Green Canyon Karawang – Curug Ciomas, Susur Sungai Yang Menakjubkan!

Akar pohon menjuntai, sebaran bebatuan besar, tebing tinggi dan hijaunya air jernih jadi incaran para wisatawan

Green Canyon Karawang – Curug Ciomas, Susur Sungai Yang Menakjubkan!
Tebing-tebing bebatuan yang penuh daya pikat

Photo-photo objek wisata Green Canyon Karawang, belakangan sering muncul di banyak sosial media. Aliran sungainya yang jernih yang diapit tebing-tebing yang dikelilingi hutan hijau, serta sebaran bongkahan bebatuan di sepanjang aliran sungainya, menjadi satu frame keindahan alam yang begitu menakjubkan.  Awalnya, tempat ini dikenal dengan nama Wisata Curug Ciomas, yang saat ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar dan belum maksimal tersentuh tangan pemerintah.

Objek wisata ini berada diperbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang, yaitu di bagian timur Kabupaten Bogor. Yang menjadi pembatasnya adalah sebuah jembatan yaitu Jembatan Ciomas.  Tepatnya berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Green Canyon Karawang – Curug Ciomas, Susur Sungai Yang Menakjubkan!
Asyiknya berenang, susur sungai, Photo by@mas_zennn

Sebenarnya, objek wisata ini merupakan Sungai Ciomas yang dijadikan bendungan irigasi yang letaknya berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana.  Aliran air sungai ini cenderung berwarna hijau jernih yang aliran airnya berkelok-kelok menakjubkan serta dihiasi tebing bebatuan tinggi yang mengapit aliran sungai ini.  Sekilas memang seperti Green Canyon yang ada di Pangandaran.  Tak heran objek wisata ini juga dijuluki dengan nama Green Canyon Karawang dan juga disebut Green Canyon Cariu Bogor.

Panjang aliran objek wisata susur sungai ini sekitar 200 meter yang diapit kedua sisinya oleh tebing-tebing bebatuan yang dikelilingi pepohonan tinggi.  Pohon-pohon tinggi ini memiliki akar yang menjuntai ke bawah hingga ke pinggir sungai, yang banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk spot selfi.  Keberadaan tebing-tebing yang mengapit aliran sungai ini, serta hamparan batu-batu besar dan akar-akar pepohonan tua di sepanjang sungai, menciptakan satu panorama nan eksotis dan penuh takjub.  Menghanyutkan para pengunjung untuk menikmati alam nan cantik ini.

Green Canyon Karawang – Curug Ciomas, Susur Sungai Yang Menakjubkan!
Hijau jernih airnya sangat menyegarkan, Photo by@acesoed

Keindahan alamnya memang sangat menakjubkan, namun yang lebih seru lagi adalah menikmati panorama alam sekitar Sungai Ciomas sambil susur sungai atau mengarungi Sungai Ciomas menuju air terjun.  Biar lebih nyaman, sebaiknya Traveler menyewa ban atau pelampung untuk santai mengapung di atas aliran sungai ini.  Selain susur sungai, bagi Traveler penyuka tantangan dapat melakukan kegiatan melompat dari atas bukit bebatuan dengan ketinggian sekitar 12 meter. Hal ini dapat memicu adrenalin dan menjadi tantangan tersendiri yang mengasyikkan.

Sambil menikmati segarnya aliran air Sungai Ciomas ini, jangan lupa sesekali berswaphoto di tebing-tebing bebatuan.  Yah, membayangkan berenang di aliran sungai nan jernih, diantara tebing dan bebatuan besar yang menyebar serta udara yang menyejukkan, menjadi satu kegiatan yang dapat memanjakan diri, sesaat dapat mengalihkan pikiran dari kebisingan suasana perkotaan.

Green Canyon Karawang – Curug Ciomas, Susur Sungai Yang Menakjubkan!
Banyak spot bebatuan jadi ajang berswaphoto

Fasilitas di kawasan wisata ini cukup lengkap dan nyaman.  Area parkir yang cukup luas yang berada tepat di seberang pintu masuk Curug Ciomas, juga tersedia banyak toilet, ada musholla, saung sebagai tempat istirahat sesaat, juga warung-warung makanan yang banyak menyajikan masakan khas sundaan yang sangat melezatkan.

Untuk menuju lokasi Green Canyon Cario Bogor ini, dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi akan memakan waktu sekitar 3 jam.  Rute yang ditempuh melewati Cibubur-Cileungsi-Jonggol, lalu Bogor yang kemudian berlanjut ke Desa Cikutamahi masuk dalam kecamatan Cariu, Bogor.  Nanti Traveler akan bertemu dengan Jembatan Ciomas yang menjadi simbol pembatas antara Tegalwaru Karawang dan Cariu Bogor.(Niel)