Wisata Keindahan Alam dan Panjat Tebing di Batu Lawang

Spot Bebatuan dan Bukit Cadas yang Instagramable

Batu Lawang
Ornamen Bukit Batu-Batu yang Unik, Photo by BatuLawangCirebon Official

Mengunjungi wisata alam Cirebon yang beda dari biasanya, menjadi satu kenikmatan tersendiri bagi Traveler.  Seperti menyusur keunikan Batu Lawang, destinasi wisata Cirebon yang keren dan asyik ini.  Wisata Batu Lawang berlokasi di Desa Cupang, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon.  Keindahan panorama wisata alamnya memang benar-benar menakjubkan.    Traveler dapat menikmati suasana perbukitan alam yang masih hijau serta memandang takjub panorama kota Cirebon dari ketinggian Batu Lawang ini.

Tak heran, jika objek wisata alam Batu Lawang mampu menawarkan pesona menawan, mengingat letaknya yang memang dikelilingi oleh jejeran bukit-bukit. Karena pemandangan yang indah tersebut, banyak wisatawan yang mengabadikan keindahan alam ini dari berbagai sudut pandang. Bahkan mereka saling berlomba lomba mendapatkan spot terbaik, untuk hasil jepretan yang menawan.

Batu Lawang
Spot Pemotretan Berbagai Keperluan, Photo by BatuLawangCirebon Official

Disebut sebagai Batu Lawang karena di tempat ini terdapat dua batu besar yang saling bersebelahan.  Berdirinya dua batu ini membentuk celah diantara keduanya, seperti layaknya sebuah pintu, namun terbentuk secara alami.  Berbeda seperti pintu yang dibuat oleh tangan manusia, pintu yang terbentuk secara alami ini benar benar terlihat cantik dan mempesona. Traveler akan terpuaskan menikmati keindahan alam tebing bebatuan dari puncak Pegunungan Jaya.  Yah, spot-spot batu dan bukit cadas memang sangat menonjol di sini.  Banyak tebing-tebing bebatuan yang instagramable, yang sangat cantik dan asyik untuk menjadi latar berbagai gaya pemotretan.

Wisata alam Batu Lawang menyuguhkan keindahan tebing berbatu dengan berbagai keunikan yang tersaji.  Bagi Traveler pencinta olah raga ekstrim seperti panjat tebing, pasti akan menyukai tempat ini.  Karena tebing-tebing yang curam serta menjulang tinggi yang menghiasi Batu Lawang, menjadi tempat yang pas  untuk melakukan pelatihan panjat tebing.  Tidak saja untuk tingkat mahir, namun beberapa area tebing juga bisa dipanjat bagi pemula.

Batu Lawang
Tiap Sudut Memiliki Keindahan Tersendiri, Photo by BatuLawangCirebon Official

Batu Lawang  yang memiliki luas sekitar 3 hektar ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2017 silam, namun kondisinya masih sangat alami.  Kemudian, dengan bekerjasama dengan Perhutani dan warga sekitar, akhirnya tempat ini berhasil disulap menjadi sebuah objek wisata yang dilengkapi berbagai fasilitas,  mulai dari area parkir hingga zona khusus berfoto ria.  Dan hal ini pun  ternyata berhasil memikat hati para pengunjung.

Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar dari ketinggian 50 meter ini di beberapa perbukitan di wilayah Jaya Desa Cupang. Mulai dari Bukit Kapur, Bukit Hanjuang, Bukit Tertinggi, hingga Bukit Leneng. Pemandangan tersebut akan semakin indah jika dilihat dari ketinggian, mengingat semua sudut seakan terlihat lebih jelas karena pandangan terasa lebih luas.

Batu Lawang
Menikmati  Alam dari ketinggian 50 meter, Photo by BatuLawangCirebon Official

Batu Lawang sendiri termasuk salah satu objek wisata alam yang indah di Cirebon, tepatnya desa Kupang, Jawa Barat. Destinasi wisata ini letaknya tersembunyi dan jauh dari lokasi pemukiman warga. Namun, jalannya sudah diaspal mulus dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Meski begitu jalurnya terbilang sempit dan cukup menantang jika dilewati pada hari libur. Dari arah Jakarta, Batu Lawang dapat ditempuh selama empat jam berkendara. Sedangkan dari Kota Cirebon, Batu Lawang dapat ditempuh selama satu jam berkendara.  Akses untuk sampai disana bisa dilakukan dengan melintasi Jalan Pantura Palimanan menuju Prapatan Majalengka. Lalu Traveler mengambil jalan belok kiri menuju Rajagaluh. Setelah melalui perjalanan yang lurus sepanjang 1 km,  belok kiri lewat jembatan dan lurus lagi sampai melintasi daerah pesawahan.(Rafa)