Menikmati Air Terjun Dukun Betuah, Sensasinya Begitu Luar Biasa!

Panoramanya Masih Alami, di Dalam Hutan Lebat

Menikmati Air Terjun Dukun Betuah, Sensasinya Begitu Luar Biasa!
Alamnya nan Asri serta Udaranya Sejuk, Photo by @fitridiraputri

Berkunjung ke Air Terjun Dukun Betuah menjadi salah satu alternatif menarik, bagi Traveler pencinta keindahan air terjun.  Suasananya yang masih sangat asri serta perjuangan untuk mencapai lokasi ini cukup ekstrim, menjadi sensasi dalam berpetualangan di alam liar.  Cocok bagi Traveler pencinta alam penyuka tantangan.

Lokasinya yang tersembunyi serta perjuangan yang cukup melelahkan, tak membuat pengunjungnya patah semangat.  Traveler harus menuruni jalan setapak yang cukup ekstrim dan menantang, jalanan yang terjal dan licin dengan banyak sekali bebatuan yang menjadi rintangan.  Rotan-rotan yang terdapat sepanjang perjalanan ini dapat dijadikan pegangan agar tidak terpleset.  Yah, perjuangan ini akan terbayar tuntas, begitu sudah berhadapan dengan suguhan panorama alam Air Terjun Dukun Betuah ini.

Menikmati Air Terjun Dukun Betuah, Sensasinya Begitu Luar Biasa!
Terletak di Dalam Hutan Rimbun, Photo by @agus_framana

Gemuruh suara derasnya air yang jatuh, menjadi irama alam yang indah terdengar, suara  yang dapat menenangkan jiwa dan mengobati rasa lelah selama perjalanan ini.  Dengan dikelilingi panorama alam nan cantik, pepohonan hijau yang rindang serta tebing-tebing terjal, menciptakan suasana Air Terjun Dukun Betuah begitu eksotis.  Udaranya pun masih sangat segar dan menyejukkan.

Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 100 meter ini, memiliki debit air yang cukup deras, sehingga dari jarak cukup jauh pun, cipratan airnya dapat membuat basah para pengunjung.    Traveler dapat bermain air dan mandi dengan air yang sangat jernih dan menyegarkan ini.  Namun yang harus diperhatikan, jangan bermain air langsung dibawah jatuhnya air, karena tingginya air terjun ini menyebabkan air yang jatuh cukup kencang dan membahayakan bagi orang yang ada dibawahnya.

Menikmati Air Terjun Dukun Betuah, Sensasinya Begitu Luar Biasa!
Suara Gemuruh Jatuhnya Air Sangat Kencang, Photo by @irenaardila1971

Keseruan lainnya di sekitar air terjun ini adalah memancing ikan.  Sungai yang berada di dekat air terjun menjadi tumbuhnya habitat beberapa jenis ikan, salah satunya adalah ikan semah. Ikan semah dikenal memiliki kandungan gizi yang tinggi dan rasanya sangat lezat.  Para pengunjung diperbolehkan mencari ikan di air terjun ini dengan syarat tidak boleh merusak lingkungan dan menggunakan cara tradisional, seperti memancing, lukah, pukat dan lainnya.

Menikmati Air Terjun Dukun Betuah, Sensasinya Begitu Luar Biasa!
Cipratan Airnya Terasa Sampai Jauh, Photo by @desielestari128

Objek wisata Air Terjun Dukun Betuah ini menjadi rekomendasi bagi Traveler yang suka berpetualang.  Terletak di Desa Rantau Suli, Kecamatan Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Air Terjun Dukun Betuah berada pada lokasi yang cukup tersembunyi dan masih alami, yaitu di dalam hutan lebat dan jauh dari perkotaan.  Jarak dari Kota Bangko ke lokasi Air Terjun Dukun Betuah kira-kira 95 kilometer dengan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor menuju Desa Rantau Suli.  Dari kampung terakhir yaitu di Desa Rantau Suli ini, Traveler masih harus berjalan kaki sejauh 1,5 – 2 kilometer.

Nah, siap mengeksplore keseruan di Air Terjun Dukun Betuah ini?(Adhit)