Ini Tiga Pantai di NTB yang Tidak Kalah Cantik dari Bali

Surga Tersembunyi yang Memanjakan Mata

Pantai Rantung NTB
Pantai Rantung asyik buat berselancar, Photo by @niko7la

Sumbawa, Nusa Tenggara Barat mempunyai destinasi pariwisata yang sangat mempesona, terlebih bagi para pecinta pantai. Di sana banyak surga tersembunyi yang memanjakan mata, ada pantai dengan ombak besar hingga pantai yang instagramable.

Berikut pantai-pantai indah yang wajib dikunjungi wisatawan saat berada di Sumbawa. Dijamin Traveler tidak akan menyesal jika berada di sana.

Pantai Lawar

Pantai Lawar terletak di Sekongkang, Kabupaten Sumbawa. Pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang lembut. Air laut di pantai yang satu ini terlihat sangat biru dan bening, sehingga Traveler dapat merasakan suasana tropis yang sebenarnya.  Lanskap kawasan Pantai Lawar sangatlah menarik. Diapit dua bukit batu dengan vegetasi alami, Pantai Lawar tampak cantik dengan refleksi warna lembayung kala senja tiba di horizonnya.

Pantai Lawar NTB
Pantai Lawar nan Eksotis, Photo by @Sumbawatourism

Pengunjung pertama kali mungkin kesulitan menemukannya karena ada papan peringatan yang melarang masuk ke tanah pribadi. Namun, jangan khawatir, karena ada jalan kecil menuju pantai. Meski lokasinya tersembunyi, namun pantai ini tetap layak untuk direpotkan, karena menawarkan pasir halus, sehingga nyaman bagi mereka yang ingin sekedar bersantai sambil menghirup udara laut yang segar.

Pantai Rantung

Pantai Rantung atau disebut juga Pantai Yoyo berada di Kecamatan Sekongkang Bawah. Pantai ini merupakan tempat yang populer di kalangan peselancar asing dan sering menjadi tuan rumah kompetisi selancar internasional.

Bagi pencinta senja, pantai indah ini sangat tepat untuk menunggu sunset. Bila air laut pasang dan ombak tinggi banyak turis mancanegara datang berkunjung untuk berselancar. Tapi jika air laut sedang surut, wisatawan bisa melihat biota bawah laut (snorkling).

Pantai Rantung NTB
Sunset di Pantai Rantung, Photo by @a_sap17

Hamparan pasir di Pantai Rantung terdiri dari beberapa jenis pasir. Di sebelah kiri, pasirnya kasar dan berwarna putih. Di bagian tengah hitam agak kecoklatan halus. Di sebelah kanan warna coklat dan lembut. Namun demikian, pantainya selalu bersih.

Pantai Maluk

Pantai ini berada di Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai ini Traveler dapat melihat pesona keindahan Teluk Maluk. Selain itu, Pantai Maluk kerap dijadikan oleh wisatawan sebagai arena berselancar.

Pantai Maluk NTB
Keceriaan di Pantai Maluk, Photo by @Barli8js

Karena pantai ini terjepit di antara dua bukit, Mantan dan Balas serta lautnya yang relatif tenang dan damai, menjadikannya tempat yang nyaman untuk acara keluarga.  Jika dibandingkan dengan obyek wisata pantai di Bali, Pantai Maluk belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Maluk masih kalah populer. Padahal pantai ini menyimpan pesona nan eksotis.

Dengan memiliki pasir pantainya yang putih dan lembut serta sinar matahari yang menawan, membuat wisatawan betah berjemur. Bagi wisatawan yang tidak ingin berjemur atau berselancar, dapat menghabiskan waktu dengan bermain kano.(Ipg)