Bukit Jamur Ciwidey yang Unik dan Asyik

Menikmati Keindahan Jamur Raksasa

Bukit Jamur Ciwidey yang Unik dan Asyik
Berlatar pohon jamur raksasa, spot yang banyak digemari, Photo by @wisatabukitjamur

Bandung memang selalu mengasyikkan!  Hampir di setiap sudut Kota Bandung, memiliki tempat-tempat yang seru dan penuh daya tarik untuk didatangi.  Seperti Bukit Jamur Ciwidey, kawasan yang dipenuhi  pepohonan kerdil-kerdil ala jamur.  Yah, namanya memang Bukit Jamur, tapi yang tumbuh disini bukan jamur yang sesungguhnya, melainkan pohon-pohon cemara yang ukurannya sengaja dibuat agak kerdil dan dibentuk menyerupai payung seperti jamur.  Sangat unik dan asyik untuk dijadikan perangkat berfoto.

Bukit Jamur berada di Bandung Selatan, tepatnya di kawasan Ciwidey.  Daerah Ciwidey terkenal dengan udaranya yang dingin dan menyejukkan.  Begitu pula di Bukit Jamur Ciwidey ini, udaranya yang sejuk menyatu dengan hijaunya pepohonan ala ‘jamur’ ini, membuat siapapun yang datang menjadi kerasan disini.  Banyak spot-spot yang instagramble disini, sangat asyik untuk hunting photo.

Bukit Jamur Ciwidey yang Unik dan Asyik
Jembatan, salah satu spot asyik berswaphoto, Photo by @bukitjamurciwidey

Keunikan Bukit Jamur Ciwidey yaitu dipenuhi oleh pohon cemara pendek yang berbentuk jamur. Selain bentuk pohon cemara yang unik ini, kawasan di sekitar bukit ini juga menyajikan pemandangan indah yang dikelilingi oleh kebun teh yang membentang luas. Pohon cemara ‘jamur’ inilah yang menjadi sasaran spot untuk berswaphoto.

Selain pohon cemara, spot foto unik lainnya yaitu jembatan yang memang sengaja dibuat khusus untuk melihat panorama Bukit Jamur ini. Selain itu, kawasan ini merupakan perkebunan teh, yang turut menciptakan aura indah bagi hijaunya pepohonan teh.  Kehadiran jembatan unik ini memberi warna indah dalam harmonisasi perkebunan teh dan pohon-pohon cemara ‘jamur’ ini.  Jika Traveler berdiri di atas puncak, dapat terlihat hamparan perkebunan teh yang berkolaborasi dengan pohon-pohon cemara.

Bukit Jamur Ciwidey yang Unik dan Asyik
Deretan cemara-cemara yang dibentul ala pohon jamur

Bukit Jamur Ciwidey berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha, tepatnya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.  Untuk mencapai objek wisata ini, tidak ada kendaraan umum yang melewati tempat ini, apalagi lokasinya cukup jauh dan sebagian akses jalan kesana masih kurang nyaman.  Traveler akan menemui jalan dengan kondisi masih berbentuk bebatuan dan tanah. Jika hari hujan, jalanan ini menjadi licin dan becek. Untuk itu, Traveler harus menggunakan kendaraan pribadi, dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk  menuju lokasi objek wisata Bukit Jamur Ciwidey, Traveler dapat melalui rute sebagai berikut, posisi ketika keluar tol Pasir Koja nanti akan menemukan Terminal Leuwi Panjang.  Lalu ambil arah menuju Kopo Sayati yang kemudian dilanjutkan ke Margahayu-Ketapang-Pasir Jambu, setelah itu Traveler akan memasuki kawasan Ciwidey.    Dari Ciwidey masih lanjut menuju Desa Rancabolang.  Setelah melewati Ciwidey Valley Resort, lalu kendaraan putar balik menuju Desa Rancabolang. Setelah melewati Baru Tunggul, akhirnya sampailah di Desa Rancabolang, lalu Traveler akan melewati persimpangan PLTU Geodipa Energi.  Sampailah di Bukit Jamur Ciwidey!

Bukit Jamur Ciwidey yang Unik dan Asyik
Hamparan cemara-cemara ‘jamur’ yang unik

Bukit Jamur Ciwidey sangat kental dengan wisata Ciwidey, yaitu sejuknya udara serta indahnya hamparan kebun teh.  Bahkan, sesekali suasana menjadi romantis ketika kabut mulai turun dan mewarnai panorama sekitar tempat wisata ini.   Disini juga terdapat hamparan rumput hijau di bawah pepohonan yang bisa digunakan untuk bersantai. Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah melalui bukitnya, di kawasan ini juga Traveler akan menikmati wisata sejarah berupa bangunan pabrik teh.  Bangunan ini merupakan peninggalan zaman kolonialisme Belanda.(Puteri)