir Marigold Badung, Taman Bunga Gemitir Temukus di Karangasem serta di Taman Bunga Gemitir Klungkung.

Taman Perkebunan Bunga Gemitir
Hamparan Luas Penuh Keindahan Bunga Gemitir

Indonesiatraveler kali ini mengunjungi Taman Bunga Gemitir yang di Klungkung, tepatnya ada di Desa Banjarangkan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung.   Mayoritas perkebunan bunga di kawasan ini dikelola oleh pengungsi dari Karangasem.  Mereka menyewa lahan seluas 8 hektar untuk ditanami Bunga Gemitir. Wisatawan dapat datang dan menikmati area yang indah ini serta berfoto, dengan catatan tidak merusak bunga-bunga yang ada.(Eka Roesdyants/Kontributor Bali)