Da Nang, Sederet Wisata Vietnam Terindah dan Terpopuler

Objek-Objek Wisatanya Sangat Memukau

Objek Wisata di Da Nang Vietnam
Golden Bridge, Jembatan Yang Menakjubkan, Photo by @escapetothebauty

Vietnam, salah satu negara di Asia Tenggara yang dikenal dengan kekentalan akan corak budayanya, menyimpan begitu banyak tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi.  Selain Ho Chi Minh, yang terkenal dan lebih sering didatangi wisatawan, kota Da Nang juga menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang indah dan menarik.

Yah, Kota Da Nang sudah menjadi kota yang memiliki pertumbuhan cepat di Vietnam dan sudah menjadi salah satu kota besar Vietnam di samping Hanoi dan Ho Chi Minh. Kota Da Nang memiliki  situs bersejarah tetang Vietnam yang dapat menambah wawasan Traveler juga tempat wisata religius agama Budha yang sangat menarik.  Selain itu, Da Nang yang  gemerlap dengan keindahan pantai dengan air laut yang biru dan lanskap pegunungan yang sejuk, kota yang langsung menghadap perairan South China (South China Sea) ini juga siap menyambut Traveler dengan deretan objek-objek wisata lainnya.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Da Nang yang patut Travelr kunjung!

Golden Bridge

Golden Bridge merupakan salah satu objek wisata yang dibuka sejak tahun 2018 lalu. Berlokasi di Ba Na Hills, Golden Bridge merupakan area skywalk, sebuah jembatan emas dengan panjang 149.962 meter,  dimana Traveler akan menikmati pemandangan alam dari ketinggian 3.280 di atas permukaan laut.

Objek Wisata di Da Nang Vietnam
Golden Bridge yang Selalu Ramai Dikunjungi, Photo by @uniladadventure

Jembatan yang didesain dengan warna emas dan ditopang oleh 2  pilar yang berbentuk seperti tangan besar yang menahan Golden Bridge ini, membentang di lereng Gunung Ba Na. Di area jembatan ini, Traveler dapat melihat pemandangan lanskap Pegunungan Trường Sơn dan bukit-bukit di pinggiran Da Nang serta hamparan hutan yang indah.   Sangat kontras dengan warna jembatannya yang emas, sementara sisi kiri dan kanan jembatan terlihat sangat cantik dan indah dengan kehadiran bunga krisan lobelia berwarna ungu yang sekilas mirip dengan bunga lavender.  Saat cuaca cerah atau berkabut, pemandangan alam dari lokasi ini selalu menarik dan dramatis.

Dragon Bridge

Dragon Bridge berada tepat di atas Sungai Han dan menjadi salah satu jembatan terindah di dunia. Jembatan ini berbentuk naga emas dan dibuka sebagai rute utama menuju tempat wisata di sekitar Da Nang, salah satunya Non Nuoc Beach.

Objek Wisata Kota da nang Vietnam
Dragon Bridge Malam Hari

Dragon Bridge atau sebutannya Jembatan Naga ini memiliki panjang 666 meter dan dihiasi ribuan lampu LED berwarna-warni yang menyala setiap malamnya. Yah, perjalanan wisata pun akan ditemani oleh pemandangan jembatan naga yang begitu indah di malam hari. Keindahan dari perpaduan warna lampu dan pantulan air memberikan pemandangan luar biasa. Sangat kental dengan kesan romantis.

Sosok naga pada jembatan ini dipercaya masyarakat setempat sebagai lambang kekuatan dan keberuntungan. Uniknya, setiap akhir pekan dan perayaan tahunan, Dragon Bridge akan menyajikan pertunjukkan yang sangat menarik, yaitu memuntahkan air dan api dari mulutnya.  Traveler dapat menikmati sajian ini sambil duduk santai di beberapa restoran atau kafe di sepanjang Sungai Han. Untuk mencapai tempat ini, Traveler dapat menaiki bus dari Bến xe Hội An dan berhenti di  38 Ngu Hanh Son lalu berjalan lurus sejauh hampir 2 kilometer atau sekitar 22 menit menuju Dragon Bridge.

My Khe Beach

Kota Da Nang memang dikenal memiliki pantai yang sangat indah dan menarik untuk memanjakan wisatawan, seperti My Khe Beach ini. My Khe Beach adalah pantai yang memiliki panjang 900 m, dengan hamparan pasir putihnya yang sangat menakjubkan dengan memiliki gelombang lautnya yang lembut serta deretan nyiur melambai yang berbaris ramai berkeliling menambah keindahan panorama alam.

Objek Wisata Kota Da Nang Vietnam
My Khe Beach dengan Hamparan Pasir Putihnya, Photo by @quinnohm_

My Khe Beach menawarkan aktivitas selancar terbaik. Nama pantai ini bermula dari zaman penjajahan, dimana pasukan Amerika banyak menyebutnya dengan julukan My Khe Beach. Disini Traveler akan dimanjakan dengan fasilitas penginapan berupa resort mewah.  Keindahan pantai ini bahkan diakui oleh majalah Forbes sebagai ‘Pantai Paling Mewah di Dunia’.  Dari bandara, pantai ini berjarak sekitar 2-3 km.

Marble Mountains

Marble Mountains atau Pegunungan Marble terletak 9 km di selatan kota Da Nang, merupakan  kompleks dari lima bukit yang terbuat dari batuan gamping dan marmer, yang menciptakan daerah perbukitan ini memiliki panorama alami yang cantik dan menawan. Marble Mountains terkenal sebagai situs ziarah agama dengan banyaknya lorong-lorong, gua-gua, kuil, dan puncaknya yang menyuguhkan pemandangan sangat indah.

Objek Wisata Kota Da Nang Vietnam
Salah Satu Situs ziarah agama di Marble Mountain, Phot by @ifi_d

Ada cerita klasik yang mewarnai objek wisata ini.  Menurut kepercayaan rakyat setempat, zaman dahulu ada seekor naga yang datang dari Pantai Non Nouc dan meletakan telur di daratan ini. Setelah seribu hari lamanya, lalu menetaslah telur tersebut dan muncul gadis cantik. Retakan telur tersebut kemudian berkembang menjadi lima Pegunungan Marmer.

Kawasan Marble Mountains dikenal sebagai tempat berpetualang para pendaki.  Traveler dapat menikmati pemandangan alam sambil jalan-jalan santai. Waktu yang paling pas untuk berkunjung kesini adalah sekitar pukul 4 sore karena sinar mataharinya mulai meredup dan udara disekitar cukup bersahabat.

Bana Hills

Pemandangan yang sangat mempesona dengan bangunan bagaikan di negeri dongeng akan Traveler dapati di Bana Hills.  Tempat ini menyajikan sebuah situs ala Prancis di atas bukitnya. Pemandangan bangunan khas Eropa akan menjadi bagian wisata yang sangat menarik dan berkesan.

Obejk Wisata Kota Da nang Vietnam
Bangunan Negeri Dongeng di Bana Hills, Photo by @banahillsvietnamrabota

Tersedia cable car yang akan membawa Traveler melalui perjalanan panjang yang begitu mempesona. View hutan alami dengan sungai dibawahnya menjadi perpaduan yang sangat indah dan menakjubkan.  Belum lagi keindahan bentangan cakrawala yang luas semakin menambah pesona lukisan alam di Vietnam ini. Jika hari sedang cerah, pemandangan yang ditampilkan semakin indah dan memukau dan yang pasti sangat instagramable, yang siap mewarnai dunia sosmed Traveler dengan photo-photo menakjubkan ini.

Asia Park

Asia Park merupakan taman rekreasi malam yang menjadi ikonik kota Da Nang. Dari kejahuan, taman ini sudah menncuri pandangan setiap wisatawan, karena gemerlapnya lampu neon yang menghiasi hampir seluruh bagian taman.

Objek Wisata di Kota Da Nang Vietnam
The Sun Wheel, salah satu wahana ikonik di Asia Park

Asia Park memiliki luas lebih dari 800 ribu meter persegi dengan banyak wahana yang sangat asyik. Salah satu wahana yang terkenal disana yaitu The Sun Wheel, sebuah bianglala besar juga menjadi penarik perhatian dari kejauhan. Bianglala ini juga masuk dalam daftar bianglala tertinggi di dunia dengan tinggi 115 meter. Dari bianglala ini, Traveler akan melihat pemandangan gemerlap taman hiburan dan kota Da Nang.  Wahana hiburan lainnya seperti Roller Coaster Sky Treasure Glider yang memadukan kecepatan tinggi dan sajian pemandangan yang memukau, dan wahana Love Lock yaitu wahana kereta lagu K-Pop yang melaju ke depan dan belakang dengan kecepatan yang sesuai dengan lagu yang dimainkan, dan lainnya.

Linh Ung Buddhist Temple

Linh Ung Buddhist Temple merupakan wisata yang sangat populer yang terletak di sebuah bukit yang dibangun menjadi kompleks kuil suci di kota Da Nang pada masa dinasti Ngunyen. Memiliki nama lain Bai But, Chua Linh Ung merupakan pagoda tertinggi di kota Da Nang. Pagoda ini berbentuk pantung Buddha yang dikeramatkan oleh para penduduk umat Buddha di Vietnam.

Objek Wisata Kota Da nang Vietnam
Kawasan Linh Ung Buddhist Temple

Tak hanya pagoda berbentuk patung Buddha, Traveler juga dapat melihat berbagai patung sosok suci lainnya di sekitar kuil. Ada pula kompleks kuil dengan arsitektur khas yang bisa dinikmati sambil berjalan santai di sekitar kompleks.  Karena letaknya di sebuah bukit, tak heran pemandangan alam dan udara di tempat wisata ini akan terasa menyejukan.(Niel)