Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara

Menyimpan sejuta eksotisme yang dapat menghipnotis para pengunjung danau

Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara
Panoramannya begitu memikat dan menakjubkan, Photo by@Jambiku

Jambi memiliki banyak objek wisata alam yang begitu indah dan menakjubkan.  Tak heran, banyak wisatawan yang menempatkan provinsi yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera ini menjadi destinasi wisata alam yang diandalkan.  Terutama bagi Traveler pencinta petualang alam bebas.  Dan salah satu destinasi wisata yang cukup favorit yaitu Danau Gunung Tujuh.  Objek wisata yang sangat mengagumkan ini dikelilingi panorama keindahan tujuh gunung sekaligus.  Dilihat dari berbagai sudut manapun, keindahannya benar-benar menghanyutkan!

Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara
Susur danau, menikmati alam sekitar, Photo by@a.ayuanggraini_

Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara yang letaknya berada di ketinggian 1.950 mdpl.  Tepatnya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.  Danau yang memiliki luas sekitar 960 hektar dengan panjang sekitar 4,5 kilometer dan lebar 3 kilometer ini kondisi alamnya masih sangat alami, menyegarkan dan atmosfirnya pun benar-benar menyejukkan.  Apalagi danau ini dikelilingi tujuh gunung yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Lumut, Gunung Madura Besi, Gunung Jar Panggang, Gunung Selasih dan Gunung Tujuh.  Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh, gunung yang letaknya tepat di belakang Gunung Kerinci.

Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara
Kabut tipis-tipis di atas permukaan danau, Photo by@aahmadhidayaat

Alam sekitar yang mengelilingi Danau Tujuh Gunung ini pun sangat cantik dan begitu memikat hati. Banyak cara untuk menikmati keindahan alam ini, seperti menjelajahi danau dengan menyewa sampan nelayan yang memang tersedia dipinggir danau.  Traveler juga dapat menginap, bermalam di sekitar danau dengan mendirikan tenda, menikmati alam bebas dan sejuknya udara di danau. . Berada pada ketinggian hampir 2 kilometer di atas permukaan laut, bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh saat pagi hari.  Menjadi tantangan tersendiri dan sensasi yang sulit terlupakan, jika Traveler dapat berendam dan bermain air di Danau Gunung Tujuh ini.

Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara
Salah satu jalur menuju danau, Photo by@hendrawatona

Untuk mencapai lokasi danau, Traveler akan memulai sebuah pendakian sejak dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat. Ada dua jalur yang dapat dipilih, jalur yang akses jalannya lebih landai namun jaraknya cukup jauh, sementara satu lagi jalur yang jaraknya lebih dekat namun memiliki tanjakan yang sangat curam dan cukup ekstrim. Kedua jalur ini ujungnya akan bertemu juga dan berikutnya Traveler akan melalui jalanan yang menurun yang cukup tajam hingga akhirnya sampai di danau yang dituju.

Danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang tercipta indah, hasil dari proses letusan Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci.  Dari letusan gunung api ini, menghasilkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan yang lama kelamaan membentuk sebuah danau. Danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari.

Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara
Danau vulkanik yang tercipta indah, Photo by@telo_godok57

Danau Gunung Tujuh menyimpan sejuta eksotisme yang dapat menghipnotis para pengunjung.  Suasana yang tenang berbalut kesunyian serta cantiknya kabut yang menyelimuti permukaan air danau, benar-benar menghadirkan satu frame keindahan yang luar biasa menakjubkan, yang sulit ditemukan di tempat manapun.(Raditya)