Sensasi ‘Air Kristal’ di Goa Rangko

Oase Menyejukkan Bagi Pencinta Goa

Goa Rangko
Kolam Airnya Menjanjikan Kesejukan dan Keseruan

Goa yang sangat cantik ini, terletak di Desa Rangko Kecamatan Boleng Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.  Dengan memiliki keindahan goa pada umumnya, seperti gugusan stalaktit yang tersusun begitu mempesona, begitu menakjubkan.  Apalagi berpadu dengan air biru yang sangat jernih yang ada di dalam goa.  Yah, inilah Goa Rangko, goa yang memiliki air sebening kristal.

Flores memang selalu memiliki kejutan untuk keindahan alamnya. Wisatawan yang datang ke kota ini, pasti terkesima dengan sajian alamnya.  Seperti Goa Rangko.  Selain dimanjakan dengan panorama stalaktitnya, Traveler juga akan merasakan sensasi berenang yang mengasyikkan.  Tempat ini diibaratkan sebagai oase bagi para wisatawan yang mencari lokasi penjelajahan alternatif. Keberadaan goa ini juga masih belum begitu banyak yang tahu.  Nama Rangko diperoleh karena letaknya di desa Rangko.

Goa Rangko
Pintu Masuk Goa Rangko, Photo by @Roniandreas

Letak Goa Rangko berada di sebelah utara dari Labuan Bajo. Untuk menuju ke goa, Traveler dapat memilih dari dua cara yang bisa digunakan, yaitu menggunakan perahu kayu atau memilih dengan menggunakan kapal cepat, keduanya melalui Pelabuhan Labuan Bajo. Jika menggunakan perahu kayu, perjalanan waktu yang ditempuh sekitar 1,5 jam sementara jika Traveler memilih kapal cepat, waktu yang ditempuh hanya berkisar sekitar 30 menit.  Untuk sampai ke goa, Traveler masih harus menggunakan jasa kendaraan lagi seperti motor yang dapat memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Begiu sampai di desa Rangko, Traveler masih harus menggunakan perahu untuk pergi ke Goa Rangko ini. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 10 menit.  Setelah itu Traveler masih harus berjalan kaki untuk benar-benar sampai di mulut goa.  Tak heran, perjalanan yang cukup panjang ini membuat wisatawan jarang berkunjung kesini.  Namun, diluar dari perjalanan panjang itu, Goa Rangko merupakan tempat yang spesial untuk dijelajahi.

Goa Rangko
Oase bagi Para Wisatawan

Saat yang tepat untuk mengunjungi Goa Rangko adalah pada siang hari.  Traveler akan terkagum-kagum mendapatkan panorama dalam goa saat siang hari.  Sinar matahari yang masuk melalui celah-celah lubang goa yang membuat efek iluminasi pada dinding goa.  Di dalam goa ada sebuah bentukan menyerupai kolam yang warna airnya jernih dan merupakan air laut. Kedalaman kolam tersebut hanya berkisar 3 hingga 4 meter saja. Kandungan garam di kolam ini cukup tinggi sehingga pastikan tidak ada luka di tubuh sebelum berenang.  Aktivitas yang utama ketika mengunjungi gua adalah berenang.  Banyak keseruan dari kegiatan renang di dalam goa ini.  Sensasi terindah yaitu saat melompat dari tebing goa dan masuk ke dalam kolam.(Rafa)