Dimanjakan dengan Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung

Merupakan objek wisata berupa gugusan pulau-pulau kecil dan besar

Dimanjakan dengan Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung
Keindahan panorama Taman laut 17 Pulau Riung, Photo by @seputarntt

Taman Laut 17 Pulau Riung adalah objek wisata yang memiliki kekayaan fauna dan floranya sangat beragam.  Traveler dapat melakukan berbagai macam ragam wisata ketika berada disana. Apalagi keadaan lautnya yang tenang dan berwarna biru jernih, memanjakan diri untuk asyik bermain alam bawah lautnya.

Taman Laut 17 Pulau Riung merupakan objek wisata berupa gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang letaknya memanjang dari Toro Padang di sebelah barat, hingga mencapai Pulau Pangsar di sebelah timur.  Namanya memang masih terdengar asing, namun keindahannya sungguh sangat memikat hati.  Traveler akan langsung jatuh hati begitu datang ke lokasi wisata ini.

Dimanjakan dengan Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung
Bersama Menikmati keindahan alam Taman laut 17 Pulau Riung, Photo by@tasya_nau

Taman Laut 17 Pulau Riung terletak di Flores, tepatnya di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Angka 17 pada nama objek wisata ini sengaja disematkan karena untuk mengingat tanggal kemerdekaan Indonesia.

Objek wisata ini memiliki hamparan pantainya yang masih sangat alami. Di kalangan domistik, objek wisata Taman laut 17 Pulau Riung memang belum terkenal seperti Labuan Bajo atau Raja Ampat, namun orang-orang asing malah sudah akrab dengan Taman laut 17 Pulau Riung ini.  Tak heran, saat sebelum pandemik, lokasi wisata ini lebih banyak diramaikan oleh wisatawan asing.

Jumlah gugusan pulau-pulau kecil nan cantik di Taman laut 17 Pulau Riung ini berjumlah sekitar 24 gugusan.  Dengan pulau-pulau utama seperti Pulau Batang Kolong, Pulau Tiga, Pulau Pau, Pulau Patta, Pulau Ontoloe, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Tembaga, Pulau Borong, Pulau Sui dan lainnya.  Yang paling terkenal adalah Pulau Ontologi dan Pulau Rutong.  Kegiatan lainnya yang mengasyikkan selama di pulau ini yaitu berenang serta berkeliling ke tempat pulau-pulau lainnya dengan menyewa perahu nelayan setempat serta snorkeling.  Air lautnya begitu jernih sehingga Traveler dapat menikmati keindahan bawah laut dengan bersnorkeling.

Dimanjakan dengan Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung
Keseruan di Pulau Kelelawar, Photo by @yolandmau

Banyak wisatawan yang datang dan biasanya mereka mendirikan tenda untuk kemping di kawasan pantai Pulau Rutong.  Dari pulau ini, Traveler dapat menikmati keindahan daratan pulau-pulau lain.  Keindahan bawah lautnya pun juga sangat mengagumkan.  Apalagi karang-karangnya dipenuhi jenis Acropora Formosa. Jika menyelam di laut Pulau Rutong, Traveler akan mengalami fenomena termoklin.  Fenomena dimana dapat terjadi perubahan suhu air yang drastis.  Misalnya ketika di permukaan laut suhu airnya terasa hangat, namun setelah kedalaman sekitar 1 meter suhu air berubah drastis menjadi sangat dingin. Keindahan lainnya,  sesekali tampak terlihat paus bermain di sebelah barat Pulau Rutong.

Pulau lainnya yang cukup populer di kalangan wisatawan asing yaitu Pulau Ontologi yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Kelelawar.  Pulau Ontologi merupakan pulau terbesar di Taman Laut 17 Pulau Riung yang dikelilingi hutan bakau dimana hutan ini menjadi rumah utama para binatang malam ini.  Ketika senja tiba, tampak ribuan kelelawar mulai keluar dari sarangnya.  Hal ini menjadi pemandangan yang cukup mengesankan.

Dimanjakan dengan Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung
Sensasi keindahan di Pulau Rutong, Photo by @im_irsyad

Pulau Batang Kolong merupakan salah satu pulau yang juga banyak dikunjungi  wisatawan.  Keunikan di pulau ini yaitu, Traveler dapat menyelam di perairan yang jernih untuk mencari hewan laut yaitu mawar laut.  Hewan laut ini bentuknya menyerupai bunga mawar dengan lapisan tubuhnya diselimuti rambut-rambut berwarna merah.  Hewan ini dapat ditemukan dikedalaman 10 meter.

Inilah keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung dengan potensi bawah laut, serta keseruan pulau-pulaunya.  Wisata ini juga memiliki kekayaan alam akan faunanya seperti biawak mbou, rusa timor dan beragam spesies unggas yang sangat unik seperti parkit dada kuning, burung beo, bangau hitam, cuckoos dan lainnya.

Letak Taman Laut 17 Pulau Riung ini berada di antara 5 Desa, yakni Desa Sambinasi, Desa Namangase, Desa Benteng Tengah, Desa Tadho, serta Desa Lengkosambi.  Untuk menuju lokasi wisata ini, dari Jakarta ambil penerbangan dengan rute Jakarta-Ende atau bisa juga ambil rute Jakarta-Bajawa.  Bajawa adalah Ibu Kota dari Kabupaten Ngada, tempat dimana Taman Laut 17 Pulau Riung berada.

Dimanjakan dengan Keindahan Taman Laut 17 Pulau Riung
Air laut yang jernih dan bening

Setelah tiba di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, perjalanan dilanjutkan menuju Terminal Ndao untuk kemudian naik bus dengan tujuan Mbai.  Dari Mbai pilih angkutan desa menuju Riung.  Disinilah pintu masuk Taman Wisata Alam yaitu Taman Laut 17 Pulau Riung.(Rafa)