Goa Terawang Blora, Fantasi nan Eksotis

Siluet cahaya yang masuk dari langit-langit goa, membawakan sensasi keindahan tersendiri

Goa Terawang Blora
Goa Terawang Blora

Pernahkah traveler berkunjung ke kabupaten Blora, Jawa Tengah? Jika pernah, nampaknya sangat disayangkan jika tidak mampir ke objek wisata eksotis berupa kompleks gua besar yang ada di sana. Yaps, namanya Goa Terawang yang berlokasi di Desa Kedung Wungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Goa Terawang atau Goa Srawang merupakan salah satu objek wisata alam berupa komplek goa dalam satu kawasan seluas 13 hektare. Goa ini terbentuk di daerah endapan batu gamping Pegunungan Kapur Utara, berada di tengah-tengah hutan jati di kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Blora. Di hutan ini juga ditinggali berbagai satwa lainnya seperti monyet dan berbagai jenis burung. Traveler dapat bebas berinteraksi dengan satwa yang ada tanpa ada larangan dari pengelola.

Goa Terawang
Goa Terawang, photo by Nugroho.Boy

Goa Terawang mempunyai panjang alur lebih dari 180 meter dengan kedalaman 5-11 meter di bawah permukaan tanah. Sebelum masuk ke goa, traveler harus menuruni anak tangga sepanjang 15 meter hingga mulut gua. Di dalamnya terdapat stalagmit dan stalaktit yang diperkirakan berusia di atas 10 juta tahun. Pada langit-langit goa terdapat beberapa lubang alami di permukaan tanah dengan berbagai ukuran, dan dari sinilah nama Terawang berasal.

Lubang tersebut seperti menjadi jendela di dalamnya, sehingga sirkulasi udara cukup baik dan tidak pengap. Melalui lubang-lubang tersebut, kita dapat melihat pohon-pohon jati yang menjulang tinggi dan tumbuhan lainnya yang tumbuh di atas goa. Jika masuk lebih dalam, traveler akan menemui 5 goa yang saling menyambung. Goa paling depan atau luar adalah Terawang 1, begitu seterusnya sampai Terawang 5 yang ada di bagian terdalam.

Goa Terawang,Blora
Goa Terawang Blora, photo by Wikipedia

Jika traveller datang pada saat cahaya matahari bersinar cerah, maka bisa menyaksikan keindahan cahaya atau siluet yang indah masuk ke dalam goa. Keindahan cahaya matahari yang masuk ke Goa Terawang sering dijadikan lokasi photoshoot.

Bagi traveler yang hobi foto, keindahan Goa Terawang saat beserta siluet cahaya yang masuk dari langit-langit goa, membawakan sensasi keindahan tersendiri. Hunting photo juga bisa traveler lakukan di luar goa, dengan merekam lukisan alam keindahan hutan jati dan satwa yang ada disekitarnya. Hal ini akan menjadi objek foto yang ciamik. Traveler juga dapat menggunakan fasilitas rumah pohon yang telah disediakan pengelola.

Goa Terawang,Blora
Goa Terawang,Blora, photo by InfobloraDotCom

Setiap tahun Goa Terawang mengadakan festival tahunan yang bernama Syawalan Goa Terawang. Acaranya lumayan heboh. Bahkan, grup musik ternama juga ada yang pernah tampil dalam festival tahunan ini, sebut saja Tony Q. Rastavara dan OM New Pallapa.

Akses menuju Goa Terawang tidaklah sulit. Jika dari arah Blora menuju ke barat, sesampai di pasar Ngawen bisa mengambil jalur belok kanan menuju Todanan ±10-12 km. Harga tiket masuk relatif murah, hanya Rp15.000,-/orang. Lokasi yang luas dan lapang di Goa Terawang, menjadikannya sangat cocok untuk wisata dan piknik bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Jadi, kapan nih Traveler berkunjung untuk menikmati keindahan Goa Terawang? (NC/IPG)