Dua Pantai Keren yang asyik di Kota Ambon

Dua Pantai Favorit Wisatawan

Pantai Pintu Kota
Pantai Pintu Kota nan Unik

Maluku memiliki keindahan alam yang tak bisa dipungkiri serta membuat siapapun yang berkunjung langsung jatuh hati. Terlebih pada bentangan pantai dan kehidupan eksotis bawah lautnya.  Pantai di Ambon memang sudah tidak di ragukan lagi keindahannya. Walaupun jumlah kunjungan wisatawan tidak seramai pulau Bali atau Lombok namun alasan inilah yang membuat Ambon ada nilai plusnya. Betapa tidak, keaslian pantai-pantai di Ambon masih sangat terjaga, walaupun masih minim fasilitas, namun tidak sedikitpun mengurangi keindahan pantainya.

Dua pantai pilihan berikut ini merupakan pantai yang asyik dan seru untuk dijelajahi keindahannya.  Yuuk, wisata ke pantai-pantai di Kota Ambon!

Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota merupakan salah satu wisata di Ambon bernuansa alam yang sangat terkenal. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup populer bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.  Pantai ini bukan pantai biasa, karena hampir seluruh dataran pantainya dihiasi keindahan karang-karang yang bentuknya sangat unik dan instagramable. Bahkan, ada karang raksasa yang sangat cantik penampilannya.

Pantai Pintu Kota
Tebing Karang dengan Lubang Pintu, ikonik Pantai ini

Karang raksasa ini cukup unik, dengan lubang pada bagian tengah karang. Megahnya karang raksasa dengan lubang di tengahnya menjadi pusat perhatian banyak wisatawan dan jadi ikon spot untuk latar foto pantai ini. Dari karang berlubang ini, Traveler dapat melihat pamandangan laut Banda yang mempesona.

Pantai Pintu Kota tidak terlalu luas. Apalagi sebagian besar pantainya banyak dipenuhi dengan karang dan bebatuan. Namun sebagian lagi terhampar pasir pantai yang berwarna putih kecoklatan dengan kapal-kapal kecil yang berlabuh.   Keindahan dan keunikan pantai ini menjadi daya tarik banyak wisatawan, selain menikmati keindahannya, banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi pemotretan serta lokasi penyelaman karena memiliki pemandangan bawah laut yang cukup indah. Yah, beberapa spot untuk snorkeling atau diving di kawasan pantai ini juga sangat menarik. Untuk menuju ke spot tersebut, Traveler biasanya menggunakan speedboat/perahu dari nelayan setempat.

Lokasi Pantai Pintu Kota terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Provinsi Maluku, dengan memakan waktu perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota Ambon.

Pantai Liang
Eksotisme Pantai Liang

Pantai Liang

Salah satu pantai yang juga cukup favorit dan inceran para wisatawan di Ambon ini adalah Pantai Liang.   Dari Kota Ambon jarak ke pantai ini cukup jauh, yaitu sekitar 40 kilometer.  Namun demikian, hamparan pasir putihnya yang mempesona selalu menarik wisatawan untuk tetap menyambangi pantai ini.

Pantai Liang yang juga dikenal dengan nama Pantai Hunimua ini memiliki akses yang dekat dengan pelabuhan, sehingga banyak yang menjadikannya lokasi untuk piknik.   Pantai asri ini terletak di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.   Memasuki obyek wisata Pantai Liang, Traveler akan disambut oleh pasir putih yang berkilau terkena sinar matahari, seakan menjadi pintu masuk menuju kecantikan gradasi air laut yang biru. Sungguh sangat menggoda dan tak kuasa menolak untuk berenang ataupun sekedar bermain air disana.

Di pinggiran pantai terdapat pohon-pohon yang rindang, yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak dan berswaphoto. Di pantai ini memang belum banyak tersedia fasilitas olahraga air seperti di Bali atau Lombok.

Pantai Liang
Menikmati Panorama Keindahan Alam Laut di Pantai Liang

Pantai Liang selalu ramai dikunjungi saat liburan tiba. Bagi Traveler yang tidak terlalu menyukai keramaian dan ingin menyendiri, sebaiknya datang pada saat bukan waktu liburan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Liang yaitu ketika laut teduh dan tidak berangin.  Dan hindari berkunjung saat musim angin barat atau angin timur, pada saat itu kondisi laut berombak dan air pantai pun keruh. Pilihlah bulan-bulan tenang seperti September-November atau April-Mei jika ingin berkunjung ke Pantai Liang.(Niel)