Sensasi Berlibur ke Curug Kedung Pedut Yogyakarta

Curug Kedung Pedut
Sensasi Menikmati Suasana Curug Kedung Pedut, Photo by @ophadeline

Yogyakarta selalu istimewa, menyisakan rindu juga kenangan yang indah. Seperti yang kita ketahui bersama, Yogyakarta memiliki pesona alam yang mempesona.  Kali ini Yogya akan mengantarkan Traveler ke destinasi wisata alam yang berada di Kulonprogo. Air terjun Kedung Pedut namanya.

Air Terjun Kedung Pedut atau biasa disebut Curug Kedung Pedut berasal dari istilah bahasa Jawa. Curug yang berarti air terjun, Kedung berarti kubangan atau kolam, dan Pedut berarti kabut. Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata alam di Kulon Progo yang dikenal karena keindahan warna airnya.

Curug Kedung Pedut
Letaknya di Perbukitan Menambah Daya Tariknya, Photo by @ikh_rizonova

Kawasan ini baru dibuka untuk umum pada tanggal 15 Februari 2015.  Karena di tempat ini terdapat sebuah kolam renang yang terbentuk alami, akhirnya warga sekitar menyebut air terjun ini dengan nama Waterpark Alami. Airnya pun berasal dari sumber mata air yang terjun dari sebuah air terjun yang jaraknya tidak jauh dari kawasan ini.

Secara keseluruhan bila dihitung, kawasan Kedung Pedut ini mempunyai hampir 5 kedung, yaitu Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, Kedung Merang. Di mana setiap kedung mempunyai kedalaman yang cukup beragam, mulai dari 2-5 meter.

Curug Kedung Pedut
Spot-Spot fotogenic menyebar di sekitar area air terjun, Photo by @sharilacikal

Untuk menikmati Destinasi wisata alam ini, Traveler cukup membayar Rp 3.000, dan untuk tarif parkirnya sendiri untuk mobil dikenai tarif Rp 5.000 dan bagi kendaraan bermotor cukup membayar Rp 3.000,-

Letaknya yang berada di daerah perbukitan, membuat keindahannya begitu terasa. Keunikan dari air terjun ini terletak diwarna air yang memiliki dua warna, yaitu hijau tosca dan putih yang beningnya menyiratkan kesegaran nan alami.  Warna yang terlihat di tempat ini bisa jadi karena pengaruh batuan dasar sungai yang larut secara perlahan, sehingga menjadi hijau tosca yang dapat kita lihat di tempat ini sekarang.

Travaler akan merasa nyaman disini karena berbagai fasilitas sudah tersedia di Curug Kedung Pedut ini, seperti musholla, warung penjual makanan, ruang ganti, toilet dan lainnya.  Serta beberapa spot seru untuk pemotretan seperti kursi dan jembatan dari kayu.

Curug Kedung Pedut
Ada 5 Kedung Pilihan, Photo by @wisata_oke

Selain pemandangan air terjunnya yang indah, objek wisata ini juga memiliki area bebatuan yang sangat keren dan indah.  Cocok untuk lokasi pemotretan karena hasilnya sangat instagramable. Salah satu spot andalan yang modelnya sangat kekinian, yang didekor berbentuk “Love” dengan latar belakang air terjun, merupakan spot favorit. Dekorasi seperti ini memang lagi disukai kaum milenial saat ini.

Lokasi kawasan ini berada di  Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kuloprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.  Karena jalan menuju ke Kedung Pedut ini cukup terjal dan landai, disarankan agar Traveler berjalan kaki.(Nay/Niel)