Jalangkote, Sajian Khas Makasar Yang Melegenda

Jalangkote, Sajian Khas Makasar Yang Melegenda
Makanan Tradisional khas Makassar yang Menggugah Selera

Camilan satu ini memang tak lekang okeh zaman.  Salah satu kue tradisional yang sangat melegenda dari Tanah Sulawesi Selatan ini, sangat nikmat disantap terutama dengan sajian saos sambal khasnya yang selalu menambah selera. Inilah Jalangkote, salah satu camilan ringan khas Makassar yang bentuknya menyerupai pastel.

Yah, selintas Jalangkote sangat mirip pastel, berbentuk bulat agak lonjong dengan pinggiran beraksen gerigi yang sangat khas, yang terbuat dari tepung terigu dan berisi campuran yang cukup padat.  Rasanya sangat renyah dan cukup mengenyangkan, berisi campuran telur, wortel, kentang dan bihun yang dipadu dengan bawang putih, bawang merah, dan diberi bumbu.  Selain isian campuran telur, wortel, kentang dan bihun, ada juga isian Jalangkote dengan taoge dan mie.  Benar-benar sangat mengenyangkan, bukan?

Jalangkote, Sajian Khas Makasar Yang Melegenda
Dicocol dengan saos sambal khas Jalangkote Selalu Membuat ketagihan

Perbedaan Jalangkote dengan pastel, Jalangkote memiliki kulit lebih tipis dibanding pastel yang cenderung tebal.  Sehingga tekstur kulit dari Jalangkote ini cukup garing atau crispy.  Rasanya pun lebih khas, dan lebih berasa bumbu rempahnya karena isian Jalangkote menggunakan bumbu rempah berupa jintan dan pala, yang tidak digunakan dalam campuran isian pastel. Ada juga yang membuat jalangkote dengan bahan-bahan dari telur rebus dan daging cincang.  Bahkan ada isian dari campuran daging cincang yang ditumis bersama ubi jalar putih yang sudah dipotong kecil berbentuk dadu dan tauge.  Untuk kulitnya terbuat dari tepung terigu, santan, telur, mentega dan sedikit garam.

Jalangkote, Sajian Khas Makasar Yang Melegenda
Isinya Campuran yang Cukup Mengenyangkan

Santapan Jalangkote semakin sempurna dinikmati bersama sajian saos sambalnya yang sangat khas, yaitu sambal cair yang diracik dari kombinasi air cuka, air sisa tumisan isisan Jalangkote, bawang putih, cabe besar, gula dan cabe merah untuk menambah sensasi rasa pedasnya.  Rasanya gurih-gurih asam yang sangat enak dan lezat, menambah selera makan. Inilah kunci kenikmatan Jalangkote yang membuat para oemburu kuliner ketagihan.

Nama Jalangkote berasal dari kata Jalang yang berarti jalan dan Kote yang berarti berkotek-kotek atau berteriak.   Karena pada zaman dahulu, jajanan ini di dijajakan oleh anak kecil yang berjualannya keliling dari rumah ke rumah sambil berjalan kaki dan berteriak menjual dagangannya.  Itulah kenapa camilan lezat ini dinamakan Jalangkote.

Jalangkote, Sajian Khas Makasar Yang Melegenda
Oleh-Oleh Khas Makanan Tradisional Makasar yang Melegenda

Jika Traveler sedang berada di Makassar, sajian Jalangkote yang terkenal dapat diburu di daerah Kedai jalangkote 189 yang terletak di JalanPoros Makassar, Maros KM 22, Mandai, Maros.  Jalangkote juga dapat diburu di Jalangkote Lasinrang yang terletak di Jalan Lasinrang No.11A, Mangkura, Ujung Pandang, Kota Makassar, juga ada di De’Jalkots yang berada di Jalan Abdullah Daeng Sirua No.112, Tamamaung, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.(Puteri)