Colmar, Seperti Negeri Dongeng di Dunia Nyata

Yang menarik dari desa ini gaya arsitektur rumah penduduknya. Rumah-rumah ini bergaya gothik ala Jerman sampai neo baroque dari Prancis.

Sebuah desa di Perbatasan Prancis punya pemandangan yang tak biasa. Nama desanya Colmar, bentuknya pemukimannya warna-warni seperti negeri dongeng.

Desa Colmar berada di timur Prancis, dekat dengan Jerman. Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (13/1/2020), desa ini menjadi inspirasi salah satu film animasi Ghibli, Howl’s Moving Castle.

Yang menarik dari desa ini gaya arsitektur rumah penduduknya. Rumah-rumah ini bergaya gothik ala Jerman sampai neo baroque dari Prancis. Tiap rumah memiliki warna yang cerah dan berbeda satu sama lain. Jendela-jendela loteng kerap mencuri perhatian di atap rumah.

Seberapa indahnya Kota Colmar ini? Kota Colmar merupakan kota yang dipenuhi dengan bangunan-bangunan yang kuno namun memiliki nilai seni yang tinggi. Kota tersebut sangat unik dengan berbagai macam bentuk dan modelnya.

Ditambah lagi, para pemilik bangunan suka menghias bangunan-banguannya dengan berbagai macam hiasan, mulai dari perpaduan warna-warni di pintu dan juga daun jendela, ada juga berbagai macam pernak-pernik yang secara kreatif diubah menjadi pajangan di depan bangunan mereka.

Kalau sudah di desa ini, sempatkan diri untuk berkunjung ke St Martin. Ini adalah gereja katedral yang sudah dibangun sejak tahun 1230an. Sudut-sudut bangunan gereja tak kalah cantik dengan pemandangan desa.

Sejumlah galeri seni atau toko suvenir melengkapi desa wisata ini. Kamu bisa puas untuk memilih oleh-oleh untuk orang terkasih dari desa dongeng ini.

Yang tak boleh dilewatkan adalah replika Patung Liberty di Desa Colmar. Banyak yang belum tahu kalau desa cantik ini jadi kota kelahiran Auguste Bartholdi, designer dari Patung Liberty.

Kalau mau lebih puas, wisatawan bisa berkunjung ke rumah Bartholdi yang dijadikan museum. Cantiknya Desa Colmar bikin jantung berdebar.