Mengenal Kota Wisata Takayama, Jepang

Pintu Gerbang ke Surga Hiking di Pegunungan Alpen Jepang

Wisata Takayama
Kamikochi di Takayana yang Menakjubkan!

Takayama merupakana salah satu tempat wisata di Jepang yang asyik dan keren untuk dikunjungi.  Kota Takayama adalah sebuah kota di pegunungan Prefektur Gifu Jepang yang cukup bersejarah, diwarnai dengan panorama rumah-rumah kayu tradisional, kuil-kuil yang penuh warna, pohon-pohon yang tertata rapi, dan jembatan merah cerah di atas sungai.

Takayama dipenuhi dengan pemandangan menarik, merupakan pintu gerbang ke surga hiking di Pegunungan Alpen Jepang dan Shirakawa-go, desa beratap jerami yang terdaftar di Unesco. Takayama adalah jantung dari budaya pegunungan pedalaman Jepang, dibangun di sekitar distrik Sanmachi Suji yang terawat indah. Traveler dapat mengunjungi beberapa rumah tua yang luar biasa menaiknya, melihat beberapa kuil, dan mengagumi kendaraan hias festival Takayama Matsuri. Tidak jauh dari pusat kota, Traveler akan menemukan Hida no Sato, koleksi rumah beratap jerami dari Jepang tengah. Dengan berkendara singkat, Traveler juga dapat mengunjungi Situs Warisan Dunia Unesco Shirakawa-go, di mana disini dapat melihat rumah-rumah ini dalam suasana aslinya. Dan, yang terbaik dari semuanya, tidak jauh ke timur adalah puncak-puncak Pegunungan Alpen Jepang yang sangat menakjubkan.

Berikut adalah daftar objek wisata yang seru yang menjadi kegiatan asyik wisatawan selama di sekitar Takayama.

Distrik Sanmachi Suji

Distrik Sanmachi Suji terdiri dari tiga jalan di jantung kota tua Takayama yang terletak tepat di sebelah timur Sungai Miya-gawa. Sepanjang jalanan ini dipenuhi dengan rumah tradisional, toko, restoran, pabrik sake, dan kafe. Ketiga jalan kuno ini termasuk yang paling indah di Jepang.

Wisata Distrik Sanmachi-Suji
Rumah-Rumah Tradisioanl di Distrik Sanmachi Suji

Disini Travele dapat merasakan kondisi dan suasana Jepang sekitar pergantian abad lalu. Jika Traveler ingin mengambil foto tanpa keramaian, datanglah pada pagi hari.

Takayama Festival Floats Exhibition Hall

Aula pameran populer yang menampilkan kendaraan hias tradisional berukir tangan yang digunakan untuk festival dua tahunan.

Wisata Takayama Festival Float Exhibition
Display di Takayama Festival Float Exhibition

Yoshijima Heritage House

Daerah Jepang tengah ini terkenal dengan tradisi pertukangannya yang luar biasa keren.  Tempat yang pas untuk melihat ini adalah di Yoshijima Heritage House. Rumah itu dibangun kembali pada tahun 1907 untuk keluarga pembuat sake dan rentenir. Traveler dapat melihat kekayaan keluarga dalam kualitas konstruksi dan ukuran balok di rumah. Hampir tidak mungkin menemukan pohon dengan ukuran yang cukup untuk membuat rumah seperti itu hari ini. Setelah memeriksa area toko di depan, Traveler harus melepas sepatu untuk menjelajahi bagian lain rumah. Jangan lewatkan taman di belakang nya yang sangat indah.

Takayama Jinya

Letaknya tidak terlalu jauh, Traveler dapat berjalan kaki dari Sanmachi Suji.  Takayama Jinya berfungsi sebagai kantor administrasi lokal Keshogunan Tokugawa, yang memerintah Jepang dari tahun 1600 hingga 1868. Kompleks itu sendiri dibangun pada tahun 1615 dan bangunannya sekarang berasal dari tahun 1816.  Disini, Traveler dapat melihat-lihat isi kantor ini dan mengetahui bagaimana bisnis dilakukan pada masa itu. Seperti, beras dibayarkan sebagai pajak selama Periode Tokugawa, tak heran lumbung beras menjadi hal yang sangat penting di komplek ini.

Kuil Sakurayama Hachimangu

Terletak di sebuah bukit di timur laut kota, kuil Shinto yang indah ini adalah tempat yang bagus mengenal Jepang lebih dekat lewat kuil ini.  Lokasi kuil ini juga berdekatan dengan lokasi Festival Floats Hall, dan keduanya merupakan kombinasi atraksi yang bagus. Tempat ini juga berdekatan dengan pintu masuk Jalur Higashiyama.

Kusakabe Folk Crafts Museum

Tidak jauh dari Rumah Warisan Yoshijima, Traveler akan menemukan museum kecil yang menyajikan kerajinan lokal.  Museum ini merupakan bangunan tua yang menakjubkan. Bangunan itu dibangun kembali pada tahun 1879 oleh keluarga pedagang lokal yang makmur.

Wisata Kusakabe Folk Crafts Museum
Ruang Dalam Kusakabe Folk Crafts Museum

Setelah memeriksa area toko di depan, Traveler harus melepaskan sepatu untuk menjelajahi isi museum, dan akan menikmati pajangan kerajinan lokal di lantai atas. Setelah menjelajahi rumah, pergilah ke belakang di mana Traveler akan disajikan kerupuk nasi dan secangkir teh hijau.

Jalan Higashiyama

Trekking menjadi satu kegiatan yang cukup asyik, yang bisa Traveler lakukan dari Kuil Sakurayama Hachimangu di selatan sepanjang dasar perbukitan di sisi timur kota.  Ini merupakan jalur jalan kaki yang indah dan menyegarkan, menghirup udara segar selama perjalanan.  Ini adalah jalan setapak yang melewati halaman beberapa kuil dan kuil kecil. Jika Traveler menaiki anak tangga Kuil Hakusan-jinja, Traveler akan menikmati pemandangan yang asyik sekali, melihat sekilas Pegunungan Alpen Jepang pada hari yang cerah. Jalan setapak itu ditandai dengan tanda dalam bahasa Inggris dan Jepang.

Higashiyama Takayana
Kesejukan nan asri sepanjang Higashiyama

Kamikochi

Terletak di jantung Pegunungan Alpen Jepang utara sekitar 40 km timur laut Takayama, Kamikochi adalah tempat perlindungan pegunungan yang menakjubkan. Ini adalah titik awal untuk beberapa pendakian terbaik di Pegunungan Alpen Jepang, termasuk pendakian Yara-ga-take dan puncak Pegunungan Hodaka. Namun, Traveler tidak perlu menjadi pendaki untuk menikmati tempat ini. Lembah yang indah ini memiliki  jalan setapak yang sangat bagus dan sebagian besar datar di sepanjang sungai dan rawa-rawa di daerah itu.

Ada beberapa penginapan bagus yang bisa Traveler singgahi selama di kawasan ini. Kamikochi biasanya buka dari 25 April hingga 15 November, tetapi salju awal atau akhir dapat mengubah tanggal.   Untuk mencapai lokasi ini, Traveler dapat mencapainya dengan bus atau mobil sewaan dari Takayama.  Yang perlu diperhatikan adalah bahwa Traveler tidak dapat masuk dengan mobil selama bulan-bulan musim panas.

Shirakawa-go

Terletak 35 kilometer barat laut Takayama, Shirakawa-go merupakan sebuah desa dengan lebih dari 100 rumah beratap jerami tradisional, yang dikenal sebagai gassho-zukuri dalam bahasa Jepang. Daerah ini masuk sebagai Situs Warisan Dunia opleh UNESCO.   Bangunan luar biasa ini layak dikunjungi dari Kota Takayama.  Jika mau, Traveler bisa bermalam di salah satu rumah disini, lho!  Atau hanya berkunjung, menikmati keindahan pesona desa ini dengan gaya model rumahnya yang unik sangat tradisional

Wisata Shirakawa-Go Takayana
Shirakawa-Go di Takayana

Kereta Gantung Shinhotaka Ropeway

Jika Traveler ingin naik ke Pegunungan Alpen Jepang tetapi tidak ingin mendaki selama beberapa hari, Shinhotaka Ropeway (kereta gantung) adalah pilihan terbaik. Kereta gantung ini dimulai dari ketinggian 1.117 meter yang akan membawa Traveler hingga ketinggian  2.156 meter dalam 11 menit. Begitu sampai di atas, Traveler akan mendapatkan pemandangan fenomenal dari seluruh Pegunungan Alpen Jepang bagian utara. Ada beberapa onsen (mata air panas) di lembah di dasar kereta gantung, termasuk onsen gratis yang bagus bernama Shinhodaka-no-yu, yang terletak di bawah jembatan.(Niel)