Cita Rasa Ayam Kesrut, Masakan Khas Banyuwangi

Sensasi tersebut muncul lewat kolaborasi bumbu rempah yang digunakan, Proses masaknya pun terbilang sangat unik.

Satu lagi yang asyik yang bisa dikulik di Banyuwangi, kelezatan salah satu makanan khasnya, ayam kesrut. Sudah pasti, bahan utama makanan ini ayam, bisa ayam kampung maupun broiler, sesuai selera. Ayam kesrut yang merupakan masakan tradisional khas Suku Osing ini punya cita rasa yang segar.

Sensasi tersebut muncul lewat kolaborasi bumbu rempah yang digunakan, Proses masaknya pun terbilang sangat unik. Setelah dibersihkan, ayam dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga matang. Belimbing sayur yang sudah dipotong-potong menjadi hal terakhir yang dimasukkan.

Agar rasanya semakin kuat, masyarakat Banyuwangi kerap menambahkan potongan lengkuas dan bunga kecombrang, sehingga aroma nya begitu kuat. Tambahan pepaya muda dan kacang panjang menciptakan cita rasa ayam kesrut makin sedap.

Disajikan nikmat dengan nasi putih hangat, beberapa kedai disana menambahkan sajian pepes tahu dan sambal segar sebagai teman untuk mencicipi ayam kesrut ini. Sajian makin terasa komplit dengan tambahan kerupuk kulit sapi.

Banyak kedai di Banyuwangi yang menyajikan masakan khas ini. Salah satu yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi, adalah Ayam Kesrut Kanggo Riko di kawasan Segobang, Licin Banyuwangi.