Keindahan Kota Eger bak Negeri Dongeng

Eger Bagaikan Kerajaan Dongeng Nyata

Kota Eger Hungaria
Istvan Dobo, Photo by GoBeyondBound

Hungaria, salah satu negara Eropa yang memiliki banyak kota-kota menarik yang asyik untuk di datangi.  Tidak hanya sekedar asyik, namun lanskap perkotaannya banyak memiliki simbolik-simbolik juga keindahan alamnya yang seru dan menakjubkan.  Mereka memiliki daya tarik tersendiri yang dapat menjadi atraktif bagi wisatawan.  Salah satunya adalah Kota Eger, kota yang begitu memikat dan menakjubkan.  Siapa pun yang datang ke Kota Eger ini, akan terkesan dan sulit berpaling dari yang lain.

Kota Eger merupakan sebuah kota kecil di Hungaria, perpaduan yang cukup fantastis dari Ottoman dan Magyar.  Kota ini terletak di antara kaki bukit pegunungan Bükk yang dipenuhi hutan.  Eger bagaikan kerajaan dongeng yang nyata, yang dapat Traveler nikmati kisah dongengnya.  Dimana hamparan anggur-anggur merah yang menggiurkan berkolaborasi dengan bangunan-bangunan klasik nan mempesona.  Kota ini terletak tidak jauh dari ibu kota Budapest, sehingga perjalanan wisata ke Kota Eger dapat direncanakan sebagai wisata pulang hari.

Banyak keseruan dan bukti sejarah lainnya yang sangat menarik di Kota Eger ini.  Beberapa situs wisata berikut ini, dapat Traveler jadikan acuan untuk disambangi saat mengunjungi Kota Erge.

Kota eger Hungaria
Basilika Eger, Photo by Wikipedia

Basilika Eger

Basilika Eger atau Basilika Katedral Santo Yohanes Rasul yang terletak di Eszterházy Square adalah salah satu gereja terbesar di Hungaria. Gereja kolosal yang dibangun dengan gaya neo-klasik berasal dari abad ke-19. Pintu masuk utama Basilika dapat dicapai melalui serangkaian anak tangga yang diapit oleh patung orang suci.

Pintu masuk gereja sangat mengesankan, menampilkan kolom Korintus mirip dengan kuil Yunani. Hal ini juga menghiasi interior Basilika.  Begitu juga dengan lukisan dinding yang begitu indah, dapat ditemukan di bawah kubah dan di altar serta kapel.

Dobo Square

Dobo Square merupakan bagian dari kota tua di Eger yang terletak di jantung kota, dikelilingi oleh gedung-gedung bersejarah yang penting, serta banyaknya kafe-kafe.  Sudah pasti banyak keunikan dan keseruan yang menjadi spot-spot yang instagramable.  Nuansanya pun sangat klasik, bak kerjaan tempo dulu, dengan bangunan istana sangat fenomenal.

Kota Eger Hungaria
Keindahan Kota Eger nan Klasik

Istvan Dobo

Ikonik Dobo Square ditandai oleh patung Istvan Dobo, yaitu patung sang komandan pertahanan kastil. Monumen tersebut memperingati kemenangan tentara Eger selama terjadi pengepungan pada tahun 1552 atas pasukan Ottoman. Saat itu, ketika tentara Ottoman menyerbu Eger, Istvan Dobo bersama dengan 2000 orangnya bertempur melawan tentara Ottoman yang jauh lebih besar dan lebih kuat. Tentara Ottoman harus mundur setelah pertempuran berlangsung selama 40 hari.

Gereja Minorite

Situs penting lainnya yang juga menarik yaitu Gereja Minorite yang terletak juga masih dalam kawasan area Dobo Square.  Tepatnya terletak di samping Balai Kota.  Gereja ini berasal dari abad ke-18 dan sangat terkenal dengan arsitektur baroknya, serta interiornya yang indah dengan lukisan-lukisan yang menakjubkan.  Begitu juga dengan setiap bangku disana, diukir dengan indah menggambarkan cerita yang berbeda. Lukisan dinding yang menghiasi langit-langit menggambarkan pemandangan dari kehidupan St. Anthony yang didedikasikan untuk gereja.

Kota Eger Hungaria
Kastil Eger yang Penuh Pesona

Kastil Eger

Kastil Eger yang bertengger di atas bukit, tepatnya di lereng selatan pegunungan bukit yang menghadap ke kota.  Pada masanya, secara historis kastil ini sangat penting, merupakan benteng pelindung sebelum masuk ke Hungaria bagian utara.  Hal ini terjadi pada saat pengepungan di tahun 1552. Dari sinilah komandan Istvan Dobo dan anak buahnya bertempur melawan tentara Ottoman yang besar dan memaksa mereka untuk mundur.

Dengan desain Italia kontemporer, dinding bangunan kastil ini masih bertahan hingga saat ini, meski sempat mengalami pemugaran di tahun 1596. Saat sampai di Kastil Eiger, Traveler dapat menjelajahi bangunan bersejarah ini sambil menikmati makanan rakyat Hungaria yang dijual di restoran sekitar kastil.

Tiket untuk mengunjungi kastil ini terbagi 2 macam, tiket gabungan dimana Traveler akan menikmati akses ke beberapa museum dan pameran yang berisi tentang sejarah kastil Eger, pameran penjara, dan koleksi gudang senjata. Lalu, tiket yang hanya bisa menikmati area kastil saja.   Disini, Traveler dapat menjelajahi reruntuhan Katedral abad ke-12, menikmati keunikan air mancur dan monumen, serta berjalan di benteng yang menawarkan pemandangan atap kota yang indah.

Menara Eger

Menara ini dibangun pada awal abad ke-16 dan dibangun pada masa pemerintahan Ottoman Turki yang pernah memerintah kota ini selama 91 tahun. Dasar menara adalah poligon bersisi 14. Traveler dapat naik ke puncak menara setinggi 40 meter, dengan melalui tangga spiral yang memiliki 97 anak tangga.  Disini Traveler akan terpuaskan menikmati pemandangan kota yang begitu indah melalui balkon melingkar.

Kota Eger Hungaria
Kopscik Marzipanerie, Museum Aneka Gula

Kopscik Marzipanerie

Kopscik Marzipanerie merupakan museum yang memajang 150 gula serta kreasi penganan yang luar biasa keren dari para seniman populer kota Lajos Kopscik.  Yah, Lajos Kopscik telah menerima beberapa penghargaan untuk karyanya termasuk Penghargaan Oscar dan Rekor Dunia Guinness. Museum ini menampilkan koleksi karya seni yang luar biasa termasuk botol anggur setinggi 2 meter, miniatur menara Eger, lukisan, patung, dan seluruh ruangan barok di mana setiap barang mulai dari lantai, dinding, tirai, furnitur, dan lampu gantung adalah kreasi dari gula.  Uniknya, biarpun dimana-mana gula, tapi tidak ada semut, lho!

Archbishop’s Park

Archbishop’s Park adalah taman terbesar di Eger. Taman bergaya Prancis ini dirancang pada abad ke-18. Banyaknya pohon kastanye di sekitar taman menjadikannya lokasi yang bagus untuk piknik atau sekedar bersantai. Juga ada danau buatan yang dihiasi bunga lili dan air mancur, pas  untuk  menenami jalan-jalan sore yang santai. Fasilitas taman ini memiliki jalur bersepeda, lapangan tenis, dan taman bermain yang besar. Jangan lewatkan taman patung yang disebut ‘Grove of the Muses’ di mana Traveler dapat menemukan patung dari penulis dan penyair terkenal Kota Eger.

Kota Eger Hungaria
Menikmati Keindahan sore di Kota Eger

Museum Beatles

Bagi penggemar grup band legendaris Beatles, pasti tidak mau absen untuk mengunjungi Museum Beatles yang berada di Kota Eger ini. Tepatnya berada di Hotel Korona yang terletak di pusat bersejarah Eger. Para pengunjung dapat mengikuti tur museum yang menawarkan wawasan tentang kehidupan dan karir band The Beatles. Traveler juga dapat menonton film pendek tentang kehidupan anggota band The Beatles serta mendengarkan koleksi lagu populer mereka melalui headphone.

Lembah Anggur

Daya tarik lainnya di Eger adalah mengunjungi Lembah Anggur, disebut juga  The Wine Valley.  The Wine Valley juga dikenal sebagai Szepasszonyvolgy atau ‘Valley of the Beautiful Women’, yang merupakan rumah bagi 200 gudang anggur yang menakjubkan. Pastikan Traveler mencicipi anggur merah Eger yang sangat terkenal yang disebut Darah Banteng atau Egri Bikaver.

Menuju Kota Eger, Traveler dapat memilih transportasi bus.  Bus dari Budapest ke Eger berangkat dari stasiun Puskas Ferenc Stadion yang berada di jalur metro M2 (Merah). Setiap jam akan ada dua buah bus yang berangkat ke Kota Eger.  Busnya bersih-bersih dan cepat, juga tersedia fasilitas wifi.  Traveler akan sangat menikmati perjalanan yang memakan waktu sekitar 2 jam ini, dengan jalanan yang berkelok-kelok melewati pedesaan yang subur serta kebun anggur.  Tiket bus ke Eger bisa dibeli di terminal bus atau langsung dari supir. Bagi Traveler yang melakukan wisata Kota Eger pulang hari, harus diperhatikan keberangkatan bus terakhir menuju Budapest, yaitu pada pukul 8.30 waktu setempat.(Niel)