Dulu Daerah Pemasok Ikan Kering, Ini 5 Fakta Labuan Bajo Bersinar !

jokowi ke labuan bajo

Labuan Bajo, indonesiatraveler.id – Labuan Bajo mendapatkan pujian dari Presiden Joko Widodo karena keindahan alamnya. Jokowi bahkan menyebut wilayah itu sebagai wisata super prioritas saat menikmati senja di atas kapal pinisi berlayar menyusuri laut Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, (19/01/2020).

“Tak salah kiranya Labuan Bajo menjadi destinasi wisata super prioritas. Pesonanya sebagai kawasan wisata bahari sungguh lengkap, dari pantai berpasir putih, laut yang indah untuk berenang dan menyelam sampai pemandangan di saat matahari terbenam,” tulis Presiden Jokowi dalam akun Instagramnya.

Labuan Bajo yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat memiliki sejumlah fakta yang mungkin belum anda ketahui. Berikut lima fakta tersebut:

1. Daerah Pemasok Ikan Kering

Sebelum menjadi lokasi wisata, sekitar 30 tahun silam Labuan Bajo dahulu dikenal sebagai daerah pemasok ikan kering untuk wilayah Ruteng. Jarak antara Labuan Bajo ke Ruteng memerlukan waktu empat hari hingga seminggu dengan berjalan kaki.

Biasanya warga Labuan Bajo yang akan ke Ruteng harus melewati medan yang terjal, hutan belantara dan sungai yang memiliki aliran deras.

2. Salah Satu Destinasi Wisata New Bali

Presiden Jokowi menetapkan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata Bali Baru. Tujuannya untuk meniru dampak ekonomi pariwisata di Bali secara nasional.

Tak heran jika Labuan Bajo memiliki tempat tersendiri di hati Presiden, gerbang Flores yang eksotik ini memiliki laut yang indah dan dikenal sebagai tempat liburan yang paling romantis. Maka tidak heran jika banyak pasangan yang datang untuk menikmati laut dan bukit yang memesona.

3. Memiliki Pantai Pink

Yuuk! Dapatkan “privat beach” yang instagramable, Silahkan untuk berwisata di Pantai Pink, Pulau Komodo. Lokasi ini relatif sepi dari pengunjung karena memang tidak berpenghuni. Buat anda yang membutuhkan privacy dan ketenangan, cocok banget berlibur disini.

Pantai Tangsi atau yang biasa disebut Pantai Pink sebenarnya berwarna putih. Warna pink tersebut didapatkan dari kerang bertekstur halus yang terhampar sepanjang pantai.

Dan menuju lokasi wisata Pantai Pink, dibutuhkan waktu +/- 30 hingga 45 menit dengan menyewa speed boat atau kapal dari Labuan Bajo. Lamanya berlayar, tidak terasa, karena anda disuguhi pemandangan alam yang begitu indah.

4. Snorkeling Bareng Ikan Pari Manta

Bagi yang hobi snorkeling, anda wajib mengunjungi Manta Point Komodo. Di sini bisa snorkeling bareng ikan pari manta.

Berenang dan menyelam bersama lkan pari manta atau manta ray mempunyai sensasi tersendiri. Tapi ingat, jangan terlarut dalam keasyikan bersama ikan itu. Tanpa sadar anda akan terseret arus bawah, dikhawatirkan semakin menjauh dari kapal.

Pari manta biasanya berukuran sekitar tiga meter, namun meskipun besar, makannya hanyalah plankton. Dan tidak berbahaya. Sekalipun aman, bukan berarti kita bisa seenaknya dapat mengganggu habitat mereka.

5. Memiliki Pulau Kambing

Pulau Kambing merupakan salah satu tempat indah yang letaknya tidak terlalu jauh dari Labuan Bajo. Tidak seperti namanya, pulau ini bukanlah habitat kambing.

Kelebihan tempat itu mempunyai warna koral yang cukup beragam. Kemudian saat senja, anda akan menikmati sunset ditemani puluhan ribu kelelawar yang sedang meninggalkan tempatnya.

Bentangan pasir putih serta birunya laut tentu saja membuat anda untuk ingin berenang dan snorkeling di tempat indah itu. Pulau ini adalah bingkisan lengkap dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

Selain berenang, kita bisa naik keatas puncak bukit kecil untuk sekedar berfoto dan memandangi keindahan alam.