Rumah Pesik, Wisata Rumah Kuno nan Eksotis

Banyak koleksi barang bersejarah di dalam rumah ini

Rumah Pesik, Wisata Rumah Kuno nan Eksotis
Kumpulan patung perpaduan nuansa eropa dan klasik Jawa

Objek wisata satu ini cukup terkenal di Yogyakarta agak ke pinggir, tepatnya di kawasan Kotagede.  Meskipun letaknya di gang sempit, jalan yang menjadi penghubung antara perkampungan dan rumah warga, tempat wisata ini selalu ramai didatangi wisatawan, terutama para pencinta swaphoto yang menjadikan berbagai sudut rumah ini untuk background foto.  Yah, objek wisata ini namanya Rumah Pesik.  Sebuah rumah mewah kuno dengan perpaduan arsitektur khas Jawa dan Eropa.

Rumah Pesik, Wisata Rumah Kuno nan Eksotis
Sajian tembok luar yang instagenic, Photo by@daaneswara

Berdiri di antara bangunan rumah-rumah warga sekitar, keberadaan Rumah Pesik sangat menonjol, terlihat begitu berbeda.  Berlokasi di Jalan Mondorakan Gg. Soka No. 3B Bantul, Kotagede, Yogyakart, bangunan yang sangat unik ini mengambil ornamen-ornamen khas Jawa yang dipadukan dengan beberapa unsur sentuhan Eropa.  Tampilan tembok luar yang berwarna hijau terang, menyatukan sentuhan ornamen khas Jawa dan sentuhan Barat di sepanjang sisinya.

Tak hanya menyajikan bangunannya yang unik, Rumah Pesik juga memamerkan sejumlah patung-patung batu besar.  Hal ini dapat ditemukan ketika Traveler memasuki gerbang depan rumah, aneka koleksi patung-patung yang meramaikan taman depan rumah, siap menjadi penerima tamu para pengunjung Rumah Pesik.  Pada taman depan ini, tampak sebuah kolam air mancur yang letaknya tepat di tengah halaman.  Area ini juga menjadi incaran para pemburu foto.  Traveler juga dapat memanfaatkan keberadaan teras Rumah Pesik, yang terbentuk seperti lorong-lorong panjang yang dihiasi pintu lengkung di sepanjang sisinya.

Rumah Pesik, Wisata Rumah Kuno nan Eksotis
Salah satu sudut ruang dalam, penuh barang antik

Begitu juga ketika Traveler mengeskplore ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah, berbagai koleksi patung, keris, wayang serta barang-barang antik lainnya seperti meja, kursi kuno panjang, lemari dan lainnya menambah semarak penataan di setiap sudut ruang.  Ukiran bunga yang meliuk-liuk pada beberapa sudut tembok dan pilar-pilar di sekeliling ruangan, menciptakan suasana klasik.  Sentuhan mewah pun terlihat dengan keberadaan lampu-lampu kristal besar yang sengaja ditempatkan menggantung di atas langit-langit, berada bersama barang-barang antik ini.

Rumah Pesik, Wisata Rumah Kuno nan Eksotis
Lorong yang penuh keindahan

Banyak koleksi barang bersejarah di dalam rumah ini. Tiap-tiap sudut Rumah Pesik menyajikan nuansa unik dan berkelas yang dapat dijadikan latar photo.  Uniknya lagi, terdapat patung-patung arca yang sengaja disematkan pada jarak tertentu, sehingga tampilannya pun rapi dan mengesankan.  Aneka barang antik yang bernilai sejarah tinggi ini, terpajang di teras dan halaman depan rumah.  Selintas rumah ini seperti sebuah museum barang antik.

Saat beranjak naik ke lantai dua, Traveler akan meniti anak tangga dimana tangga utama ini berukuran besar dan sangat cantik desain dan penataannya.  Area tangga utama ini pun  juga tak lepas dari incaran para pemburu foto dan selfi foto. Dari atas balkon lantai dua, Traveler dapat menikmati pamandangan yang begitu indah dan menakjubkan dari rumah ini.

Rumah Pesik, Wisata Rumah Kuno nan Eksotis
Ornamen klasik juga ditemui di Kafe Kopi Kamu

Asyiknya lagi, jika Traveler lelah dan haus setelah mengelilingi dan menikmati keindahan Rumah Pesik, dapat bersantai dahulu di sebuah kafe yang bernama Kopi Kamu, yang letaknya tepat di samping taman dekat pintu masuk.  Berbagai jenis kopi dan santapan tersedia disini. Dan yang lebih membuat betah di kafe ini, banyak ornamen-ornamen klasik di kafe ini yang desainnya serupa dengan Rumah Pesik, begitu juga dengan tempat duduk dan mejanya yang memiliki detail ukiran yang serupa juga.(Simple Destination)