Gokceada, Pulau Unik di Turki yang Menenangkan

Membuat Traveler betul-betul merasakan suasana pedesaan yang asri

Turki, Gokceada

Menjalani hidup yang serba cepat tentu terkadang membuat kita merasa jenuh dan sumpek. Diburu oleh pekerjaan, tuntutan hidup dan harus mengimbangi arus kehidupan yang serba cepat. Sempat terpikir dalam benak kita untuk keluar dari itu semua itu dan lari keluar dari rutinitas untuk menenangkan diri sejenak.

Ketenangan dan arus kehidupan yang lamban tersebut bisa ditemukan di bagian barat Negara Turki. Tepatnya di Pulau Gokceada atau yang lebih dikenal dengan nama Imbros. Masuk ke dalam keanggotaan Cittaslow Movement, kota ini bukan berarti menjadi lamban dari segala bidang. Kota lamban adalah julukan bagi kota yang tidak ikut dalam gaya hidup serba instan.

Sebagai pulau pertama dan satu-satunya yang masuk ke dalam golongan cittaslow, Pulau Gokceada akan membuat Traveler betul-betul merasakan suasana pedesaan yang asri. Disini Traveler dapat mencoba pengalaman-pengalaman seperti berkebun, tinggal dirumah zaman dulu, bahkan olahraga-olahraga alternatif seperti menyelam, mendaki dan tracking tanpa harus diburu waktu.

Gokceada memiliki produk-produk unggulan berupa panganan organik yang bisa dibeli sebagai buah tangan. Di pulau ini objek wisata yang ditawarkan juga beragam.

Keindahan Lainnya di Gokceada

Turki, Kefalos
Turki, Kefalos

Kefalos dan Aydincik

Bagi Traveler penyuka berjemur dan bermain di pantai, maka pantai-pantai di Kefalos dan Aydincik adalah pilihan yang tepat. Di sini merupakan tempat yang bebas dan nyaman untuk berjemur, mandi lumpur dari danau air asin, serta melepaskan kepenatan hati dengan bermain bersama kawanan flamingo yang sedang mencari makan.

Turki, Pantai Aydincik
Turki, Pantai Aydincik

Derekoy

Derekoy merupakan sebuah desa unik yang konon menjadi desa terbesar di Gokceada. Dulu desa ini memiliki lebih dari dua ribu rumah namun saat ini hanya tersisa lebih dari seperempat dari jumlah dahulu. Jangan berfikir ektrim dulu, lho! Tidak ada suasana mengerikan karena dianggap kota mati (lantaran jumlah penduduk menyusut), tapi sebaliknya, di sini justru ditemukan suasana pedesaan yang tenang dan asri. Traveler dapat mengagumi arsitektur rumah-rumah Strandzha lokal di pusat desa ini. Sangat nyaman dan menenangkan jiwa. Derekoy juga merupakan salah satu dari tiga titik penyeberangan perbatasan darat antara Bulgaria dan Turki.

Turki, Derekoy Village
Turki, Derekoy Village

Zeytinlikoy

Zeytinlikoy merupakan desa yang cukup populer di Gokceada. Jika Traveler mampir ke sini, wajib untuk mencicipi Kopi Madam Dibek yang konon katanya cita rasa kopi Madam Dibek tidak pernah berubah dan sudah menjadi tradisi selama ratusan tahun. Cita rasa kopi ini memang sangat dijaga dari turun temurun, sehingga para penyuka kopi ini merasa enggan untuk berpaling ke kopi lainnya.(Bahrul/Niel)

Turki, Madam Dibek
Turki, Madam Dibek