Menengok Pantai Serdang, Pantai Nan Asri di Kota Manggar

Jejeran Pohon Pinusnya Memberi Kesejukan Pantai

Pantai Serdang
Sunset di Pantai Serdang, Photo by @explorebeltimDotId

Pantai Serdang adalah salah satu pantai indah yang ada di kota Manggar, ibu kota Kabupaten Belitung Timur. Pantai Serdang memiliki pasir putih yang sempurna dan keunikan pemandangan perahu-perahu nelayan tradisional yang berjejer di tepi pantai, sangat bagus untuk foto. Wisatawan yang mengunjungi Pantai Serdang dapat menikmati sensasi berlibur yang jauh dari kebisingan kota metropolitan, sambil memanjakan mata menikmati indahnya garis-garis pantai dengan warna air laut yang indah dan beragam, dari hijau muda sampai biru tua.

Pantai Serdang
Hamparan Pasir Pantainya yang nyaman, Photo by @explorebeltimDotId

Pantai ini menghadap pesisir timur Belitung yang berhadapan langsung dengan Laut China Selatan yang luas.  Letaknya yang menghadap ke timur ini berpotensi menjadi spot sunrise yang bagus. Ombak di Pantai Serdang sedikit lebih besar dari pantai lain di Belitung yang terkenal dengan ombaknya yang tenang.

Panjang pantai kurang lebih 500 meter, kontur lerengnya yang rendah serta pasirnya yang lembut di dasar laut. Hal ini menyebabkan bentang pasirnya cukup lebar. Pantai ini terkesan sejuk karena di sepanjang pantai terdapat ratusan pohon pinus. Pohon-pohon ini menghasilkan suara yang unik saat tertiup angin. Di bawah pohon, ratusan taman perahu Katir yang berwarna-warni antri berbaris indah di sepanjang pantai.

Pantai Serdang
Spot Instagrambel yang Seru, Photo by ExploreBeltimDotId

Pemerintah daerah mulai membangun tempat ini sebagai tujuan wisata sejak beberapa tahun lalu. Pantai Serdang juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan organisasi atau perusahaan, seperti outbond, selancar atau surfing dan jetski.  Disepanjang tanah yang menghadap ke pantai banyak terdapat rumah makan kecil tradisional yang menyajikan aneka masakan khas Belitung. Jangan lupa untuk mencoba kopi racikan khas Manggar yang terkenal sejak kegiatan penambangan timah di masa kolonial.

Pantai Serdang
Uniknya Warna Warni Perahu Katir, Photo by @y_ipung

Tidak hanya itu saja, disini juga dapat melakukan kegiatan memancing karena pantai ini terletak dekat dengan muara sungai. Deretan perahu kater nelayan berwarna-warni yang berjejer rapi sepanjang pantai dapat disewa, baik untuk memancing ataupun mengitari pesisir Pantai Serdang. (Ipg)