Tiga Wisata Alam Brebes Selatan yang Tidak Kalah dari Puncak Bogor

Tiga Wisata Alam Brebes yang Menakjubkan

Wisata Alam Brebes
Agowisata Kaligua, begitu menyejukkan, Photo @Explore_Kaligua

Kabupaten Brebes selain terkenal akan telur asin dan bawangnya ternyata menyimpan keindahan alam yang mempesona. Tidak hanya pantainya saja namun juga wilayah pegunungannya.  Yah, wisata alam Kabupaten Brebes tidak kalah cantik dari Puncak Bogor. Di wilayah Brebes bagian selatan menyimpan surga yang siap memanjakan mata. Di sana Traveler dapat menikmati perbukitan atau hamparan kebun teh yang membuat hati tenang.

Berikut tiga wisata alam brebes selatan yang akan membuat Traveler jatuh hati dan ingin berlama-lama di sana!

Agrowisata Kaligua

Agrowisata Kaligua adalah kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Ini adalah kawasan kebun teh yang didirikan sejak 1889 oleh Cultur Onderneming dari Belanda.

Terletak di kaki Gunung Slamet, perkebunan Agrowisata Kaligua menawarkan banyak spot menarik yang instagramable. Traveler juga bisa menikmati pemandangan dari ketinggian 2050 mdpl di Puncak Sakub.  Selain itu, Traveler juga dapat menjelajahi banyak tempat seperti Goa Jepang, Tuk Bening, Air terjun, wisata permainan dan petualangan lainnya. Di samping banyak pilihannya, letaknya juga berdekatan antara satu dengan yang lainnya sehingga mudah dijangkau.

Wisata Alam Brebes
Sunrise di Agrowisata Kaligua, Photo by @Explore_Kaligua

Tak jauh dari tempat parkir mobil, Traveler sudah bisa menikmati pemandangan kebun teh. Ada beberapa gazebo yang disediakan untuk tempat duduk-duduk. Ada juga sungai kecil yang airnya mengalir ke kolam untuk bermain perahu bebek.

Bagi yang punya sedikit nyali, bisa mencoba untuk bermain flying fox di atas hijaunya kebun teh. Jaraknya tidak terlalu jauh namun cukuplah membuat jantung berdegup.

Oh iya, yang bikin suasana menjadi takjub dan sulit terlupakan, yaitu saat pagi hari ketika sedang berada di tengah agro wisata Kebun Teh Kaligua, Traveler akan mencium kesejukan di tengah panorama alam yang sungguh memesona. Aroma kesejukan pagi hari di tengah perkebunan teh ini, benar-benar menjadi moment yang akan selalu dikenang sepanjang masa.  Dan, sejauh mata memandang, tetes-tetes embun terlihat menempel di dedaunan teh.

Bukit Panenjoan Salem

Terletak di dusun Babakan, desa Wanoja di Kecamatan Salem, bukit ini menyediakan beberapa spot dimana pengunjung bisa berfoto selfie yang indah. Berkat ketinggiannya, Panenjoan Salem menawarkan pemandangan yang menakjubkan untuk dikagumi. Nama Bukit Panenjoan berawal dari kata Nenjo dalam bahasa Sunda yang diartikan dalam bahasa Indonesia Nejo berarti melihat. Sehingga apapun yang terlihat disana bisa dinikmati siapapun yang berkunjung ke sana.

Wiata Alam Brebes
Bukit Panenjoan yang selalu Takjub, Photo by @insta_bumiayu

Bukit ini menyajikan panorama alam yang sangat indah, karena lokasinya berada di kawasan perbukitan. Wisata yang disertai dengan view pegunungan yang eksotis ini merupakan wisata perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam yang masih sangat asri dan hijau. Kita bisa melihat berbagai pemandangan alam, bukit-bukit, hutan pinus, dan pemandangan pemukiman penduduk dari atas bukit.

Bukit Panenjoan Salem juga merupakan tempat strategis untuk melihat sunrise yang sangat indah.  Jika ingin berburu sunrise, Traveler harus siap sejak pukul setengah enam pagi karena di lokasi ini matahari terbit sekitar pukul enam pagi. Dari pusat kota Brebes, Traveler dapat mencapai Bukit Panenjoan Salem dalam waktu sekitar tiga jam.

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Terletak di desa Kedungoleng di Kecamatan Paguyangan, Pemandian Air Panas Tirta Husada siap memanjakan dan menyegarkan tubuh. Di sana, Traveler dapat berendam dengan sensasi yang asyik, yaitu berendam sambil menikmati pamandangan perbukitan karena pemandian ini outdoor.

Wisata Alam Brebes
Pemandian Air Panas di Tirta Husada, Photo by @Pesonabrebes

Selain kandungan belerangnya yang bisa membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti kulit dan rematik, Pemandian Air Panas Tirta Husada ini juga memiliki beberapa fasilitas yang mendukung seperti cafe, kolam renang, serta tempat karaoke.

Tempat wisata ini juga ramah anak karena menyediakan kolam renang khusus untuk anak-anak. Di hari normal, pemandian air panas ini beroperasi tiap hari dari pagi sampai malam.(Ipg)